Rumus Excel

Posted on

Microsoft Excel adalah program pengolahan data yang paling banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Excel telah banyak digunakan oleh para praktisi di bidang bisnis, mulai dari keuangan, akuntansi, industri, penelitian, statistik, dan bidang – bidang lain. Meskipun telah banyak program spreadsheet yang lainnya muncul, Microsoft Excel tetap menjadi favorit bagi pengguna dan telah menjadi program spreadsheet standar.

Seperti program yang telah populer, namun tetap saja fungsi utama pada Excel ialah untuk mengelola data. Tetapi seiring dengan perkembangan pada excel yang begitu cepat akhirnya pihak developer yakni microsoft telah menambahkan fitur – fitur lain pada excel diantaranya :

  • Mengelola teks
  • Membuat bagan organisasi
  • Membuat grafik dan banyak pilihan jenis grafik yang ditawarkan oleh excel
  • Membuat sebuah program sederhana menggunakan bahasa pemograman VBA (Visual Baisc for Application)
  • Dan fitur – fitur lainnya

Bagi kamu yang mempunyai pekerjaan di bagian pengolahaan data maka wajib bagi kamu untuk menguasai rumus excel.

rumus excel dunia kerja

Berikut ini 10 rumus excel yang wajib kamu kuasi :

1. SUM

Rumus: =SUM (angka1, [angka2], …)

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data. Fungsi SUM dapat digunakan untuk menambahkan data untuk setiap sel, data dalam satu cell, atau data dalam berbagai kolom sekaligus.

2. IF

Rumus: =IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

Fungsi IF dapat digunakan untuk menampilkan atau mengembalikan nilai jika kondisi atau pernyataan yang diberikan BENAR, dan untuk menampilkan nilai lain jika kondisi atau pernyataan yakni salah.

Rumus IF juga dapat digunakan untuk di banyak kondisi dengan menggabungkan beberapa fungsi IF secara bersamaan atau yang disebut Multi IF.

3. LOOKUP

Rumus: =LOOKUP (lookup_value, array)

Fungsi pencarian digunakan untuk mencari nilai data dalam baris atau kolom. LOOKUP sudah banyak ditinggalkan dan telah diubah menjadi fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP.

4. VLOOKUP

Rumus: =VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Fungsi VLOOKUP digunakan mencari nilai dalam rentang atau tabel, dan kemudian setelah nilai didapatkan, itu akan memanggil nilai atau menampilkannya di kolom lain berdasarkan kolom yang diinginkan (kolom indeks). Contoh penerapannya ialah untuk menampilkan alamat dari tabel dalam database pelanggan.

5. MATCH

Rumus: = MATCH (lookup_value, lookup_array, [match_type])

Tujuan fungsi MATCH adalah untuk mencari nilai tertentu dalam rentang, daftar, atau tabel, dan lalu mengembalikan (membuat atau menampilkan) posisi relatif dari nilai dalam rentang, daftar, atau tabel tersebut. Hasil dari fungsi ini adalah nomor seri dari nilai yang dicari. Misalnya, ada sederetan nama Ami, Angga, Hari, Citra, kemudian posisi atau urutan relatif Citra di nomor 4.

6. CHOOSE

Rumus: =CHOOSE(index_num, value1, [value2], …)

Fungsi PILIH digunakan untuk memilih dan menampilkan nilai dalam satu set atau daftar nilai. Fungsi ini dapat digunakan untuk memilih salah satu dari hingga 253 nilai berdasarkan nomor indeks. Misalnya, jika nilai 1 hingga 6 adalah nama hari dalam seminggu, maka fungsi ini akan ditampilkan satu hari jika kita menggunakan angka indeks 1-6.

7. DATE

Rumus: = DATE (tahun, bulan, tanggal)

Fungsi DATE digunakan untuk menampilkan nomor seri seri yang mewakili tanggal tertentu. Fungsi ini sangat berguna jika kita menemukan kondisi di mana tanggal, bulan, dan tahun berada di sel yang terpisah.

8. DAY

Rumus: =DAYS (end_date, star_date)

Fungsi DAYS digunakan untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal. Fungsi ini dapat digunakan, antara lain, untuk menghitung peristiwa tertentu atau untuk mengetahui periode kedaluwarsa makanan.

9. FIND

Rumus: =FIND(find_text, inside_text, [start_num])

Fungsi FIND ini digunakan untuk mencari teks atau bagian teks (string) tertentu dalam sel yang berisi teks panjang. Jika string ditemukan dalam teks, fungsi ini menampilkan posisi atau urutan huruf pertama dalam string. Misalnya, jika kita mencari string “gi” di kata “kamu lagi apa”, fungsi FIND akan mengembalikan nilai 8, karena huruf g dalam string “gi” berada di posisi karakter serial kedelapan. Perhatikan bahwa fungsi FIND ini berbeda antara huruf besar-kecil karena string “gi” tidak sama dengan “Gi”.

10. INDEX

Rumus: =INDEX(array, row_num, [umn_num])

Tujuan fungsi INDEX adalah untuk mengambil atau menghasilkan nilai dari tabel atau range. Dengan kata lain, fungsi ini akan mengambil nilai tertentu dalam tabel dan range seperti yang kita inginkan. Sebagai contoh, jika kita ingin mengambil nilai “Kucing” dari daftar “Ayam”, “Kucing”, “Kelinci”} kolom binatang, kita dapat melakukan ini menggunakan fungsi INDEX untuk mengindeks lokasi nilai yang kita inginkan. Pada contoh sebelumnya, nilainya akan menjadi “Kucing” Itu ada di kolom ke-2.

Itulah beberapa rumus excel yang penting dan populer digunakan di dalam dunia kerja, semoga tulisan kecil ini bermanfaat untuk kamu semua.

Baca Juga :

Related posts: