Seni Musik

Posted on

Siapa yang tidak tahu musik? Tentunya banyak dari Anda mendengarkan musik setiap hari. Dilihat dari fungsinya, musik dapat digunakan sebagai alat untuk menghilangkan kebosanan, mengekspresikan diri dan sebagai obat untuk menenangkan diri.

Menurut Aristoteles, seni musik adalah kekuatan fusi dan representasi yang dimulai dari gerakan sensorik yang ada dalam rangkaian melodi (nada) yang memiliki ritme. Atau lebih tepatnya seni yang satu ini adalah susunan suara yang mengandung melodi, keteraturan, irama dan harmoni

Seperti kita ketahui, seni musik memiliki banyak model musik. Terutama untuk musik yang sedang dikembangkan saat ini. berbagai jenis alat musik telah diciptakan hanya untuk memuaskan pecinta musik.

Seni Musik

Jenis-Jenis Seni Musik

Seni musik memiliki jenis yang berbeda. Jenis-jenis ini termasuk musik tradisional, musik modern dan musik kontemporer. Berikut ini penjelasannya:

1. Musik Tradisional

Jenis musik seni pertama adalah musik tradisional. Musik ini biasanya merupakan warisan nenek moyang yang diturunkan kepada generasinya.

Musik tradisional masih menggunakan teks dalam bahasa lokal, tidak memiliki notasi dan alat musik tradisional seperti gamelan, angklung dan karawitan juga digunakan.

2. Musik Modern

Seperti kita ketahui, musik modern saat ini berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Seni musik modern adalah seni yang telah diakulturasi dengan teknologi dan budaya modern, baik alat musik maupun cara menyajikan musik.

3. Musik Kontemporer

Di Indonesia, musik kontemporer adalah musik yang dikembangkan pada 1990-an. Musik ini memiliki karakteristik variasi nada yang kompleks; ia memiliki warna atau jenis suara, waktu dan ritme yang bervariasi; sumber suara bervariasi tidak hanya dari musik instrumental.

Unsur-Unsur Seni Musik

Seni yang kita bahasa ini tidak akan dibuat dengan benar jika tidak ada unsur unsur yang membentuknya. Jadi apa saja unsur dari seni ini? Berikut ulasannya:

1. Irama

Ritme atau yang lebih akrab bagi irama panjang pendek dan nada tinggi-rendah. Unsur ritme adalah unsur yang sangat penting dalam seni musik karena ritme menentukan ritme musik.

2. Melodi

Seperti kita ketahui, melodi adalah bentuk pengaturan suara berurutan dari tinggi ke rendah atau dari rendah ke tinggi. Melody adalah salah satu daya tarik dalam seni musik.

3. Harmoni

Unsur berikutnya adalah harmoni. Harmoni adalah kumpulan nada dan melodi yang memiliki keteraturan sehingga indah untuk didengarkan. Harmoni juga sering dikenal sebagai akord untuk mengiringi musik.

4. Birama

Tidak seperti ritme, birama adalah unsur ketukan / beat dalam musik dengan waktu dan tempo yang teratur. Birama biasa ditulis dengan 2/4, 2/3, ¾ dan banyak lainnya. Tentu saja Anda juga akan sering menemukan pembilang “/” yang berarti menunjukkan jumlah ketukan.

5. Tangga Nada

Unsur seni musik ini biasanya digunakan untuk mengatur musisi di orkestra. Tangga nada adalah unsur musik yang terdiri dari level yang diatur pada beberapa level mulai dari nada dasar hingga nada tinggi yang merupakan salah satu unsur penting dalam pertunjukan musik.

6. Tempo

Tempo dalam seni musik adalah ukuran kecepatan bilah dalam sebuah lagu. Misalnya, semakin cepat trek waktu di bilah dimainkan, semakin cepat dinyanyikan. Waktu masih terbagi menjadi unsur musik yang berbeda seperti Andate, Moderato, Largo, Lento, Adagio, Allegro, Vivace dan Presto.

7. Dinamika

Seperti kita ketahui, dinamika adalah tanda untuk memainkan nada yang terkait dengan volume untuk menghasilkan suara yang kuat dan merdu untuk didengarkan. Unsur musik dinamika dari musik menjadi hal terpenting dari musik untuk mengekspresikan ekspresi musikal yang emosional seperti sedih, bahagia, dan sebagainya.

8. Timbre

Timbre, atau apa yang kita ketahui, adalah kualitas suaranya. Misalnya gitar memiliki timbre yang berbeda dengan instrumen drum walaupun instrumen tersebut dimainkan dengan skala yang sama.

Ini bisa terjadi karena setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda yang mempengaruhi suara yang keluar dari instrumen tersebut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Seni Musik Lengkap. Kalian bisa mengunjungi beberapa artikel kami yang lain mengenai Seni-Seni lainnya di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: