Seni Rupa Murni

Posted on

Seni Rupa Murni dari waktu ke waktu telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak zaman prasejarah. Keberadaan seni berlabuh di setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia dan karenanya tidak dapat dipisahkan sampai sekarang.

Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang seni rupa murni mari kita simak terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Seni Rupa.

Seni Rupa Adalah cabang seni yang membentuk seni dengan media yang dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan melalui rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan referensi estetika.

Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni

Pengertian

Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan apa yang dimaksud dengan Seni Rupa Murni.

Seni Rupa murni adalah kesenian yang telah dikembangkan untuk menikmati keindahannya. Seni murni memprioritaskan sifat estetikanya daripada kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah lukisan, kaligrafi dan patung. Berbeda dengan seni terapan, seni murni tidak boleh digunakan sebagai alat lain. Dalam seni ini, nilai keindahannya digunakan. Menurut sejarah, 5 seni murni terhebat adalah seni lukis, patung, arsitektur, musik dan puisi, termasuk teater dan tari.

Fungsi

Fungsi Seni Rupa Murni hanya terbatas pada pengindahan belaka dan tidak dapat digunakan untuk memudahkan hidup kita.

Kesenian yang memuaskan semangat dalam penciptaannya adalah nilai kecantikan yang mengandung nilai-nilai budaya yang mengekspresikan diri dalam pola perilaku dengan titik medial, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan pencahayaan yang merupakan prinsip spesifik. disusun untuk menghasilkan karya yang indah dan bermakna.

Jenis Jenis

Terdapat dua jenis seni rupa, diantaranya adalah :

1. Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni Rupa tiga dimensi adalah bentuk seni rupa yang komponennya terdiri dari tiga jenis. Yaitu bentuk panjang, lebar dan tinggi.

Ketiga elemen ini juga membentuk volume dan konten yang dapat membuat kesenian terbaik dan akan terlihat indah dari segala arah.

Seni Rupa tiga dimensi ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada dua dimensi.

2. Seni Rupa Dua Dimensi

Jenis Berikutnya adalah seni Rupa Murni dua dimensi. Seni ini tentu berbeda dengan seni tiga dimensi.

Perbedaannya adalah bahwa bentuk seni hanya terdiri dari dua elemen, yaitu panjang dan lebar. Tentu saja, karena ini hanya dua elemen, jenis seni ini hanya dapat dilihat dari arah tertentu.

Namun, bagi seniman yang ahli, karya seni dua dimensi ini juga dapat digunakan sebagai media untuk menaruh keindahan di dalamnya.

Ini karena para seniman ini dapat menempatkan semua kreativitas mereka ke dalam media seni ini yang nantinya akan mendapatkan pengakuan. Contoh dari karya seni dua dimensi murni termasuk karya seni, poster, lukisan dan sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni

Terdapat beberapa contoh Seni Rupa Murni yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. mari kita kita bahas satu persatu contohnya.

Seni Lukis

Seni Lukis
Seni Lukis
Seni Lukis

Lukisan adalah salah satu karya yang dibuat dengan cat dan kuas serta kanvas sebagai media melukis. Lukisan yang dibuat oleh pelukis terkenal biasanya sangat mahal, bahkan hingga ratusan juta. Sebagai aturan, pelukis menyampaikan ekspresi psikologis melalui gambar-gambarnya, yang hanya dapat dinikmati dengan apresiasi yang luar biasa. Lukisan termasuk Seni Rupa Murni, karena hanya berfungsi sebagai hiasan.

Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung
Seni Patung

Patung ini juga merupakan bentuk ekspresi manusia yang tuangkan melalui karya seni. Patung itu juga merupakan bentuk Seni Rupa tiga dimensi. Biasanya patung dapat berupa manusia, binatang dll. Dan kita dapat dengan mudah menemukan contoh-contoh patung yang indah di Indonesia, seperti patung yang terdapat di Candi Borobudur.

Seni Rupa Relief

Seni Rupa Relief
Seni Rupa Relief
Seni Rupa Relief

Relief adalah karya Seni Rupa tiga dimensi yang dibuat pada bidang dua dimensi. Agak sulit untuk menjelaskan tanpa langsung melihat contoh. Relief biasanya ditemukan di dinding candi dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Seni Grafis

Seni Grafis
Seni Grafis
Seni Grafis

Grafis adalah bagian dari kesenian yang dapat dikatakan pula sebagai Seni Rupa Terapkan tergantung kepada tujuan dan fungsinya. apabila fungsi Seni rupa grafis ini ditujukan hanya sebagai sarana ilustrasi, maka kesenian ini termasuk dalam Seni Rupa Terapan. Tetapi jika hanya digunakan sebagai hiasan, maka itu adalah Seni Rupa Murni.

Seni Fotografi

Seni Fotografi
Seni Fotografi
Seni Fotografi

Fotografi adalah sejenis seni visual yang berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi ini disukai oleh banyak kalangan sebagai salah satu media untuk mengekspresikan dirinya. Objek yang difoto juga menggunakan seni karena menjadi lebih indah dalam kombinasi dengan seni fotografi ini. oleh karena itu Seni Fotografi termasuk kedalam Seni Rupa Murni

Seni Mozaik

Seni Mozaik
Seni Mozaik
Seni Mozaik

Mozaik adalah kerajinan menata beberapa keping batu kecil, pecahan kaca atau keramik untuk menciptakan karya baru yang indah. Alasan mozaik yang menjadi contoh Seni Rupa Murni adalah apabila mozaik hanya digunakan sebagai pajangan saja.

Seni Kaligrafi

Seni Kaligrafi
Seni Kaligrafi
Seni Kaligrafi

Kaligrafi adalah contoh seni murni dua dimensi yang mudah ditemukan di masjid-masjid dan rumah-rumah Muslim. Biasanya kaligrafi ditampilkan di dinding. Karna fungsi dari kaligrafi hanya sebagai hiasan, maka kaligrafi termasuk kedalam Seni Rupa Murni

Seni Ukiran

Seni Ukiran
Seni Ukiran
Seni Ukiran

Ukiran adalah kesenian memahat atau mengukir di atas batu atau kayu untuk menciptakan sebuah karya yang indah. Sebagai aturan, ukiran membuat makhluk hidup, bunga atau kehidupan. Ukiran juga dapat disimpan di rumah atau di area kantor untuk menambah nilai estetika.

Seni Keramik

Seni Keramik
Seni Keramik
Seni Keramik

Kerajinan keramik ini termasuk gelas, vas bunga dan sejenisnya. Dalam seni keramik, keramik digunakan sebagai media dasar dalam pembuatannya. Biasanya diukir dengan warna-warna indah dan cerah.

Seni Topeng

Seni Topeng
Seni Topeng
Seni Topeng

Di Indonesia, topeng sangat banyak dan mudah ditemukan, terutama ketika ada pertunjukan pentas. Topeng biasanya terbuat dari plastik, kain, kayu atau logam. Tidak sering pula topeng di buat untuk mengekspresikan suasana hati.

Demikianlah pengertian serta contoh dari berbagai seni rupa murni, Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, Terimaksih.

Baca Juga :

Related posts: