Seni Kriya

Posted on

Seni Kriya – Ada banyak jenis seni di nusantara, mulai dari seni rupa murni, hingga seni rupa kriya. Sekarang saatnya belajar tentang seni kriya. Pernahkah Anda mendengar istilah seni rupa kriya? Cabang seni ini telah ada sejak zaman kuno dan bahkan dari zaman prasejarah.

Kita juga bisa menemukan karya seni rupa kriya di era modern. Juga masih digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Manusia tidak dapat dipisahkan dari seni. Ini karena seni ini cukup mudah dibuat.

Jadi apa sebenarnya seni rupa kriya itu? Berikut ini akan menjelaskan definisi, jenis, teknik, dan bahkan contoh. Bagi Anda pecinta seni, informasi penting ini jangan sampai terlewatkan. Ini ulasan lengkapnya.

Seni Kriya

Pengertian Seni Kriya

Istilah “kriya” diambil dari kata “Krya” yang merupakan bahasa Sansekerta yang berarti bekerja / mengerjakan. Sehingga pengertian seni kerajinan bisa diartikan sebagai hasil seni manusia.

Jika mengacu pada kata seni, seni adalah karya manusia yang memiliki nilai keindahan. Karena itu, seni rupa krya adalah karya seni yang mengandung keindahan.

Secara sederhana, seni kerajinan ini adalah kerajinan yang dibuat oleh manusia. Kerajinan artistik ini umumnya memiliki nilai guna bagi manusia. Sehingga kerajinan seni bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, pada dasarnya, setiap kerajinan yang diproduksi oleh manusia dan yang memiliki nilai keindahan dapat didefinisikan sebagai kerajinan tangan yang indah. Untuk memperdalam pemahaman Anda, Anda juga perlu tahu apa fungsi dari jenis seni ini dalam kehidupan kita.

Fungsi Seni Kriya Bagi Kehidupan

Secara umum, setidaknya ada 3 fungsi utama dari sebuah karya seni rupa krya. Fungsi inilah yang membuat manusia tidak dapat dipisahkan dari seni unik ini. Tiga fungsi tersebut diantaranya:

1. Sebagai Hiasan

Fungsi pertama seni ini adalah sebagai hiasan. Dalam hal ini, sebuah karya seni mengutamakan nilai keindahannya daripada nilai fungsinya. Contohnya adalah lukisan, foto dan berbagai benda pajangan lainnya. Secara umum, benda-benda pajangan ini hanya bisa dihargai oleh keindahannya.

2. Sebagai Benda Pakai

Seni ini juga berfungsi sebagai objek pakai atau benda yang bisa dipakai. Sebagai objek untuk dipakai, jelas seni ini mengutamakan fungsinya untuk menggunakan daripada nilai keindahannya. Contoh pengerjaan yang berfungsi sebagai barang atau benda pakai adalah pakaian, senjata, dan peralatan-peralatan rumah tangga.

3. Sebagai Benda Mainan

Selain dua fungsi di atas, seni ini juga berfungsi sebagai objek mainan. Seperti mainan, karya seni ini berfungsi untuk menghibur siapa saja yang membutuhkan. Dalam hal ini seni pengerjaan memiliki nilai keindahan dan juga nilai fungsi yang setara.

Setelah mengetahui fungsi dari pengerjaan artistik, sekarang saatnya untuk mempelajari tentang jenis pengerjaan artistik ini. Seni kerajinan itu sendiri dibagi menjadi dua kelompok. Kelas pertama didasarkan pada materi perdagangan perdagangan sementara kelas kedua didasarkan pada bagaimana melakukan perdagangan.

Jenis Seni Kriya Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Jenis-jenis seni rupa krya berdasarkan bahan pembuatan nya terbagi menjadi enam jenis. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan masing-masing. Berikut adalah jenis pengerjaan berdasarkan bahannya:

1. Seni Rupa Kriya Kayu

Jenis kerajinan seni ini terbuat dari kayu. Ada banyak produk kerajinan kayu. Contoh benda seni yang terbuat dari kayu adalah furnitur, kursi kayu, meja kayu, dan berbagai jenis pajangan ukiran kayu.

2. Seni Rupa Kriya Tekstil

Kain adalah kain, oleh karena itu seni kerajinan adalah kerajinan yang terbuat dari kain. Kepulauan kita kaya akan seni rupa yang dibuat dari kain. Beberapa contoh kerajinan yang dibuat dengan kain adalah pakaian tradisional, kain batik dan kain.

3. Seni Rupa Kriya Keramik

Kerajinan ini terbuat dari tanah liat yang dibakar dan dibentuk. Bentuk seni pengerjaan pada hal ini sangat berbeda tergantung keinginan artis. Ada banyak contoh jenis kerajinan keramik yang bisa Anda temukan seperti vas keramik, toples dan beberapa dekorasi keramik.

4. Seni Rupa Kriya Logam

Jelas, seni unik ini terbuat dari logam. Biasanya jenis seni ini digunakan untuk membuat patung. Ada banyak jenis dekorasi yang bisa dibuat dari logam. Bahkan, tidak jarang seni kerajinan logam dijual dengan harga yang sangat tinggi, seperti kerajinan logam berlapis emas.

5. Seni Rupa Kriya Kulit

Kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan untuk kerajinan seni. Ada banyak kulit binatang yang bisa dijadikan kerajinan seni seperti kulit sapi. Bahkan kulit binatang liar juga bisa dijadikan seni kerajinan.

Namun, penggunaan kulit hewan sebagai suatu seni terbatas karena dikhawatirkan akan merusak populasi hewan, khususnya hewan liar yang dilindungi.

6. Seni Rupa Kriya Batu

Untuk orang kreatif, batu juga bisa digunakan sebagai karya seni. Karya seni batu biasanya berupa patung dan arca. Batu-batu akan dipahat atau diukir. Kerajinan seni ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Seni Kriya. Kalian juga bisa mempelajari artikel kami yang lain dan masih berkaitan dengan Seni di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: