Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Posted on

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat – Halo sobat sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pelajaran PKN nih sobat tentang Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat mau tau lebih lengkap marilah simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Hukum itu dibagi menjadi dua yakni hukum publik atau hukum negara dan juga hukum privat atau hukum sipil. Apa ya perbedaan dari hukum publik dan juga hukum privat ? Marilah simak penjelasannya dibawah ini.

Hukum adalah serangkaian dari sistem terpenting kepada rangkaian suatu kekuasaan negara. Tujuan hukum merupakan untuk melindungi seluruh masyarakat dari bermacam-macam resiko dari kecurangan yang sangat tidak bermanfaat.

Meliputi kecurangan didalam bidang politik contohnya pemilihan umum atau perekonomian contohnya laba rugi suatu perusahaan.

Oleh karena itulah adanya hukum yang sangat diperlukan. Yang dimana hukum mempunyai pengaruh yang sangat besar hampir semua aspek di kehidupan

Pengertian Hukum Publik dan Hukum Privat

1. Hukum Publik

Hukum publik merupakan hukum yang tugasnya mengatur hubungan antara sesama warga negara menggunakan alat–alat dari perlengkapan negara.

Hukum publik itu mengatur kepentingan–kepentingan yang jauh lebih global yakni mengatur korelasi diantara warga negara dengan negara ataupun bisa dibilang hukum yang tugasnya mengatur semua kepentingan umum.

Hukum publik itu mencakup 4 macam dari hukum yakni sebagai berikut:

Hukum Tata Negara

Hukum tata negara merupakan hukum yang tugasnya mengatur semua hal yang kaitan dengan negara. Contohnya dasar pendirian sebuah negera, pembentukan semua struktur kelembagaan, lembaga–lembaga negara, hubungan hak serta kewajiban didalam hukum, dan masih banyak yang lain lagi.

Hukum Pidana

Hukum pidana merupakan hukum yang tugasnya mengatur soal pelanggaran ataupun kejahatan tentang kepentingan umum.

Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara merupakan hukum yang tugasnya mengatur soal sejumlah tata cara dari melaksanakan tugas. Seperti dari hak dan juga kewajiban dari sejumlah kekuasaan serta alat perlengkapan dari negara.

Hukum Internasional

Ada dua hukum internasional yakni sebagai berikut

Hukum Perdata Internasional, yakni hukum yang tugasnya mengatur hukum diantara warga negara di sebuah negara bersama warga negara di negara lain yang berkaitan dengan hubungan yang sifatnya internasional.

Hukum Publik Internasional, yakni hukum yang tugasnya mengatur hubungan diantara satu negara dan negara lain didalam hubungan internasional.

2. Hukum Privat

Hukum privat merupakan hukum yang tugasnya mengatur hubungan diantara seseornag dengan individu lainnya dan menitik beratkan kepada kepentingan perorangan.

Hukum privat yang mencakup 2 macam hukum yakni sebagai berikut:

Hukum Perdata

Hukum perdata adalah serangkaian hukum yang tugasnya mengatur hubungan orang satu dengan orang yang lain dan menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan.

Hukum Dagang

Hukum dagang adalah peraturan–peraturan hukum yang hubungannya soal perdagangan.
Hukum privat lainnya merupakan Hukum Keluarga, Hukum Kekayaan, Hukum Perkawinan, dan juga Hukum Waris.

Persamaan Hukum Publik dan Hukum Privat

  1. Menjadi suatu peraturan hukum yang tugasnya mengatur tentang kehidupan manusia.
  2. Mempunyai sanksi hukum yang bisa diberlakukan untuk setiap pelanggarnya.

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Perbedaan dari hukum publik dan juga hukum privat sudah kami rangkum didalam tabel dibawah ini supaya lebih jelas dan kalian lebih bisa untuk memahaminya.

Pembeda Hukum Privat Hukum Publik
PengertianHukum privat merupakan hukum yang tugasnya mengatur hubungan sesama individu yang satu dengan individu lainnya dan menitikberatkan kepada kepentingan dari perorangan.Hukum publik merupakan hukum yang tugasnya mengatur hubungan sesama warga negara bersama negara dan juga alat–alat dari perlengkapan negara.
Materi yang dikajiCondong kepada masalah tentang hubungan pribadi.Fokus kepada masalah kemaslahatan.
Cakupan1.       Hukum dagang .
2.       Hukum perdata.
1. Hukum tata negara.
2. Hukum pidana
3. Hukum administrasi negara. .
4. Hukum internasional.
Tuntutan bagi PelanggarTuntutan yang diberikan pihak penggugat.Tuntutan itu diberikan jaksa.
Pertahanan HukumHukum privat itu dipertahankan individu dan juga pemerintah yang sifatnya pasif.Hukum publik itu dipertahankan negara dan juga pemerintah yang sifatnya aktif

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: