Peta Indonesia

Posted on

Peta Indonesia – Indonesia, negara ini dikenal sebagai negara dengan wilayah yang luas. Ini bisa dilihat dari peta Indonesia yang memiliki pulau lebih banyak dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan, negara maritim, negara agraris, dan banyak lainnya.

Salah satu negara di Asia Tenggara memiliki keanekaragaman dan keunikan yang berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia bahkan memilih menetap di Indonesia.

Ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi geografis Indonesia yang berbeda dengan negara lain di dunia.

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Gambar Peta Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Peta Pulau Indonesia

Peta Pulau Indonesia
Peta Pulau Indonesia

Peta Nasional Indonesia

Peta Nasional Indonesia
Peta Nasional Indonesia

Geografi Indonesia

Ibukota di Jakarta ini memiliki posisi strategis. Indonesia terletak di antara 6º LU-11º08 Lintang Selatan dan 95º BT-141º BT Timur yang memiliki luas daratan 1.922.570 km2.

Sedangkan luas perairannya 3.257.483 km2. Ini dapat dilihat dengan jelas di peta Indonesia, yang wilayahnya dikelilingi oleh lautan luas dan terletak di garis katulistiwa.

Dengan jumlah pulau yang dimiliki, atau 17.504 pulau, 6.000 pulau tidak berpenghuni. Ini karena sebagian besar penduduk tinggal di 5 pulau besar, yaitu pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Indonesia memiliki batas laut dan darat, sehingga sering terlibat dalam konflik dengan negara tetangga. Perbatasan Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Utara. Di Indonesia bagian utara, wilayah ini berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Samudra Pasifik, dan Filipina,
  2. Barat. Di sebelah barat, Indonesia dibatasi oleh Samudra Hindia dan negara bagian India.
  3. Selatan. Indonesia dibatasi oleh Samudra Hindia dan Timor Timur
  4. Timur. Di Timur, yang berbatasan dengan negara tetangga, yaitu Papua Nugini

Pembagian Administratif Indonesia

Negara-negara dengan sistem pemerintahan presidensial dan negara kesatuan dalam bentuk republik secara administratif dibagi menjadi beberapa provinsi.

Di setiap provinsi terdiri dari kabupaten dan kabupaten dibagi menjadi kecamatan sampai dengan tingkat desa. Dengan 34 provinsi dibagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota atau 7.024 daerah di tingkat kecamatan dan / atau 81.626 di tingkat desa.

Setiap provinsi memiliki gubernur provinsi dan DPRD. Kabupaten memiliki Bupati dan DPRD Kabupaten, sedangkan kota-kota, yaitu Walikota dan DPRD kota, dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan.

Di bawah ini adalah daftar nama-nama provinsi di Indonesia dan ibukota nya lengkap, sebagai berikut :

  1. Aceh (Banda Aceh)
  2. Sumatera Utara (Medan)
  3. Sumatera Barat (Padang)
  4. Riau (Pekanbaru)
  5. Kepulauan Riau (Tanjungpinang)
  6. Jambi (Jambi)
  7. Sumatera Selatan (Palembang)
  8. Kepulauan Bangka Belitung (Pangkal Pinang)
  9. Bengkulu (Bengkulu)
  10. Lampung (Bandar Lampung)
  11. DKI Jakarta (Jakarta)
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat (Bandung)
  14. Jawa Tengah (Semarang)
  15. DI Yogyakarta (Yogyakarta)
  16. Jawa Timur (Surabaya)
  17. Bali (Denpasar)
  18. Nusa Tenggara Barat (Mataram)
  19. Nusa Tenggara Timur (Kupang)
  20. Kalimantan Barat (Pontianak)
  21. Kalimantan Tengah ( Palangkaraya )
  22. Provinsi Kalimantan Selatan (Banjarmasin)
  23. Kalimantan Timur (Samarinda)
  24. Kalimantan Utara (Tanjung Selor)
  25. Sulawesi Utara (Manado)
  26. Gorontalo (Gorontalo)
  27. Sulawesi Tengah (Palu)
  28. Sulawesi Barat (Mamuju)
  29. Provinsi Sulawesi Selatan (Makassar)
  30. Sulawesi Tenggara (Kendari)
  31. Maluku (Ambon)
  32. Maluku Utara (Sofifi)
  33. Papua Barat (Manokwari)
  34. Papua (Jayapura)

Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia di atas, terdapat 5 provinsi yang memiliki status berbeda yakni adanya otonomi khusus untuk provinsi-provinsi tersebut. Provinsi-provinsi tersebut memiliki hak yang istimewa dan tingkat otonomi nya lebih tinggi dibanding dengan provinsi yang lain.

Demografi Indonesia

Indonesia, yang mana negara ini wilayah yang sangat luas serta memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Tidak heran Indonesia berada di posisi keempat dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Berdasarkan Kantor Pusat Statistik, Indonesia memiliki populasi hampir 270.054.853 juta pada tahun 2018.

Namun di antara lima pulau besar di Indonesia, Jawa adalah pulau dengan sebagian besar penduduk, terutama Jakarta, yang berpenduduk sangat padat.

Penduduk Indonesia sebagian besar adalah orang Austronesia, ada juga kelompok Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Pada akhirnya, setiap daerah di setiap pulau memiliki etnis sendiri yang membentuk identitasnya.

Di Indonesia ada beberapa agama yang diakui, termasuk Islam, Protestan, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu. Selain itu, ada juga berbagai kepercayaan penduduk Indonesia, terutama di daerah pedesaan. Sedangkan kelompok mayoritas adalah populasi Muslim.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Indonesia Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: