Peta Bali

Posted on

Peta Bali – Kalian pasti pernah melihat peta Bali, bukan? Pulau Bali adalah tempat yang sangat cocok dan sangat baik untuk liburan keluarga dan berbulan madu. Resor wisata ini memiliki fasilitas dan akomodasi kelas satu tingkat dunia.

Pulau, yang disebut pulau dewata ini terdapat banyak tempat wisata yang menawarkan sejuta keindahan yang harus dikunjungi. Dilihat dari peta Bali, wilayah ini menjadi salah satu pulau yang ada di Indonesia, terletak di bagian timur pulau Jawa memiliki ibukota yaitu Denpasar.

Pulau ini lebih terkenal sebagai pulau dewata yang merupakan surga tempat wisata. Ada banyak tempat wisata di Pulau Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ini adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan asing dan lokal untuk mengunjungi pulau ini.

Sebagian besar penduduk pulau Bali beragama Hindu, tetapi ada juga yang memeluk agama lain. Selain menawarkan keindahan alamnya, pulau Bali juga memiliki seni dan budaya yang berbeda. Seni dan budaya Bali sudah terkenal di pelosok dunia.

Peta Bali

Gambar Peta Bali

Gambar Peta Bali
Gambar Peta Bali

Peta Provinsi Bali

Peta Provinsi Bali
Peta Provinsi Bali

Peta Bali Lengkap

Peta Bali Lengkap
Peta Bali Lengkap

Sejarah Pulau Bali

Dari peta Bali kita dapat menemukan bahwa pulau ini adalah salah satu provinsi Indonesia yang terletak di bagian timur Jawa. Selain pulau Bali, dari peta Bali kita juga dapat melihat bahwa wilayah Provinsi Bali ini mencakup beberapa pulau kecil yang banyak tersebar di sekitar pulau Bali.

Seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Pulau-pulau kecil itu juga terkenal menjadi tempat tujuan wisatawan.

Dari peta Bali kalian dapat melihat bahwasanya pulau ini terletak di antara pula Jawa dengan dan Pulau Lombok ibu kota Denpasar. Sebagian besar penduduk pulau Bali beragama Hindu dengan kuil-kuil sebagai tempat ibadah.

Bagi dunia pulau ini terkenal sebagai tujuan wisata yang memiliki beragam keunikan dalam hal seni dan budaya. Banyak turis asing senang mengunjungi pulau ini, terutama wisatawan Australia dan Jepang.

Pulau Bali dihuni oleh orang-orang yang berasal dari negara Austria dan Taiwan sekitar 2000 SM hal ini disebabkan pernah terjadinya migrasi melintasi Asia Tenggara.

Bahasa dan budaya orang Bali terkait erat dengan orang-orang di kepulauan Filipina, Indonesia, Oseania, dan Malaysia. Alat-alat batu yang berasal dari periode itu ditemukan di sebuah desa yakni desa Cekik Barat, pulau Bali.

Kesenian Tari Bali

Bagi wisatawan, seni Bali memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Pulau para dewa ini selalu memberikan pesona bagi siapa saja yang datang mengunjunginya. Ada berbagai jenis tarian terkenal dari Bali, yaitu :

1. Tari Pendet

Awalnya tarian Pendet adalah jenis tarian kultus yang terutama dilakukan (diperagakan) di kuil-kuil. Tarian ini sebagai simbol penerimaan keturunan para dewa di alam. S

eiring dengan perkembangan seniman Bali yang mengubah tari Pendet menjadi “Ucapan selamat datang”. Tarian jenis ini dilakukan oleh anak perempuan dengan pola gerakan yang sangat dinamis.

2. Tari Panji Semirang

Ini adalah tarian unik yang menggambarkan pengembaraan seorang lelaki yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Tarian ini menceritakan tentang putri seorang raja bernama Galuh Candrakirana yang berkeliaran dengan menyamar sebagai seorang lelaki bernama Raden Panji. Tarian Panji Semirang ditarikan oleh wanita yang terlihat seperti pria.

3. Tari Condong

Jenis tarian ini memiliki durasi yang panjang dan cukup sulit untuk ditiru (ditampilkan). Tarian tradisional yakni termasuk tarian klasik Bali dengan gerakan yang terbilang rumit yang mana tarian tersbut menggambarkan hamba raja. Meskipun sangat sulit untuk di tiru, jenis tarian ini lebih disukai bagi para pecinta tari.

4. Tari Kecak

Pulau Bali tidak hanya menyajikan keindahan alamnya, tetapi berbagai budaya yang sangat menarik. Salah satunya adalah seni tari Kecak yang menggambarkan cerita-cerita pewayangan, terutama cerita Ramayana.

Tari kecak adalah bentuk seni tradisional dalam bentuk seni tari dramatis khas pulau Bali. Tarian yang satu ini pertama kali diciptakan oleh seniman Bali Wayan Limbak bersama dengan rekannya Walter Spies (pelukis Jerman) tahun 1930.

Adat Kebudayaan Bali

Kebanyakan orang Bali beragama Hindu, tetapi ini tidak berpengaruh pada komunitas lain yang menganut agama lain selain Hindu. Bahkan mereka bisa hidup berdampingan, dalam keharmonisan, saling menghormati dan kerja sama. Berikut adalah beberapa jenis upacara yang sering dilakukan oleh orang Bali:

  1. Pernikahan

Seperti daerah lain di Indonesia, Bali juga memiliki kebiasaan pernikahan. Kebiasaan ini telah diturunkan oleh nenek moyang mereka. Untuk pernikahan ini ada berbagai jenis upacara tradisional yang harus dilalui, yaitu:

  • Upacara Ngekep: upacara mempersiapkan pasangan dari remaja untuk menjadi istri dan ibu rumah tangga.
  • Masegehagung: upacara penyambutan oleh mempelai pria kepada pengantin wanita.
  • Mungkah Lawang (Buka pintu): Ada ketuk pintu pengantin wanita sebanyak 3x.
  • Mewidhi Widana: adalah penyempurnaan dari pernikahan tradisional Bali.
  • Madengen-dengen: bertujuan memurnikan atau mensucikan pasangan dari energi negatif.
  • Mejauman Ngabe Tipat Bantal: upacara perpisahan dengan keluarga mempelai wanita karena dia secara hukum keluarga besar dari suaminya.

Semua bentuk upacara pernikahan yang disebutkan di atas masih dipertahankan hinga kini. Masyarakat Bali dikenal sangat taat dan mempertahankan nilai-nilai agama. Semua ini memanifestasikan diri dalam perilaku dan perilaku sehari-hari mereka.

2. Upacara Potong Gigi

Upacara ini adalah upacara yang akan dilakukan oleh wanita dan pria yang sedang tumbuh dewasa. Untuk wanita itu ditandai dengan datangnya menstruasi sedangkan untuk pria itu ditandai oleh pembesaran pita suara.

Memotong gigi yang dilakukan yakni hanya merapikan gigi dengan cara mengikir enam gigi rahang atas dengan tujuan menghilangkan 6 sifat negatif pada seseorang.

3. Upacara Kematian

Orang-orang di pulau Bali selalu mengadakan upacara kematian ketika seorang kerabat meninggal (seseorang). Upacara kematian ini dikenal sebagai Ngaben, upacara pembakaran untuk orang-orang yang telah meninggal. Inti dari upacara Ngaben adalah untuk membawa roh orang mati (roh leluhur) kembali ke tempat asalnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Peta Bali Terlengkap. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: