Teks Editorial

Posted on

Di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Materi Makalah Teks Editorial meliputi Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, dan Contoh. Pembahasan lengkapnya simak ulasannya di bawah ini.

Teks Editorial
Teks Editorial

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial adalah artikel di surat kabar yang mengungkapkan pendapat atau pendapat penerbit tentang peristiwa aktual atau merupakan topik saat ini pada saat surat kabar diterbitkan.

Masalah aktual yang di maksud tersebut bisa berupa masalah politik, sosial atau ekonomi yang terkait dengan politik.

Contoh masalah yang diangkat termasuk kenaikan bahan bakar minyak, reshuffle kabinet, peraturan impor, dll. Teks editorial biasanya muncul secara teratur dan rutin di surat kabar atau majalah.

Pengertian teks editorial lainnya yaitu adalah pendapat atau opini yang ditulis oleh editor media tentang masalah sosial saat ini. Pendapat yang ditulis oleh penerbit dianggap sebagai pandangan resmi penerbit atau media tentang masalah terkini.

Meskipun teks editorial adalah pendapat atau opini, teks itu tidak bisa sembarangan. Penulisan opini atau pendapat ini harus disertai dengan fakta, bukti dan argumen logis.

Tujuan Teks Editorial

Teks editorial memiliki setidaknya dua tujuan utama:

  1. Teks editorial dimaksudkan untuk mengajak para pembaca untuk merenungkan / berpikir mengenai masalah yang sedang hangat / yang sedang diperbincangkan atau terjadi di lingkungan/ kehidupan sekitar.
  2. Teks editorial dimaksudkan untuk menyampaikan pendapat pembaca atau pandangan penerbit tentang perkembangan topik pembahasan.

Manfaat Teks Editorial

  1. Memberikan informasi terhadap pembaca
  2. Berguna untuk merangsang pemikiran pembaca
  3. Teks editorial terkadang dapat membuat pembaca untuk bertindak.

Fungsi Teks Editorial

Teks editorial memiliki beberapa fungsi, termasuk:

  1. Fungsi editorial umumnya menjelaskan berita dan dampaknya kepada masyarakat / komunitas.
  2. Latar belakang informasi tentang hubungan berita dengan realitas sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhi disajikan secara lebih komprehensif.
  3. Kadang-kadang ada analisis negara yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat untuk peluang yang muncul.
  4. Meneruskan penilaian moral tentang informasi / berita tersebut.

Ciri-Ciri Teks Editorial

  1. Topik teks editorial selalu up to date (sedang berkembang dan banyak di perbincangkan secara luas oleh masyarakat) dan sifatnya terkini dan faktual.
  2. Teks editorial sistematis dan logis.
  3. Teks editorial adalah opini / pendapat yang argumentatif.
  4. Teks editorial menarik untuk dibaca karena terdiri dari kalimat pendek, ringkas dan jelas.

Struktur Teks Editorial

Ada 3 struktur yang membentuk teks editorial, yaitu:

  1. Pernyataan pendapat (tesis), yang berisi sudut pandang penulis tentang masalah yang sedang dibahas, biasanya berisi teori yang diperkuat oleh argumen.
  2. Argumentasi, adalah alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumen yang disajikan mungkin dalam bentuk pertanyaan umum / data penelitian, pernyataan oleh para ahli dan fakta berdasarkan referensi yang dapat diandalkan.
  3. Pernyataan / Pengulangan adalah bagian yang berisi penegasan pendapat yang didukung oleh fakta-fakta di bagian argumen untuk memperkuat / mengkonfirmasi. Konfirmasi di akhir teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Aturan bahasa yang digunakan dalam teknik pengeditan tidak berbeda secara signifikan dari teks prosedural kompleks menggunakan kata kerja faktual.

  1. Kata keterangan, dimaksudkan untuk membuat pembaca percaya teks yang dibahas dengan kata keterangan, seperti biasa, sering, normal, kadang-kadang, jarang, dan sebagainya.
  2. Konjungsi adalah kata hubung/penghubung dalam teks, “bahkan” dan lain sebagainya.
  3. Kata kerja material adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau peristiwa fisik.
  4. Kata kerja rasional adalah kata kerja yang menunjukkan rasio intensitas (pemahaman B adalah C) dan afiliasi (termasuk pengertian B memiliki C).
  5. Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan persepsi (khawatir, dll.), dan kognisi (mengerti, dll). Pada kata kerja mental ada partisipan, pengindra dan fenomena.

Jenis jenis Teks Editorial

  1. Interpretaive editorial : Dalam editorial ini, topik akan dijelaskan melalui presentasi fakta & figur untuk transfer pengetahuan.
  2. Controversial editorial, editorial bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang keinginan atau untuk mendorong kepercayaan pembaca dalam suatu masalah. Editorial ini biasanya menggambarkan pendapat yang berlawanan lebih buruk.
  3. Explantory editorial, : Editorial ini menyajikan masalah atau pertanyaan yang perlu dievaluasi oleh pembaca. Biasanya, teks editorial ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan membuka mata masyarakat untuk mengingatkan mereka akan masalah.

Contoh Teks Prosedur

# Contoh Teks Editorial

Minimnya Pelayanan Rumah Sakit

Tahun lalu, ada sekitar 280 pengaduan tentang kurangnya layanan kesehatan di berbagai rumah sakit di Indonesia, yang hanya dilaporkan dan diterima oleh Kementrian Kesehatan.

Adapun mereka yang belum melaporkan kemungkinan lebih banyak, salah satu hal yang mempengaruhi kualitas layanan dokter adalah soal penanganan terhadap para pasien.

Banyak dokter tidak dapat mengetahui kondisi sebenarnya dari pasien, jadi kadang-kadang obat yang diberikan tidak sesuai dengan keluhan pasien.

Pemerintah, terutama di sektor kesehatan, harus secara teratur memperbaharui / meningkatkan kualitas dokter di seluruh Indonesia agar dapat menghubungkan layanan kesehatan masyarakat dengan baik dan benar.

Sebutkan jenis-jenis teks editorial?

1. Interpretaive editorial
2. Controversial editorial
3. Explantory editorial

Apa manfaat teks editorial?

1. Memberikan informasi terhadap pembaca
2. Berguna untuk merangsang pemikiran pembaca
3. Teks editorial terkadang dapat membuat pembaca untuk bertindak.

Sebutkan tujuan teks editorial?

Teks editorial dimaksudkan untuk mengajak para pembaca untuk merenungkan / berpikir mengenai masalah yang sedang hangat / yang sedang diperbincangkan atau terjadi di lingkungan/ kehidupan sekitar. (Lebih lengkap cek artikel)

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Teks Editorial. Baca juga Teks Prosedur. Semoga bermanfaat.

Related posts: