Peta Sumatera Utara

Posted on

Peta Sumatera Utara – Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia, yang dikenal atau biasa disingkat Sumut. Provinsi ini terletak di bagian utara pulau Sumatra, oleh karena itu provinsi ini disebut provinsi Sumatera Utara. Bahkan, jika Anda melihat peta Sumatra, lokasi provinsi ini bukan yang paling utara, karena provinsi paling utara dari Sumatra adalah Aceh.

Jika Anda melihat peta Sumatera Utara, Anda akan tahu bahwa Medan adalah ibu kota provinsi ini. Medan termasuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia.

Ini disebabkan oleh keragaman populasi, ras dan budaya di kota Medan. Sumatera Utara sendiri adalah wilayah yang sangat luas dan termasuk dalam provinsi yang memiliki potensi besar.

Ada banyak informasi penting tentang Sumatera Utara. Di bawah ini kami akan menyajikan informasi penting tentang lokasi dan nama kota-kota utama di Sumatera Utara. Posisi Sumatera Utara juga dapat dilihat secara astronomis dan geografis melalui peta Sumatera Utara.

Gambar Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara Lengkap

Peta Sumatera Utara Lengkap
Peta Sumatera Utara Lengkap

Peta Buta Sumatera Utara

Peta Buta Sumatera Utara
Peta Buta Sumatera Utara

Letak Sumatera Utara

Sumatera Utara jelas merupakan provinsi pulau Sumatra. Untuk menemukan bentuk provinsi ini, Anda bisa melihatnya melalui peta Sumatera Utara. Posisi provinsi Sumatera Utara yang sama dapat dilihat secara astronomis dan geografis. Berikut informasinya:

Letak Secara Astronomis

Jika Anda melihat secara astronomis, itu berarti bahwa kami mengacu pada posisi Sumatera Utara sesuai dengan garis lintang dan garis bujur. Posisi provinsi Sumatera Utara terletak pada koordinat 0ᵒ50 ‘LS – 4ᵒ40’ ‘LU dan 96ᵒ40’ ‘100’ 50 ‘BT. Secara astronomi, kondisi di provinsi Sumatera Utara sama dengan beberapa kondisi di provinsi Indonesia pada umumnya yaitu tropis.

Lokasi Geografis

Jika dilihat secara geografis, provinsi Sumatera Utara sebenarnya dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah bagian terbesar yang terletak di atas pulau Sumatra, sedangkan bagian kedua adalah pulau kecil yang disebut pulau Nias. Pulau Nias terletak di sisi barat provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera bagian utara berbatasan dengan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam bagian utara. Sementara di bagian selatan provinsi Sumatera Utara, berbatasan dengan provinsi Riau. Sisi timur dibatasi oleh Selat Malaka. Di provinsi Sumatera Utara, ada beberapa kota penting yang memiliki karakteristikyang unik.

Kota-Kota Penting Di Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi besar, jadi wajar jika provinsi ini memiliki banyak kota penting di dalamnya. Anda dapat menemukan kota-kota ini dengan mudah di peta Sumatera Utara.

Beberapa kota ini dianggap penting karena mereka memiliki kelebihan. Apa nama-nama kota penting? Berikut ulasannya:

1. Medan

Provinsi Sumatera Utara adalah ibu kota Medan, jadi wajar jika kota ini adalah kota paling vital di Sumatera Utara. Medan bahkan masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia. Kota Medan dihuni oleh banyak suku mulai dari Batak, Melayu dan berbagai suku lainnya.

Ada banyak tempat wisata penting di Medan. Beberapa tempat wisata Medan yang menarik adalah Istana Maimun, Taman Buaya Asam Kumbang, Masjid Raya dan Kebun Binatang Medan. Untuk mencapai kota Medan, Anda dapat mengambil rute udara melalui bandara Kualanamu.

2. Binjai

Binjai adalah kota yang tidak terlalu jauh dari Medan. Kota Binjai adalah kota yang terletak di sisi utara Medan. Sebagian besar penduduk Binjai adalah suku asli Melayu. Kota ini juga cukup maju dibandingkan kota-kota lain. Perkembangan yang cepat adalah karena akses yang mudah ke kota Binjai.

Di daerah Binjai Anda juga dapat menemukan tempat wisata alam. Salah satu objek wisata alam Binjai yang terkenal adalah pariwisata Palaruga. Semua tempat wisata di Binjai masih cukup alami.

3. Berastagi

Jika Anda mencari kota yang menawarkan keindahan pegunungan alami, maka Berastagi adalah tempat yang tepat. Di sini Anda bisa langsung melihat dua gunung yang berteduh di utara Sumatera.

Dua gunung itu adalah Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Berastagi adalah kota yang subur dan di kota ini juga kita akan menjumpai pemandangan yang sangat indah.

Di kota ini Anda dapat menemukan kebun sayur dan stroberi. Kota ini adalah kota wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke utara Sumatera. Daerah ini juga dikenal sebagai kota yang indah.

4. Pematang Siantar

Pematang Siantar adalah sebuah distrik di Kabupaten Simalungun. Kota ini bahkan disebut-sebut sebagai kota terbesar kedua setelah Medan. Sebagian besar penduduk Simalungun adalah orang Batak. Jadi jangan heran jika Anda menemukan banyak orang yang memiliki klan Batak di kota ini.

Kota Pematang Siantar juga memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat terkenal Siantar adalah kebun binatang. Selain itu, wilayah Siantar juga dikenal dengan perkebunan tehnya yang luas.

5. Parapat

Danau Toba adalah danau terbesar di Sumatra utara, juga termasuk dalam danau terbesar di Indonesia. Untuk menikmati Danau Toba dengan puas, Anda harus pergi ke kota Parapat. Kota Parapat adalah kota dengan keindahan alam. Sebagian besar penduduk Parapat adalah suku Batak.

Parapat dikenal sebagai kota wisata yang menghadirkan keindahan Danau Toba. Ada banyak hotel dan penginapan yang mengarah langsung ke danau. Terutama di tengah Danau Toba ada sebuah pulau bernama Pulau Samosir.

6. Tanjung Balai

Di pantai timur provinsi Sumatera Utara ada kota yang terkenal dengan produk kelautannya, kota ini disebut kota Tanjung Balai. Kota Tanjung Balai bahkan mendapat julukan kota kerang. Ini karena Tanjung Balai adalah pemasok kerang terbesar di Sumatera utara. Kota ini juga menyelenggarakan pesta kerang setiap tahun.

Sebagian besar penduduk kota Tanjung Balai adalah orang Malaysia pesisir. Kota ini adalah kota yang berbatasan langsung dengan laut Selat Malaka. Bisa dikatakan kalau Tanjung Balai adalah lumbung ikan di Sumatra utara.

7. Tebing Tinggi

Jika Anda ingin membeli berbagai suvenir dari Sumatera utara, inilah kota yang harus Anda kunjungi. Tebing Tinggi adalah kota yang sering dilewati oleh wisatawan. Apalagi jika ingin pergi ke kota Parapat. Lokasinya yang strategis menjadikan kota Tebing Tinggi sebagai kota besar di provinsi Sumatera Utara.

8. Sibolga

Laut biru dengan tema bukit hijau adalah ciri khas kota Sibolga. Kota Sibolga terkenal dengan keindahan lautnya. Sebagian besar penduduk Sibolga juga dari etnis Batak. Kota Sibolga juga berbatasan langsung dengan laut. Kota ini terkenal dengan alga-nya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Sumatera Utara Lengkap dengan batas provinsi, leta pulau Sumatera dan provinsi-provinsi yang terdapat di Sumatera. Baca juga artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: