Seni Rupa Tiga Dimensi

Posted on

Seni Rupa Tiga Dimensi adalah adalah karya seni yang memiliki jangkauan panjang, luas dan tinggi. Dalam seni tiga dimensi, itu juga disebut volume dan memiliki ruang. Ruang ini membedakan antara seni dua dimensi dan tiga dimensi.

Dalam karya seni tiga dimensi, ada beberapa simbol yang patut mendapat perhatian. Simbol-simbol ini memiliki makna masing-masing baik dalam bentuk objek maupun dalam bentuk elemen artistik. Misalnya, patung mirip kuda adalah simbol keberanian, merah melambangkan keberanian, monumen di Jakarta adalah simbol proklamasi dan perjuangan rakyat Indonesia.

Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni Rupa Tiga Dimensi

Teknik Seni Rupa Riga Dimensi

Dalam menciptakan Seni Tiga Dimensi, terdapat berbagai macam bahan yang dapat digunakan. Setiap bahan yang digunakan memiliki teknik yang berbeda. perbedaan teknik yang digunakan menghasilkan tipe karya seni yang berbeda pula. Teknik-teknik berikut yang paling banyak digunakan dalam pembuatan Seni Rupa Tiga Dimensi:

  • Teknik pengaplikasian

Teknik aplikasi adalah teknik yang digunakan dalam seni merakit dengan menempelkan berbagai jenis kain dan bahan lainnya yang telah dipotong menjadi berbagai bentuk, misalnya, hewan, boneka, bunga, dan bentuk lain yang berfungsi sebagai hiasan pada dinding untuk membuatnya lebih indah.

  • Teknik Mozaik

Teknik Mozaik adalah teknik seni tiga dimensi yang digunakan dalam menggambar agar dapat merubah seni menjadi bentuk geometris. Saat membuat karya seni menggunakan teknik ini, warna biasanya menjadi peran inti dan diganti dengan gambar berbentuk geometris.

  • Teknik Merakit

Teknik Merakit adalah teknik di mana beberapa potong bahan bergabung bersama untuk membentuk karya seni. Karya seni yang dihasilkan dapat disebut Assembled Works.

  • Teknik Pahat

Teknik pahat adalah karya seni tiga dimensi yang digunakan dalam pembuatan patung dengan menghilangkan bahan-bahan yang tidak lagi digunakan. Pembuatan karya seni menggunakan, palu, kikir, pahat, dan lainnya yang sering digunakan.

  • Teknik Cor atau Casting

Teknik Cor atau Casting adalah teknik menuangkan bahan cair ke dalam cetakan. Teknik ini menggunakan bahan seperti semen, logam, karet dan bahan lainnya.

Fungsi

Setiap pengetahuan yang ada di dunia ini memiliki fungsi tertentu terutama untuk mendukung kehidupan manusia. Selain itu, seni bukan hanya sebuah karya yang dapat digunakan untuk bersenang-senang, tetapi memiliki beragam fungsi sesuai kebutuhan. Seni Rupa Tiga Dimensi diciptakan dengan beberapa fungsi yang ada. Fungsi seni dapat dibedakan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang akan dicapai.

Menurut Kebutuhannya

Setiap seni diciptakan untuk melakukan keadilan bagi pencipta individu dan seluruh komunitas. Karya seni tiga dimensi dibedakan tergantung pada jenis kelompok sasaran karya seni tersebut. Fungsi seni dapat dibedakan sesuai dengan kebutuhannya, yaitu:

  • Fungsi Individu

Seni Rupa Tiga Dimensi dalam fungsi ini digunakan untuk memuaskan kebutuhan emosional dan fisik seseorang yang hanya dapat digunakan atau dinikmati oleh sang penciptanya sendiri.

Fungsi individual ini memuaskan diri sendiri. Pembuat karya seni tiga dimensi ingin karya mereka hanya berfungsi untuk mengekspresikan diri dan memenuhi kepuasan batin. Terkadang, beberapa ahli seni juga menghasilkan karya yang khusus untuk kepuasan pribadi dan hanya diperlihatkan saja.

  • Fungsi Sosial

Seni Rupa Tiga Dimensi yang dalam fungsi sosialnya adalah karya oleh sekelompok orang dan masyarakat dalam hal rekreasi dan komunikasi sosial. Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dengan fungsi sosial dapat memberikan kepuasan bagi para penikmatnya.

Fungsi sosial dari karya seni tiga dimensi ini digambarkan oleh beberapa contoh karya yang tersebar di berbagai sudut kota. salah satu contohnya adalah patung Monumen Nasional atau yang sering disebut juga dengan Monas yang berada di Jakarta.

Menurut manfaat dan Kegunaannya

Seni yang berbeda tidak hanya datang untuk memuaskan keinginan individu maupun sekelompok orang. Langsung atau tidak langsung, suatu seni diciptakan dengan berbagai manfaat yang dapat kita peroleh. Berikut ini adalah fungsi seni tiga dimensi berdasarkan manfaat dan kegunaannya.

  • Sebagai Sarana Dekorasi

Fungsi seni tiga dimensi sebagai hiasan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan bentuk benda-benda dekoratif yang diletakkan di sebuah ruangan baik di rumah, di kantor, hotel bahkan di luar ruangan sekalipun.

Karya seni tiga dimensi memiliki keunggulan untuk mempercantik ruangan atau tempat yang dapat langsung dirasakan oleh orang-orang yang berada di lokasi tersebut. Contohnya adalah sebuah patung di taman, gelas di lobi hotel, dan beberapa kerajinan keramik yang berada di ruang tamu.

  • Sebagai Sarana Peringatan

Seni Tiga Dimensi juga dapat berfungsi sebagai peringatan atau peristiwa tertentu. Fitur peringatan ini digunakan untuk mengingatkan generasi berikutnya dan orang-orang yang tidak terlibat dalam suatu kejadian masalah yang mempengaruhi kehidupan masyarakat tertentu.

Contoh karya seni tiga dimensi yang berfungsi sebagai peringatan adalah monumen Supranatural Pancasila sebagai pengingat peristiwa PKI G30 S, yang memiliki dampak besar pada sejarah bangsa Indonesia.

  • Sebagai Alat Komunikasi

Seni dapat digunakan sebagai Alat komunikasi untuk maksud dan tujuan tertentu. Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengekspresikan ide-ide, untuk melakukan kritik sosial dan untuk memberitahukan sesuatu kepada masyarakat. Demikian juga karya seni tiga dimensi dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk berbagai hal.

Salah satu contohnya adalah Relief di beberapa situs bersejarah sebagai alat komunikasi untuk menyajikan peristiwa yang terjadi puluhan ribu atau bahkan ribuan tahun yang lalu kepada generasi sekarang.

  • Sebagai Fasilitas Rekreasi

Fungsi seni tiga dimensi juga dapat digunakan sebagai sarana penenang perasaan, menghilangkan kelelahan dan mengurangi kesedihan. Fungsi ini hanya untuk dinikmati keindahan karyanya dan memahami berbagai tujuan terciptanya karya itu sendiri.

Garuda Wisnu Kencana adalah patung besar yang sering digunakan sebagai sarana tempat rekreasi karena bentuk dan keindahannya. Selain itu terdapat Candi Borobudur yang letaknya berada di Yogyakarta.

  • Sebagai Sarana Religius

Karya seni tiga dimensi dapat digunakan sebagai fungsi keagamaan. Dalam fungsi ini, karya seni berperan dalam menyampaikan pesan-pesan agama yang disampaikan oleh kelompok agama atau kepercayaan tertentu sebagai sarana kegiatan keagamaan.

  • Sebagai Sarana Artistik

Karya seni dalam fungsi artistik biasanya digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan harga diri para seniman tanpa tujuan komersial.

Fungsi artistik ini pada dasarnya adalah fungsi individual dari karya seni tiga dimensi. Karya seni yang memiliki fungsi artistik diciptakan oleh penciptanya semata-mata berdasarkan keinginannya sendiri, tanpa campur tangan orang lain.

Berbagai macam fungsi yang dapat dibuat dengan karya seni tiga dimensi menunjukkan bahwa seni dapat tumbuh dan berkembang dan kondusif untuk perjalanan kehidupan manusia. Seni akan terus tumbuh dan berakar dalam setiap kegiatan sosial.

Nilai Estetika Seni Rupa Tiga Dimensi

Terdapat dua sifat nilai estetika pada pada karya Seni Rupa Tiga Dimensi, yaitu :

  • Nilai Estetika bersifat Objektif dalam wujud keindahannya karya seni dapat terlihat oleh mata. Nilai estetika atau keindahan suatu karya seni terdiri dari komposisi yang baik, kombinasi warna yang cocok, penataan benda yang membentuk satu kesatuan, Serta kesesuaian dalam penataan unsur visual.
  • Nilai Estetika bersifat Subjektif dalam bentuk kecantikan tidak hanya tergantung pada elemen fisik yang ditangkap secara visual, tetapi juga pada selera orang yang menikmatinya atau orang-orang yang melihatnya.

Contoh Seni Rupa Tiga Dimensi

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudah menemukan karya seni tiga dimensi. Berikut ini adalah contoh karya seni tiga dimensi yang dapat kita temukan di sekeliling kita:

Diorama

Diorama
Diorama
Diorama

Diorama adalah miniatur tiga dimensi yang menggambarkan sebuah adegan. Diorama sering ditemukan di museum, Misalnya, patung manusia di Museum Bank Indonesia.

Asal mula diorama berasal dari Prancis pada tahun 1823. Diorama memiliki makna yaitu “oleh penglihatan”. Orang pertama yang membuat diorama adalah Daguerre dan Charles Marie Bouton. Diorama pertama dipamerkan pada 29 September 1823 di London.

Diorama modern digunakan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya dari lanskap, keadaan sejarah, peristiwa alam, dan kondisi perkotaan untuk kebutuhan pendidikan atau pertunjukan. Diorama modern biasanya lebih kecil.

Replika

Replika
Replika
Replika

Replika adalah salinan bentuk, alat, objek, atau barang lainnya biasanya digunakan untuk tujuan ilmiah di bidang sejarah dan disimpan di museum, terkadang alat atau benda asli tidak pernah diproduksi. Replika juga dibuat untuk berbagai keperluan, seperti suvenir atau barang dagangan.

Baca Juga : Seni Rupa Terapan

Montase

Montase
Montase
Montase

Montase adalah karya seni yang dihasilkan dari gambar jadi, yang dirangkai menjadi campuran elemen dari beberapa sumber yang berbeda.

Di masa lalu, karya ini hanya mengubah seni dua dimensi. Sekarang telah dikembangkan dan menghasilkan karya seni tiga dimensi.

Kenyataannya, pekerjaan umum yang kurang dikenal oleh masyarakat karena karya-karya mereka hampir sebanding dengan seni patung, lukisan dan seni.

Arsitektur

Arsitektur
Arsitektur
Arsitektur

Arsitektur adalah ilmu mendesain bangunan. Arsitektur mencakup perancangan dan pembangunan seluruh lingkungan yang dibangun. Tingkat makro, yaitu perencanaan kota, perencanaan kota, arsitektur lanskap. Tingkat mikro, yaitu desain bangunan, desain furnitur, dan desain produk.

Patung

Patung
Patung
Patung

Patung adalah sebuah karya seni dalam bentuk tiga dimensi, yaitu karya yang memiliki volume atau isi. Sehingga patung dapat dirancang sesuai keinginan. Patung juga dikenal sebagai bentuk seni yang menggabungkan nilai keindahan dalam hasil karyanya.

Patung sebagai bentuk seni sebenarnya memiliki makna yang luas, karena hasil karyanya tidak hanya dalam bentuk manusia dan hewan, tetapi juga dapat hadir dalam bentuk apa pun, asalkan memiliki volume tiga dimensi dan mengandung unsur-unsur keindahan. Salah satu teknik yang sering digunakan dalam pembuatan patung adalah ukiran. Tradisi menciptakan patung berasal dari Barat dan dianggap sebagai bentuk seni yang hebat sejak zaman Yunani Kuno.

Keramik

Keramik
Keramik
Keramik

Keramik adalah barang-barang rumah tangga dengan bentuk yang sederhana seperti kendi, piring, mangkuk dan gelas.

Namun seiring perkembangannya, seni keramik telah menghasilkan inovasi dengan berbagai bentuk dan fungsi.

Indonesia memiliki begitu banyak pabrik keramik dan jenis lantai tertentu yang menghasilkan berbagai bentuk, fungsi dan kualitas.

Demikian penjelasan tentang Teknik, Fungsi, Nilai Estetis, contoh Seni Rupa Tiga Dimensi beserta gambar, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita, terimakasih.

Baca Juga :

Related posts: