Peta Jawa Timur

Posted on

Peta Jawa Timur adalah peta di Pulau Jawa yang memiliki wilayah sangat luas. Wilayah ini meliputi bagian timur Jawa, yang dikenal dengan banyak pemandangan alamnya yang eksotis.

Bagian Barat Jawa Timur berbatasan dengan Jawa Tengah. Sebelah Timur berbatasan dengan pulau Bali, utara dan selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Wilayah Peta Jawa Timur adalah sekitar 47.922 km² dengan populasi berdasarkan sensus 2017 lebih dari 42 juta.

Ibukotanya adalah di Surabaya. Anda dapat dengan jelas melihat Peta Jawa Timur melalui peta besar yang dicetak. Selain itu, Anda juga dapat melihatnya di Google map dengan sistem zoom yang memungkinkan Anda melihat gambar geografis peta dekat dan jauh.

Peta Jawa Timur terdapat beberapa hal terkait yang menunjukkan bagaimana karakteristik peta, seperti sejarahnya, komponennya dan kota atau kabupaten yang terkenal, ada di dalamnya.

Semua hal tersebut di atas akan kita pelajari lebih dalam beserta bagian-bagiannya di artikel ini. Berikut uraian satu per satu tentang pokok-pokok pembahasan tersebut.

Peta Jawa Timur
Peta Jawa Timur

Gambar Peta jawa Timur

Peta Provinsi Jawa Timur
Peta Provinsi Jawa Timur

Peta Jawa Timur Lengkap

Peta Jawa Timur Lengkap
Peta Jawa Timur Lengkap

Peta Pulau Jawa Timur

Peta Pulau Jawa Timur

Sejarah Peta Jawa Timur

Asal-usul peta Jawa Timur mengenai pembuatan peta Jawa pertama yakni oleh Sebastian Munster pada waktu itu tahun 1540 dan kemudian ditulis oleh seseorang bernama Guillaume Testupada dalam akun nya di tahun 1555 yakni sebagai pulau terbesar. Pada waktu itu Jawa dikenal sebagai Java la Gandre.

Pada tahun 1570 Abraham Ortellius membuat peta dengan judul Indiae Orientalis salah satu yang dipetakan, yaitu pulau Jawa. Bentuk Jawa itu bulat dan tidak sepenuhnya utuh pada saat itu. Selanjutnya, pada 1580, bagian selatan Jawa diidentifikasi dan peta Jawa baru dibuat oleh Francis Drake.

Peta Jawa terus berkembang hingga Henri Chatelain pada tahun 1718 AD akhirnya mengidentifikasi deskripsi peta yang lebih rinci dan terperinci.

Pada saat itu, peta Pulau Jawa dirinci dengan nama kota, gunung, dll. Dengan cara ini, Peta Jawa Timur memiliki banyak wilayah baru yang dapat diidentifikasi bersama dengan komponen alam yang dikandungnya.

Komponen-Komponen Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur berisi beberapa komponen yang menunjukkan ciri khas Jawa Timur itu sendiri. Ketika kita membahas semua komponennya, itu akan memakan waktu lama. Untuk membuatnya lebih pendek ketika membahas beberapa komponen utama dari peta Jawa Timur di bawah ini:

1. Gunung

Jawa Timur memiliki banyak gunung yang sangat terkenal. Di bawah ini adalah nama-nama gunung dan deskripsinya:

  • a. Gunung Bromo

Gunung Bromo dikenal sebagai arus utama di kalangan anak muda dengan tantangan yang minim. Tapi jangan salah, itu sebabnya Bromo bisa dikunjungi siapa saja karena aksesibilitas nya mudah. Bromo terletak di antara kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

  • b. Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di sebelah selatan Gunung Bromo dalam jarak pendek atau berdekatan. Keistimewaan dari gunung ini adalah danau Ranu Kumbolo, yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Gunung Semeru terletak di antara Malang, Pasuruan dan Lumajang di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

  • c. Gunung Ijen

Gunung Ijen memiliki ciri khas berupa api biru yang fenomenal yang dibentuk oleh gas belerang di kawahnya. Ketinggian gunung ini adalah 2.443 meter di atas permukaan laut dan terletak di antara Banyuwangi, Situbondo.

  • d. Gunung-Gunung lainnya

Selain gunung-gunung diatas, Jawa Timur juga dikenal memiliki beberapa gunung lainnya, seperti Gunung Kawi, Gunung Raung, Gunung Lawu, Gunung Kelud, Gunung Arjuno, Gunung Ngliman, dan gunung-gunung yang kecil lainnya. Semua gunung ini tersebar di sekitar Jawa Timur dengan keindahan yang berbeda.

2. Pantai

Pantai-pantai di Jawa Timur sangat indah dan eksotis. Berikut adalah nama-nama pantai dan deskripsinya:

  • a. Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma memiliki karakteristik 7 batu besar yang megah di tepi laut dan hamparan pasir putih yang menakjubkan. Tidak heran pantai ini adalah salah satu tujuan untuk foto pre-wedding dan tempat untuk berbulan madu. Pantai Papuma ini berada di Lojejer, Kecamatan Wuluhan.

  • b. Pantai Klayar Pacitan

Bagian selatan pulau Jawa dihiasi dengan pantai yang memiliki air laut biru kehijauan dikombinasikan dengan pantai berpasir putih seperti susu. Ada banyak batu yang luar biasa dan kokoh di sepanjang pantai. Pantai ini terletak di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

  • c. Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Banyak orang yang ingin bersantai dan menikmati matahari terbenam di pantai ini. Begitu banyak orang menyebut Pantai Pulau Merah kuta Jawa Timur. Pantai ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

  • d. Pantai G Land Banyuwangi

Masih di Banyuwangi ada pantai dengan ombak 4 hingga 6 meter, yang dikenal sebagai tempat yang bagus untuk berselancar. Pantai G Land Banyuwangi ini terletak di Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

  • d. Pantai-Pantai Lainnya

Ada banyak pantai eksotis lainnya yang tidak bisa disebutkan secara individual. Beberapa di antaranya adalah Pantai Pantai Gua Cino Malang, Pantai Tiga Warna Malang, Pantai Banyu Tibo Pacitan dan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

Kota/Kabupaten Terkenal Di Jawa Timur

Membahas tentang kabupaten di provinsi Jawa Timur tentu sangat panjang. Maka dalam pembahasan ini akan kami buat lebih singkat yaitu hanya membahas kota/kabupaten yang terkenal saja, sebagai berikut :

1. Kota Surabaya

Tentu saja, semua orang tahu kota yang satu ini, yang disebut kota pahlawan. Surabaya tidak hanya sebuah kota metropolis, tetapi juga kota pendidikan, berkembang dengan baik dengan lahirnya banyak universitas berperingkat tertinggi. Kota Surabaya terletak di antara Kota Sidoarjo, Pulau Madura dan Kota Gresik

2. Kota Malang

Malang dikenal sebagai kota dengan banyak tempat wisata populer yang disebut Balekambang, Jatim Park, dan juga Batu Night Spectacular.

Suhu di kota ini relatif dingin karena dikelilingi oleh pegunungan yang terkenal. Kota Malang terletak di antara Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Pasuruan dan juga Kota Lumajang.

3. Kota Banyuwangi

Kota Banyuwangi, kota ini juga terkenal dengan pariwisata sama dengan beberapa kota yang lain. Selain itu, sejarah yang masih sangat melekat tentang kisah Damarwulan masih diingat sampai sekarang. Banyuwangi berbatasan dengan Kota Jember, Kota Situbondo, dan Pulau Bali.

4. Kota Kediri

Kediri tidak kalah menarik dari kota-kota di atas, yaitu kota ini terdapat Monumen Simpang Lima Gumul, yang menyerupai Arc de Triomphe Paris . Lokasi geografis Kota Kediri adalah antara Kota Nganjuk, Kota Blitar, Kota Jombang, dan Kota Tulungagung.

5. Kota-Kota Lainnya

Ada kota-kota besar lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu, seperti Ponorogo, Sidoarjo, Mojokerto, Madiun, Sampang dan kota-kota lain.

Itulah penjelasan kami mengenai Peta Jawa Timur dan melatarbelakangi terbentuknya peta tersebut beserta komponen-komponennya. Baca artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :