Peta Jawa Barat

Posted on

Peta Jawa Barat – Kebanyakan orang di Jawa Barat tentunya pernah melihat peta Jawa Barat. Dalam Peta Jawa Barat ada titik-titik yang merupakan wilayah atau kabupaten yang berada di Jawa Barat. Seperti namanya, Provinsi Jawa Barat terletak di bagian barat pulau Jawa.

Dilihat dari peta Jawa Barat, lokasi provinsi ini dibatasi oleh Samudra Hindia di bagian selatan, di bagian utara berbatasan dengan Laut Jawa. Sementara di bagian timur berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Di sebelah barat dibatasi oleh Banten dan DKI Jakarta. Ibukota provinsi Jawa Barat terletak di kota Bandung.

Provinsi ini memiliki suhu sejuk dan segar, karena di provinsi ini banyak daerah pegunungan. Bagian tengah provinsi adalah wilayah pegunungan sedangkan wilayah pantai utara adalah dataran. Bagi Anda yang ingin mengenal provinsi ini, maka harus mengetahui sejarah Jawa Barat.

Peta Jawa Barat

Gambar Peta Jawa Barat

Peta Jawa Barat

Peta Buta Jawa Barat

Peta Buta Jawa Barat
Peta Buta Jawa Barat

Peta Provinsi Jawa Barat

Peta Provinsi Jawa Barat
Peta Provinsi Jawa Barat

Sejarah Provinsi Jawa Barat

Pada abad kelima wilayah Jawa Barat merupakan bagian dari kerajaan Tarumanegara. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peninggalan berupa prasasti yang tersebar luas di Jawa Barat. Ada tujuh prasasti yang ditulis menggunakan aksara Wengi dan bahasa Sanskerta. Dalam prasasti ini diceritakan raja Tarumanegara.

Setelah jatuhnya kerajaan Tarumanegara, kekuasaan dari ujung kulon ke sungai diperintah oleh kerajaan Sunda. Warisan dari kerajaan sonda ini adalah prasasti Kebon Kopi II tahun 932. Ibukota kerajaan Sunda sendiri adalah Pakuan Pajajaran, yang sekarang menjadi kota Bogor.

Munculnya Kesultanan Demak pada abad ke-16 menjadi saingan Kerajaan Sunda dalam hal ekonomi dan politik. Untuk mengatasinya, Sri Baduga Maharaja memerintahkan putranya Surawisesa untuk membuat perjanjian dengan Portugis di Malaka. Perjanjian tersebut bertujuan untuk mencegah runtuhnya pelabuhan utama, yaitu Sunda Kelapa.

Perjanjian itu ditandai dengan prasasti perjanjian Sunda-Portugal, yang ditandatangani pada 1512. Meskipun perjanjian dengan Portugis telah selesai tetapi implementasinya belum dilakukan.

Karena pada 1527 aliansi Cirebon – Demak di bawah kepemimpinan Fatahilah menyerang dan menaklukkan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Perang antara Kerajaan Sunda dan aliansi Cirebon-Demak berlangsung selama lima tahun. Kemudian pada 1531 sebuah perjanjian ditandatangani antara Prabu Surawisesa dan Sunan Gunungjati dari Kesultanan Cirebon.

Pada 1579 Kerajaan Sunda mengalami penurunan di bawah Kesultanan Banten. Akhirnya, Pelabuhan Sunda Kelapa jatuh ke tangan Kesultanan Banten.

Pemerintah Hindia Belanda kemudian membentuk provinsi Jawa Barat pada tahun 1925. Provinsi ini dihuni oleh penduduk yang sebagian besar berbicara bahasa Sudan. Kemudian pada 17 Agustus 1945 Provinsi Jawa Barat bersatu untuk menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Penduduk Jawa Barat

Sebagian besar provinsi Jawa Barat adalah Suku Sunda. Untuk bahasa sehari-hari, suku Sunda menggunakan bahasa Sunda. Untuk Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan menggunakan bahasa Cirebon yang mirip dengan bahasa banyumasan. Sedangkan Kota Depok dan Kota Bekasi menggunakan dialek Betawi Melayu.

Pada tahun 2003 populasi provinsi Jawa Barat adalah sekitar 37 juta. Jumlah ini sama dengan 16% dari total populasi di Indonesia. Pertumbuhan populasi di Jawa Barat sangat cepat, terutama di wilayah Jabodetabek. Provinsi ini memiliki tenaga kerja berpendidikan sekitar 15,7 juta.

Total populasi Jawa Barat pada 2018 mencapai 46.497.175 orang. Populasi tersebar di 26 wilayah / kota, 625 kabupaten dan 5.899 desa / desa. Jika Anda melihat peta Jawa Barat Anda akan tahu lokasi kabupaten dan kota di Jawa Barat. Di bawah ini adalah daftar kabupaten di provinsi Jawa Barat:

  1. Kabupaten. Bandung
  2. Kabupaten Bandung Barat
  3. Kabupaten Bekasi
  4. Kabupaten Bogor
  5. Kabupaten Ciamis
  6. Kabupaten Cianjur
  7. Kabupaten Cirebon
  8. Kabupaten Garut
  9. Kabupaten Indramayu
  10. Kabupaten Karawang
  11. Kabupaten Kuningan
  12. Kabupaten Majalengka
  13. Kabupaten Pangandaran
  14. Kabupaten Purwakarta
  15. Kabupaten Subang
  16. Kabupaten Sukabumi
  17. Kabupaten Sumedang
  18. Kabupaten Tasikmalaya

Wilayah Kota Yang ada di Provinsi Jawa Barat :

  1. Kota Bandung
  2. Kota Banjar
  3. Kota Bekasi
  4. Kota Bogor
  5. Kota Cimahi
  6. Kota Cirebon
  7. Kota Depok
  8. Kota Sukabumi

Jumlah penduduk yang paling besar yaitu di Kota Bogor yakni mencapai 4.966.621 jiwa. Untuk daerah berpenduduk paling sedikit yaitu Kota Banjar yakni hanya 192.903 jiwa. Berdasarkan jenis kelamin, provinsi ini memiliki jumlah penduduk lak-laki lebih banyak dibanding penduduk wanita.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Jawa Barat Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: