Peta Sulawesi

Posted on

Peta Sulawesi – Sulawesi adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia dan memiliki bentuk yang unik, dengan bentuk yang mempunyai banyak tanjung dan teluk.

Sekilas jika melihat peta Sulawesi kita akan menemukan keunikan dari bentuk pulau ini yakni seperti jari manusia, berbeda dari sebagian besar bentuk pulau pada umumnya.

Sejauh ini pulau Sulawesi telah dibagi menjadi 6 (enam) provinsi oleh pemerintah Indonesia. Populasi yang hidup di pulau Sulawesi adalah sekitar 16 juta pada sensus 2005, dengan kepadatan populasi 92 jiwa / km2. Dua provinsi terbaru di Sulawesi dibentuk pada tahun 2000 & 2004.

Pulau, yang telah lama disebut Pulau Celebes, berada di tempat keempat dalam hal luas dan populasinya. Sulawesi memiliki sejarahnya sendiri, sehingga disebut pulau Sulawesi yang terkait dengan perdagangan bijih besi, berikut ulasannya.

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Gambar Peta Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Peta Sulawesi Barat

Peta Sulawesi Barat
Peta Sulawesi Barat

Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah
Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Selatan

Peta Sulawesi selatan
Peta Sulawesi selatan

Peta Sulawesi Tenggara

Peta Sulawesi Tenggara
Peta Sulawesi Tenggara

Sejarah Pulau Sulawesi

Nama Sulawesi tampaknya berasal dari bahasa pusat Sulawesi tengah, yakni Sula yang berarti nusa (pulau) dan wesi yang artinya besi. Ini merujuk pada perdagangan bijih besi hasil dari penambangan di sekitar Danau Matano di sana. Sementara Portugis pertama kali menemukan pulau yang disebut Celebes untuk menamai seluruh daratan Sulawesi.

Portugis pertama kali mendarat di pulau ini pada 1525, dianggap sebagai kepulauan karena bentuknya yang berkontraksi di berbagai bagian. Seorang pelaut asal Maluku dikirim untuk mencari emas di pulau-pulau yang diyakini memiliki potensi untuk menghasilkan emas.

Seusai nya, beberapa negara Eropa yang mana mereka datang secara berbondong-bondong untuk mendarat di sana dan melawan kerajaan penguasa Gowa pada waktu itu.

Pada 1669, Laksamana Speelman memaksa kepada Sultan Hasanuddin yang merupakan penguasa pada saat itu untuk menyerahkan kontrol komersial kepada Hindia Belanda.

Kemudian tahun 1905 Sulawesi menjadi koloni Belanda hingga pendudukan Jepang setelah Perang Dunia Kedua. Pada bulan Desember 1949 Sulawesi menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS) dan pada tahun 1950 menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Geografis Pulau Sulawesi

Fakta-fakta geografis Sulawesi yaitu ialah fakta-fakta sebagaimana ditunjukkan pada peta Sulawesi yang mencakup kondisi yang sesuai dengan situasi geografis pulau ini.

Pulau Sulawesi terletak di Asia Tenggara, dengan koordinat 2 derajat 8 menit Lintang Utara (LU) dan 120 derajat 17 menit Bujur Timur (BT). Termasuk di Kepulauan Sunda Besar wilayah nusantara.

Pulau, yang menempati urutan keempat di pulau terbesar di Indonesia ini, memiliki luas 174.600 kilometer persegi. Memiliki wilayah tertinggi yakni dengan ketinggian mencapai 3.478 di atas permukaan laut, puncak tertinggi adalah di Rantemario.

Jika kalian kembali melihat peta Sulawesi maka kalian akan bisa menunjukkan beberapa daerah yang membatasi pulau terbesar keempat ini, berikut ulasan lengkapnya.

Perbatasan Pulau Sulawesi

Pulau ini memiliki bentuk yang unik karena situasi geografis nya yang faktanya memiliki banyak tanjung dan teluk. Dari peta Sulawesi dapat dilihat bahwa pulau ini memiliki tiga teluk besar, yaitu Tomoni, Bone dan Tolo. Batas-batas wilayah kepulauan Sulawesi ini sebagai berikut:

  • Utara: Berbatasan dengan Laut Sulawesi
  • Barat: Berbatasan selat Makassar
  • Selatan: Berbatasan Laut Flores
  • Tenggara: Berbatasan Laut Banda
  • Timur: Berbatasan laut Maluku

Ini adalah batas-batas pulau Sulawesi, lebih jelasnya kalian bisa melihat secara kesuluruhan dari peta Sulawesi. Dengan cara ini kalian akan dapat melihat daerah yang berbatasan dengan Sulawesi secara langsung.

Setelah kita telah mengenal atau mengetahui mengenai perbatasan Sulawesi, sekarang saatnya bagi kalian untuk mengenal wilayah di dalamnya atau provinsi-provinsi di Sulawesi.

Provinsi-Provinsi Di Sulawesi

Awalnya Sulawesi hanya terdiri dari empat provinsi saja, yaitu Sulawesi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Kemudian tahun 2000 adanya pemekaran Gorontalo yang menjadi provinsi baru di Sulawesi, kemudian tahun 2004 diikuti dengan provinsi Sulawesi Barat. Berikut ini adalah ulasan dari setiap provinsi di Pulau Sulawesi, Indonesia:

Sulawesi Barat

Salah satu provinsi baru yakni Sulawesi Barat berada di bagian barat pulau, dengan ibu kota Manuju. Ini memiliki luas permukaan 16.796,19 kilo meter persegi, dengan total populasi 1.158.336 orang yang tersebar di enam kabupaten. Penentuan wilayah Sulawesi Barat untuk menjadi provinsi yang baru terjadi pada 5 Oktober 2004.

Sulawesi Utara

Ini adalah provinsi di Sulawesi di ujung utara pulau, ribuan kota di Manado. Terdiri dari 11 kabupaten dengan 4 kota yang menjadi daerah administratif. Kaupaten btersebut diantaranya Mogndow Sleatan, Mongondow, Mongondow Utara, Mongondow Timur, Siau Tagulandang, dan Sangihe. Kemudian Talaud, Minahasa, Minahasa tenggara, Minahasa utara dan Minahasa selatan.

Selain kabupaten, memiliki beberapa kota, yaitu, kota Kotamobagu, Bitung, Tomohon, dan Tomohon. Untuk mengetahui lebih jelas kalian mencari tahu dengan membuka peta Sulawesi Utara. Sulawesi Utara memiliki potensi wisata sejarah yang besar yang merupakan bagian sejarah nasional dan juga dunia.

Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 12 kabupaten dengan 1 kota yang dapat kalian jelajahi, provinsi ini berada di bagian tengah pulau. Ibukota provinsi Sulawesi tengah adalah Palu, dengan luas 61.841,29 kilo meter persegi, dan memiliki jumlah penduduk 2.831.283 jiwa.

Provinsi ini adalah yang terbesar dari enam provinsi di Sulawesi, dengan populasi terbesar kedua. Pada masa kolonial, Sulawesi Tengah mempunyai 15 kerajaan, sehingga dijuluki 8 (delapan) kerajaan di sebelah barat dan 7 (tujuh) kerajaan di sebelah timur.

Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki ribuan kota di Makassar, yang dulunya disebut Ujung Pandang. Memiliki 12 kabupaten dengan 3 kota, posisi astronomisnya yaitu 0 derajat 12 menit Lintang Selatan (LS)-116 derajat 48 menit-22 derajat 36 menit bujur timur (BT).

Bisa kita lihat pada peta Sulawesi, yang mana provinsi ini terletak di ujung selatan pulau, dengan luas 45764,53 kilometer persegi dan dengan populasi 8.034.776 jiwa.

Sulawesi Tenggara

Bagian Sulawesi Tenggara terletak di bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ribuan kota di Kendari. Secara geografis berada di selatan khatulistiwa pada 02 derajat 45 menit-06 derajat 15 menit lintang selatan (LS) dan 120 derajat 45 menit-124 derajat 30 menit Bujur Timur (BT). Memiliki luas 38.140 kilometer persegi dengan populasi hanya 2,5 juta.

Gorontalo

Provinsi Gorontalo adalah provinsi ke-32 yang ada di Negara Indonesia, didirikan pada tanggal 5 bulan Desember tahun 2000. Provinsi ini terletak di bagian utara provinsi Sulawesi utara. Gorontalo memiliki ribuan kota di Gorontalo / Hul Gorontalo Penisula, dijuluki serambi Madinah.

Memiliki luas 12.435 kilo meter persegi memiliki 5 kabupaten dengan 1 kota di dalamnya. Kota di provinsi Gorontalo, diantaranya Bone Bolango, Boalemo, Gorontalo Utara, Gorontalo, Kota Gorontalo dan Pohuwato. Melihat peta Sulawesi, kalian dapat melihat bahwa provinsi ini menjadi yang terkecil di Sulawesi.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Sulawesi Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :