Peta Malaysia

Posted on

Peta Malaysia – Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Negara ini adalah salah satu tetangga Indonesia. Pada peta Malaysia Anda akan melihat wilayah negara Malaysia dibagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama terletak di bagian utara pulau Sumatra, sedangkan bagian kedua terletak di bagian utara pulau Kalimantan. Ibukota nasional Malaysia adalah Kuala Lumpur, pusat administrasi Malaysia. Negara Malaysia juga dikenal dengan Negara Melayu.

Ini karena mayoritas orang Malaysia adalah orang Melayu. Jika Anda melihat fakta ini, populasi Malaysia juga hampir sama dengan populasi pulau Sumatra. Negara Malaysia adalah negara federal yang tidak setara dengan Indonesia dalam bentuk republik.

Malaysia memiliki hubungan dekat dengan Indonesia. Ini karena banyak daerah di Malaysia berbatasan langsung dengan Indonesia. Posisi negara Malaysia juga dekat dengan Indonesia.

Peta Malaysia
Peta Malaysia

Gambar Peta Malaysia

Peta Malaysia
Peta Malaysia

Peta Malaysia Hitam Putih

Peta Malaysia Hitam Putih
Peta Malaysia Hitam Putih

Peta Buta Malaysia

Peta Buta Malaysia
Peta Buta Malaysia

Letak Negara Malaysia

Jika kalian mencari negara yang paling dekat dengan Indonesia, jawabannya adalah Malaysia. Di peta Malaysia, negara ini terletak di bagian utara Indonesia.

Untuk mengetahui lokasi negara Malaysia ini, Anda perlu mengetahui lokasinya secara astronomis dan geografis. Berikut ini akan disajikan informasi lokasi dari Malaysia:

1. Letak Secara Astronomis

Secara astronomis, Malaysia berada di jalur 1ᵒLU hingga 7ᵒLU dan 100ᵒBT hingga 119ᵒBT. Dari posisi astronomi ini kita dapat mengetahui apakah semua bagian wilayah Melayu berada di garis lintang utara. Malaysia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Ini karena posisinya yang tidak jauh dari melintasi garis khatulistiwa.

2. Letak Secara Geografis

Dari sudut pandang geografis, Malaysia berbatasan dengan banyak negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia, Singapura dan Brunei Darussalam. Malaysia juga berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Sulu dan Laut Sulawesi. Lokasi geografis Malaysia dibagi menjadi dua bagian.

Bagian Malaysia yang terletak di sebelah utara pulau Sumatra berhubungan langsung dengan wilayah Singapura. Sementara itu, negara Malaysia di utara pulau Kalimantan dibatasi langsung oleh Brunei Darussalam dan juga oleh Indonesia.

Posisi astronomi dan geografis Malaysia jelas memengaruhi kondisi alam lanskap di Malaysia. Kondisi bentang alam Malaysia cukup baik dan hijau. Ada banyak hutan dan perkebunan di negara ini. Di Malaysia sendiri ada banyak kota besar yang terkenal.

Kota Besar Yang Terkenal Di Malaysia

Ada beberapa kota besar terkenal di Malaysia, Anda bisa melihat kota-kota besar ini langsung di peta Malaysia. Semua kota di Malaysia memiliki karakteristik berbeda. Informasi tentang kota-kota utama negara Malaysia akan disajikan di bawah ini. Berikut adalah nama-nama kota tersebut:

1. Kuala Lumpur

Kota paling terkenal di Malaysia adalah Kuala Lumpur. Ini masuk akal karena Kuala Lumpur adalah ibu kota nasional Malaysia. Kuala Lumpur dapat dianggap sebagai pusat kota negara ini. Kota ini mengalami perkembangan pesat dibandingkan dengan kota-kota lain di Malaysia.

Sebagai kota yang indah, wajar jika Kuala Lumpur adalah tujuan utama wisatawan yang datang ke Malaysia. Semua kantor parlemen Malaysia juga berlokasi di kota Kuala Lumpur. Akses ke kota ini juga difasilitasi oleh keberadaan bandara internasional Kuala Lumpur.

2. Johor Bahru

Johor Bahru juga dikenal sebagai kota Tanjung Puteri. Kota ini adalah kota terbesar kedua di Malaysia. Johor Baru terkenal sebagai daerah yang kaya akan keanekaragaman budaya. Jika Anda ingin melihat keragaman budaya di Malaysia, maka Johor Baharu adalah tujuan utama yang baik.

Di kota ini Anda juga dapat menemukan banyak tempat wisata. Beberapa tempat wisata terkenal di Johor Baru adalah tempat bersejarah. Kota ini adalah kota yang sangat dekat dengan laut. Ini karena lokasi kota itu sebenarnya terletak di semenanjung Malaysia atau di bagian selatan Malaysia.

3. Shah Alam

Kota Shah Alam sebelumnya dikenal sebagai kota Batu Tiga. Shah Alam terkenal dengan perkebunan kelapa sawit luas yang ditemukan di wilayah ini. Ini tidak mengherankan mengingat Malaysia terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya.

Shah Alam dipimpin oleh seorang walikota. Ada banyak industri yang berkembang di kota ini. Industri yang paling maju di kota ini jelas adalah industri minyak sawit. Malaysia memberikan perhatian khusus pada kota Shah Alam. Ini karena potensi wilayah ini.

4. Subang Jaya

Subang Jaya terletak di lembah Kelang. Di Malaysia, Subang Jaya adalah kota yang berkembang sangat baik. Tentu saja perkembangan ini didorong oleh kekayaan alam yang ada di wilayah Subang Jaya. Bahkan populasi di kota ini tidak kalah padatnya dengan populasi di kota Kuala Lumpur.

Kota ini memiliki struktur yang sangat lengkap. Fasilitas dan infrastruktur untuk pendidikan dan kesehatan di kota ini cukup lengkap. Inilah yang membuat orang-orang di kota Subang Jaya mampu hidup sejahtera.

5. Alor Setar

Kota terbesar berikutnya di Malaysia adalah Alor Setar. Wilayah kota ini berada di wilayah Kedah. Alor Setar City adalah kota maju di sektor ini di Malaysia. Alor Setar adalah kota yang tidak sebesar Kuala Lumpur. Tapi bisa dikatakan kalau kota ini memiliki kontribusi besar ke Malaysia.

Kenampakan Alam Di Malaysia

Aspek alami di negara Malaysia sangat bervariasi. Malaysia adalah negara yang kaya akan bentang alam. Ada banyak penampilan alami di Malaysia. Berikut adalah beberapa fitur alam yang indah di Malaysia:

1. Gunung

Malaysia memiliki penampilan alami dalam bentuk gunung. Ada banyak gunung terkenal di Malaysia. Beberapa gunung ini antara lain Gunung Ledang, Gunung Tinggi, Gunung Jerai dan Gunung Kinabalu.

2. Sungai

Negara Malaysia juga memiliki banyak aspek alami dalam bentuk sungai. Beberapa sungai di Malaysia adalah Negeri Sembilan, Lata Kinjang dan sungai lainnya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa penampilan sungai ini hampir mirip dengan Indonesia.

3. Pantai

Malaysia juga merupakan negara yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga tidak mengherankan bahwa negara ini memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa pantai paling populer di Malaysia adalah Pantai Cahaya Bulan, Pantai Merdeka dan Pantai Morib.

Penampilan alami di Malaysia membuat negara ini menjadi negara yang makmur dan juga kaya akan keanekaragaman hayati. Malaysia adalah negara yang makmur dan juga memiliki posisi yang sangat strategis. Ini jelas membawa manfaat bagi negara.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Malaysia, Anda juga dapat langsung melihat peta Malaysia. Negara ini adalah negara hebat yang merupakan tetangga yang baik bagi Indonesia. Ada banyak kerja sama antara Malaysia dan Indonesia.

Itulah yang bisa kita pelajari bersama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Peta Malaysia. Kalian bisa mengunjungi beberapa artikel kami yang lain mengenai Peta di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Lainnya :

Related posts: