Peta Surabaya

Posted on

Peta Surabaya – Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan dan kota ini adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan ibukota Provinsi Jawa Timur. Jika melihat peta Surabaya, itu terletak di sisi utara pulau Jawa timur di seberang pulau Madura.

Dengan 2,9 juta penduduk, kota ini adalah kota terpadat kedua. Kota Surabaya termasuk dalam wilayah Gerbangkertosusila dengan 10 juta penduduk. Besaran tersebut menjadikan wilayah ini berada di peringkat ke-2 setelah Jabodetabek.

Kota ini dijuluki sebagai kota pahlawan karena dahulunya pernah ada pertarungan yang terjadi di sini. Peran perjuangan pahlawan di kota ini dianggap sebagai perjuangan melawan penjajah. Di bawah ini akan kami uraikan sedikit mengenai kota Surabaya ini, simak ulansannya.

Peta Surabaya
Peta Surabaya

Gambar Peta Surabaya

Peta Surabaya
Peta Surabaya

Peta Surabaya Lengkap

Peta Surabaya Lengkap
Peta Surabaya Lengkap

Peta Buta Surabaya

Peta Buta Surabaya
Peta Buta Surabaya

Sejarah dan Asal Usul Surabaya

Bukti sejarah menunjukkan bahwa kota Surabaya ada jauh sebelum era kolonial. Nama kota Surabaya tercantum dalam prasasti yakni Trowulan I (1358 M) dan dalam puja sastra Kakawin Nagarakertagama (1365 M). Ini adalah bukti nyata keberadaan kota Surabaya di kepulauan ini.

Meskipun bukti membuktikan hal yang demikian itu, diyakini bahwa kota Surabaya ada jauh sebelum tahun di mana dua prasasti itu dibuat. Ada pendapat sejarawan lain bahwa Surabaya pernah menjadi daerah yang disebut Ujung Galuh.

Versi lain menyatakan bahwa Surabaya berasal dari sebuah istana yang didirikan oleh Raden Wijaya. Nama Surabaya berasal dari perkelahian antara Sawunggaling, yang mana beliau ini menguasai ilmu Sura, dan Adipati Jayanegara, yang menguasai ilmu buaya. Keduanya meninggal seusai berebut istana/keraton yang akhirnya bernama Surabaya.

Informasi Geografis Surabaya

Secara geografis, Surabaya berada pada 07° 9 menit -07 derajat 21 menit lintang selatan dan 112 derajat 36 menit hingga 112 derajat 54 menit bujur timur.

Memiliki luas daratan 350,54 km ² dan lautan 190,39 km ². Semua data ini dapat ditemukan di peta Surabaya jika Anda ingin membuktikannya.

Selain informasi mengenai lokasi koordinat dan luas wilayah, ada juga data mengenai kondisi geologis dan topografi Surabaya sebagai berikut:

  1. Geologi: Kondisi geologis Surabaya terdiri dari daratan dan perairan yang terlindung dari gempa bumi dan juga tanah ambel/longsor. Hal ini memastikan pembangunan infrastruktur tanpa memerlukan geoteknik yang mahal.
  2. Topografi: Ada di peta Surabaya dan Indonesia mengenai Surabaya yang terletak di pantai utara pulau Jawa di Provinsi Jawa Timur. Wilayah ini berbatasan dengan Selat Madura di utara dan timur, Sidoarjo di selatan dan Gresik di barat.
  3. Iklim: Kota Surabaya, yang mana kota ini beriklim tropis seperti daerah lain di Indonesia, di mana ada dua musim, hujan dan kekeringan/kemarau. Curah hujan rata-rata adalah 165,3 mm, tertinggi 200 mm.

Curah hujan tertinggi terjadi dari Januari hingga Maret atau dari November hingga Desember. Memiliki suhu rata-rata yang berkisar 23,6 derajat Celcius hingga 33,8 derajat Celcius.

Kecamatan Yang Ada Di Kota Surabaya

Dilihat dari peta Surabaya, Kota yang statusnya sebagai ibu kota provinsi Jawa timur ini, terdapat 31 kecamatan dan 163 kelurahan. Dasar hukumnya yaitu undang-undang RI no 12 tahun 1950 terkait pemerintah daerah kota/kabupaten.

Kelebihan Kota Pahlawan Surabaya

Banyak manfaat dari kota dengan julukan kota pahlawan ini, yang menarik perhatian para wisatawan. Itu juga bisa membuat pendatang baru mencoba peruntungan di kota terbesar kedua di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan Surabaya:

  • Memiliki banyak taman yang indah

Surabaya memiliki banyak taman kota yang berfungsi sebagai penghijauan karena kota ini memang terkenal panas. Taman kota juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang bermanfaat sebagai paru-paru kota.

Ada sekitar 290 taman pasif dengan 71 taman aktif yang dapat digunakan oleh penduduk kota atau siapa pun yang mengunjungi kota ini. Adapun beberapa taman yang menjadi ikon kota, seperti taman, lansia, prestasi, flora, apsara , pelangi dan banyak lainnya.

  • Memiliki Jembatan Suramadu Sebagai Ikon Kota

Suramadu menjadi jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan salah satu pulau Madura sebagai salah satu pulau di provinsi Jawa Timur.

Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 m. Rasakan perasaan unik mengendarai sepeda motor di atas jembatan ini sambil merasakan semilir angin laut. Itu akan menjadi pengalaman unik.

  • Perkembangan Ekonomi Yang Pesat

Sebagai kota metropolitan, tentu menarik banyak investor untuk berinvestasi di kota ini. Salah satu yang paling berkembang adalah bisnis real estat, di mana banyak apartemen telah dibuat.

Dengan kehidupan masyarakat yang kian modern, yang merupakan kesempatan bagi pengembang bisnis property.

  • Kebun Binatang Terbesar Di Asia

Kota Surabaya memiliki kebun binatang yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS), yang pada saat itu dianggap sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Kebun binatang ini sudah cukup tua dan didirikan pada 31 Agustus 1916 dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierte“.

  • Banyak Festival Di Hari Ulang Tahunnya

Untuk memperingati kota tersebut, pemerintah menyelenggarakan festival yang telah menjadi rutinitas tahunan. Dimulai dengan festival layang-layang, festival Rujak Uleg, festival perbelanjaan Surabaya dan pasar malam Toenjungan. Anda bisa bayangkan betapa meriahnya kota ini.

  • Fasilitas Dan Layanan Publik Yang Keren

Kota Surabaya, yang mana kota ini terdapat fasilitas dan layanan publik yang sangat keren yang tentu bisa memuaskan semua penghuninya. Hampir semua fasilitas umum di Surabaya dioperasikan secara online, sehingga penghuni tidak perlu akses ke layanan publik.

Selain itu, fasilitas layanan sangat mudah bagi mereka yang membutuhkannya, karena ditempatkan di tempat-tempat umum. Misalnya, Anda bisa mendapatkan layanan dispenduk di mal, lalu ada layanan pembayar pajak keliling/menjemput bola.

  • Memiliki Monumen Jalesveva Jayamahe

Tidak kalah dengan New York, yang mana kota ini memiliki Patung Liberty, Surabaya sendiri memiliki monumen Jalesveve Jayamahe yang tingginya hingga 30,6 m. Monumen ini adalah kebanggaan seorang perwira tentara negara Indonesia angkatan laut dan mengingatkan kepada para leluhur.

Inilah 7 kelebihan kota Surabaya yang mungkin belum kalian ketahui. Dengan keunggulan ini, Surabaya dapat menarik banyak wisatawan. Banyak turis datang mengunjungi Kota yang dijuluki kota Pahlawan ini untuk menikmati pemandangan dan festival yang diadakan selama ulang tahun/hari jadi kota ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Surabaya. Baca juga Peta Jawa Timur atau kalian juga bisa membaca artikel kami yang lain di bawah ini, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Lainnya :