Peta Bandung

Posted on

Peta Bandung – Kota Bandung saat ini menjadi salah satu kota metropolitan dengan jumlah penduduk terbesar di Jawa Barat, dan kota ini juga menjadi ibukota provinsi Jawa Barat.

Jika perhatikan peta Bandung, kota ini terletak di sebelah tenggara ibukota Jakarta. Selain kota Bandung ada juga kabupaten Bandung yang ibukotanya terletak di Soreang.

Bandung terkenal karena sangat indah, dengan pemandangan sekitarnya dalam bentuk gunung. Dikenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga dan pohon yang mekar subur di Bandung.

Komposisi mayoritas penduduk Bandung adalah Sunda sebagai penduduk asli Jawa Barat, diikuti oleh orang Jawa baru dan kelompok etnis minoritas lainnya.

Kota Bandung, termasuk kota tua yang telah ada sejak zaman kolonial, di kota ini juga tercatat serangkaian peristiwa bersejarah penting mengenai kota ini. Peristiwa tingkat dunia yang penting juga terjadi di kota ini, yakni salah satunya tentang Konferensi Asia Afrika. Untuk lebih lengkapnya akan kami ulas mengenai kota Bandung mulai dari sejarah hingga kecamatan yang ada di Bandung.

Peta Bandung

Gambar Peta Bandung

Gambar Peta Bandung

Peta Bandung Lengkap

Peta Bandung Lengkap

Peta Kota Bandung

Peta Kota Bandung

Peta Buta Bandung

Peta Buta Bandung

Sejarah Singkat Bandung

Jawa Barat, sebelumnya dikenal sebagai Tanah Priangan, telah jaya sejak zaman Kerajaan Pajajaran dan Kesultanan Mataram. Kemudian pada 20 April 1641 Mataram mereorganisasi wilayah mereka dengan membentuk 4 kabupaten dan salah satunya adalah Kabupaten Bandung.

Setelah kepemimpinan Sultan Agung diberhentikan karena dia meninggal, Mataram melemah karena masalah internal dan eksternal. Itu menyebabkan kekuasaan jatuh ke tangan Republik Batavia dan semua urusan pemerintahan berada di bawah kendali mereka.

Tanggal 25 September 1810, penguasa Bandung R.A Wiranatakusumah IV membangun kota Bandung yang kemudian dijadikan sebagai ibukota Kabupaten Bandung.

Dengan rencana urban tradisional / tata kota tradisional yaitu membangun paviliun atau pendopo di sisi selatan alun-alun Bandung, yakni arahnya menghadap ke gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan masjid agung (saat ini menjadi Masjid Agung Bandung) dibangun di sebelah barat alun-alun.

Pada 1 Maret 1906, status kota Bandung diperbarui. Jadi sejak kota Bandung secara resmi dibebaskan dari kabupaten Bandung, ia tetap sebagai pemerintahan sendiri, kota Bandung.

Wilayah Bandung

Bandung terdiri dari 2 pemerintahan, kota Bandung & kabupaten Bandung. Keduanya membawahi atas beberapa kecamatan di wilayah masing-masing, yang dipimpin oleh walikota kota Bandung dan bupati untuk kabupaten Bandung.

Di bawah ini adalah penjelasan dari daerah-daerah di masing-masing wilayah Bandung yang juga dapat dilihat pada peta Bandung:

  1. Kota Bandung: Kota Bandung terdiri dari 30 kecamatan yang dipimpin Camat dan 68 kelurahan, dipimpin oleh Lurah. Ini berdasarkan peraturan No. 06/2008 dan 06/2006 dari kota Bandung. Berisi mengenai perubahan, perluasan dan penciptaan wilayah kerja kecamatan dan desa atau kelurahan kota Bandung.
  2. Kabupaten Bandung: Kabupaten Bandung bertanggung jawab atau membawahi 31 kecamatan di wilayah ini. Dengan luas mulai dari 2.322 hektar hingga luas terbesar 20.243 hektar.

Berkaitan dengan letak geografis, sejarah dan semua yang melibatkan Bandung menjadi daya tarik bagi wilayah yang satu ini. Banyak hal yang mampu menarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke Bandung, dengan menggunakan panduan peta Bandung yakni peta wisata Bandung.

Itulah kecamatan dan juga kelurahan yang terletak di dalam wilayah Bandung, untuk posisi geografisnya kalian bisa melihatnya di peta kota Bandung. Dengan melihat peta, kalian juga akan mengetahui batas-batas dari masing-masing wilayah yang berada di Bandung ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Bandung Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: