Seni Patung

Posted on

Seni Patung – Tahukah Anda bahwa patung adalah bentuk seni tiga dimensi yang diciptakan oleh manusia yang menunjukkan nilai keindahan / estetika. Patung ini diklasifikasikan sebagai seni 3 dimensi (3D) hal ini karena seni patung mempunyai panjang, lebar dan tinggi / volume dan dapat dikagumi atau di nikmati dari segala arah.

Umumnya patung itu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan batin manusia atau sekadar untuk menikmati keindahannya. Sementara itu, menurut KBBI, patung adalah benda yang sengaja dipahat untuk meniru bentuk manusia dan hewan.

Sementara itu, menurut Mikke Susanto, seni patung adalah karya tiga dimensi yang dibuat dengan mereduksi bahan atau membuat model terlebih dahulu dengan cara mencetak atau teknik casting. Bagi Indonesia sendiri, seni patung sudah dikenal sejak zaman prasejarah dan terus berkembang hingga sekarang.

Berbagai bentuk dan ukuran patung dapat ditemukan di Indonesia. Juga jenis dan bahan dasar untuk realisasi patung bervariasi, ada yang dibuat dengan bahan lunak seperti kayu, tanah liat dan semen untuk bahan dengan struktur keras seperti batu dan logam.

Seni Patung
Seni Patung

Sejarah Seni Patung Di Indonesia

Seni Patung

Sejarah seni patung di Indonesia terkait erat dengan perkembangan seni ukir. Menurut beberapa publikasi, orang Indonesia tahu patung dari 1500 SM. Leluhur orang Indonesia pada saat itu mengukir kapak batu menggunakan alat sederhana. Motif yang ia ciptakan masih sangat sederhana, dalam bentuk garis, titik atau kurva.

Pada tahun 500-300 SM, seni patung mengalami perkembangan. Pada dekade itu, orang mulai menggunakan perunggu, emas dan perak untuk diukir. Bahkan, mereka akrab dengan teknik casting mereka sendiri, sehingga pola ukiran yang dihasilkan mulai bervariasi.

Sejak masuknya agama Hindu, Budha dan Islam ke Indonesia, seni patung di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat. Banyak yang membuat sayatan pada kuil dan prasasti sebagai bentuk penghormatan terhadap raja.

Pada saat itu, orang-orang mulai memahat candi, keris, batu nisan, dan instrumen artistik. Pada masa ini nenek moyang kita mulai mengenal patung atau patung.

Jenis-Jenis Seni Patung

Ada banyak jenis patung yang dibuat oleh manusia. Tipe-tipe ini dapat dikelompokkan menjadi 2, berdasarkan bentuk dan jenisnya. Penjelasan berikut:

1. Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, patung itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Figuratif – Jenis-jenis patung figuratif adalah patung yang dibentuk dengan meniru bentuk-bentuk yang ada dalam kehidupan nyata. Contoh-contoh seperti bentuk manusia, bentuk binatang atau sayuran dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk aslinya.
  2. Non-Figuratif – Jenis non-figuratif adalah jenis patung yang bentuknya tidak sama dengan bentuk aslinya. Jenis patung ini biasanya hanya menunjukkan garis, lekukan atau beberapa bagian dari suatu objek.

2. Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan pada jenisnya, patung itu dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Zonde Boss – Jenis patung Zonde Bosse adalah bentuk patung yang berdiri sendiri (kiri dan kanan) dan tidak menempel di satu sisi.
  2. Relief – Patung relief adalah patung yang menempel di permukaan dinding. Biasanya patung relief ini menceritakan adegan-adegan penting yang terkandung dalam sebuah cerita.

Teknik Seni Patung

Patung itu adalah karya seni yang dibuat dengan sentuhan tangan ahli atau terampil. Dalam proses pembuatan, berbagai teknik pembuatan digunakan. Di antaranya adalah:

1. Teknik Butsir

Butsiradalah salah satu teknik membuat patung dengan mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan berstruktur lunak lainnya untuk membuat karya patung yang memiliki nilai estetika.

2. Teknik Modeling

Modeling adalah teknik untuk membuat patung dengan terlebih dahulu menciptakan model dan kemudian membentuk patung yang sebenarnya.

3. Teknik Merakit Atau Cor

Teknik ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan patung dengan bahan berbasis logam. Realisasi dimulai dengan memanaskan logam hingga meleleh dan kemudian menuangkan ke dalam patung yang telah berbentuk seperti rupa patung.

4. Teknik Merakit

Teknik ini hampir mirip dengan permainan puzzle, yang terdiri dari merakit bahan dasar patung dan kemudian merakitnya atau merangkainya.

5. Teknik Membentuk

Teknik ini adalah teknik membuat patung dengan secara bertahap membentuk patung untuk membuat patung yang diinginkan. Dalam teknik ini dibutuhkan ketelitian yang lebih dari pembuat ata senimannya. Namun kualitas patung yang didapat biasanya lebih baik karena menggunakan sensasi atau perasaan dalam membentuknya.

6. Teknik Pahat

Teknik pahat umumnya dilakukan dalam proses pembuatan patung dengan bahan dasar keras seperti batu granit, kayu, tulang, dan bahan dasar berstruktur keras lainnya dengan mengurangi beberapa bagian bahan dasar untuk membentuk patung yang diinginkan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Seni Patung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Baca artikel kami yang lain masih berkenaan dengan Materi Seni di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: