Peta Yogyakarta

Posted on

Peta Yogyakarta – Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di Negara Indonesia yang memiliki nama panggilan / julukan daerah Istimewa. Jika kalian melihat peta lengkap Yogyakarta, kalian dapat melihat lokasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di bagian selatan pulau Jawa. Provinsi ini juga dibatasi oleh Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia.

Luas provinsi ini yaitu 3.185 km2 yang terdiri dari kotamadya dengan empat kabupaten. Kepadatan penduduk Provinsi Yogyakarta ini mencapai 1084 jiwa per kilometer persegi. Berdasarkan sensus penduduk 2010, jumlah penduduk di Indonesia telah mencapai 3.452.390 jiwa.

Meskipun secara geografis daerah ini merupakan daerah kecil, Daerah Istimewa Yogyakarta sudah dikenal secara nasional dan internasional. Karena itu, banyak negara di dunia bekerja sama dengan DI Yogyakarta.

Peta Yogyakarta
Peta Yogyakarta

Gambar Peta Yogyakarta

Gambar Peta Yogyakarta
Gambar Peta Yogyakarta

Peta Yogyakarta Lengkap

Peta Yogyakarta Lengkap
Peta Yogyakarta Lengkap

Peta Buta Yogyakarta

Peta Buta Yogyakarta
Peta Buta Yogyakarta

Pembagian Wilayah Yogyakarta

Seperti disebutkan di atas, provinsi Yogyakarta dibagi menjadi kotamadya dengan 4 kabupaten. Dimana sebelumnya kabupaten maupun kota provinsi Yogyakarta terdiri dari Daerah Kesultanan dan Pakualaman Kadipaten. Berikut ini adalah wilayah dan kota-kota di wilayah DI Yogyakarta.

Kabupaten Gunungkidul

Kabupaten Gunung Kidul merupakan sebuah kabupaten di wilayah Yogyakarta yang memiliki beragam objek wisata alam, khususnya wisata pantai.

Hal tersebut karena Kabupaten Gunungkidul berbatasan langsung dengan Samudera Hindia selatan. Kabupaten Gunungkidul ini pula berbatasan dengan wilayah Klaten dan juga Sukoharjo di utara.

Daerah ini juga memiliki banyak bukit dan gunung kapur yang dikenal sering mengalami kekeringan selama musim kemarau. Lebih dari itu, area ini juga dikenal sebagai area tandus. Gunungkidul didominasi oleh banyaknya pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Sewu.

Terbentuknya Gunungkidul ini disebabkan oleh batu kapur yang merupakan penanda di masa lalu, daerah tersebut ialah dasar laut. Ini juga dibuktikan dengan telah ditemukannya fosil purba hewan laut. Dari waktu pengangkatan tektonik dan vulkanik dari zaman Miosen, Gunung kidul terbentuk menjadi sebuah daratan.

Kabupaten Bantul

Menurut peta lengkap Yogyakarta, lokasi Kabupaten Bantul terletak di bagian selatan Yogyakarta, berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta di utara, Gunungkidul di timur dan Kulon Progo di barat.

Bagian selatan Bantul sendiri ialah ujung barat dari pegunungan Sewu, di mana pegunungan Sewu ini ialah gunung batu kapur. Kali Progo dan anak-anak sungainya ialah sungai yang mengalir melalui sebagian Kabupaten Bantul dan daerah sekitarnya.

Kabupaten Bantul ini juga memiliki populasi mencapai 1.015.465 jiwa dengan Kabupaten Banguntapan sebagai wilayah dengan jumlah penduduk lebih banyak. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Bantul berasal dari industri, pertanian, jasa, dan perdagangan.

Kabupaten Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo adalah daerah di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan dibatasi oleh sungai Progo di bagian timur. Ibukota Kabupaten Kulonprogo terletak di Kabupaten Wates, tepatnya sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

Di Kulon Progo, juga berbatasan dengan Menoreh yang merupakan nama dari sebuah bukit, yang terletak di barat laut, yang berbatasan dengan Kabupaten Magelang.

Bagian selatan dari Kulon Progo adalah pantai. Beberapa pantai terkenal di Kulon Progo, termasuk di seluruh Indonesia, adalah Pantai Congot, Trisik dan Glagah.

Selain itu, kabupaten Kulon Progo ini juga terbagi menjadi 12 kecamatan dan 88 kelurahan dengan 930 dusun. Total populasi di Kulonprogo mencapai 470.520 jiwa dan memiliki kepadatan populasi 802,57 jiwa.

Kabupaten Sleman

Wilayah ini, yang menurut peta lengkap Yogyakarta di utara, memiliki populasi mencapai 1.093.110 orang dan kepadatan penduduk mencapai 1.901,66 jiwa per km2 .

Kabupaten Sleman dibatasi oleh provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, sedangkan untuk bagian selatan berbatasan dengan kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sebelah barat, Kabupaten Sleman berbatasan dengan Kulonprogo. Kabupaten Sleman di utara ialah daerah pegunungan, tepatnya di dekat Gunung Merapi. Gunung Merapi sendiri ialah gunung berapi yang aktif dan cukup berbahaya di Jawa.

Kabupaten Sleman adalah kabupaten dengan banyak universitas, sehingga Kabupaten Sleman adalah lingkungan yang banyak dihuni oleh para mahasiswa. Dengan jumlah siswa yang sangat banyak, jelas juga Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat julukan kota pelajar.

Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta adalah ibukota dan pusat pemerintahan Provinsi DI Yogyakarta. Sultan Adipati Paku Alam dan Hamengkubuwana juga menduduki kota Yogyakarta sebagai tempat tinggal mereka. Di kota Yogyakarta ada juga Kraton Yogyakarta yang masih berfungsi sampai saat ini.

Penduduk kota Yogyakarta saat ini telah mencapai 412.331 jiwa. Jika melihat peta Yogyakarta melalui google map, lokasi kota Yogyakarta berada di tengah dan diapit dengan kabupaten lain. Kota Yogyakarta terletak di lembah 3 sungai di Yogyakarta, yaitu Sungai Code, Sungai Winongo dan Sungai Gajahwong.

Tempat Wisata di Yogyakarta

Selain disebut sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga bisa disebut sebagai kota wisata. Karena ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini. Berikut ini adalah rekomendasi untuk tempat wisata di Yogyakarta. Kalian juga dapat menemukan peta Yogyakarta dan tempat wisata di tempat wisata Yogyakarta.

1. Malioboro

Malioboro adalah pusat perbelanjaan di Yogyakarta di mana kalian dapat menemukan berbagai produk khas Yogyakarta di sana. Kota Malioboro sendiri terletak di kota Yogyakarta. Jadi, kalian bisa dengan mudah menemukan tempat ini jika Anda melihat peta Yogyakarta dan tempat-tempat wisata.

2. Keraton Jogja

Keraton Jogja dapat menjadi rekomendasi jika Anda ingin mengunjungi sejarah. Lokasi Keraton Yogyakarta dapat ditemukan di peta google map jogja. Karena dengan goggle maps , kalian dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata ini.

3. Alun-Alun Yogyakarta

Lokasi alun-alun Yogyakarta sendiri tidak jauh dari keraton Yogyakarta, karena lokasi alun-alun Yogyakarta masih dekat dengan keraton Yogyakarta. Di tempat ini, kalian bisa bersantai dan beristirahat sambil menikmati hidangan kuliner khas Yogyakarta.

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi menawarkan pemandangan indah dan mungkin objek wisata ini adalah objek wisata baru. Objek wisata ini terletak di sebelah selatan candi Prambanan dan dekat dengan kompleks istana Boko dan candi Ijo.

5. Hutan Pinus Mangunan

Bagi Anda yang menikmati wisata alam, Anda dapat mengunjungi hutan pinus Mangunan. Selain menghadirkan pemandangan alam, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan hutan pinus. Objek wisata ini berada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

6. Candi Prambanan

Jika kalian mengunjungi Tebing Breksi, kalian juga dapat mengunjungi Candi Prambanan. Candi Prambanan adalah peninggalan sejarah Buddhisme Hindu yang dapat kalian kunjungi jika kalian berada di Yogyakarta. Lokasi dapat ditemukan di peta Yogyakarta dan tempat-tempat wisata di berbagai media, termasuk di Internet.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi objek wisata alam ini ditemukan di Kabupaten Gunungkidul, sebuah wilayah khusus Yogyakarta. Jika Anda kesulitan menemukan lokasi wisata ini, Anda dapat menggunakan peta google map. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam khas bukit Gunungkidul.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Yogyakarta Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :