Pengertian,Tujuan, dan Fungsi Pancasila

Posted on

Pengertian,Tujuan, dan Fungsi Pancasila – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Pengertian,Tujuan, dan Fungsi Pancasila yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Pancasila

Sudah kita tahu semuanya bahwa pancasila adalah Dasar dari Negara kita, yakni Indonesia. Dan sepatutnya kita semua sebagai warga negara Indonesia harus mempelajari lebih kedalam soal dasar dari negara kita, mulai pengertian pancasila, tujuan pancasila, serta fungsinya pancasila.

Yang dimana pancasila sering pula dibahas dimata pelajaran PKN di sekolah. Pancasila memiliki lambang garuda serta sekaligus didalam lambang garuda itu mencerminkan semua arti dari ke-5 sila pancasila.

Asal Kata Pancasila

Etimologi dari kata “Pancasila” itu asal katanya dari bahasa Sansekerta dari kasta Brahmana yakni penggalan dari kata Panca yang artinya “Lima” serta Sila yang artinya “Dasar“. Berarti dengan secara harfiah asal kata Pancasila itu dapat diartikan yakni Lima Dasar.

Pengertian Pancasila

pengertian pancasila secara istilah

Pengertian kata pancasila Menurut Pemikiran Para Ahli sebagai berikut:

Menurut Ir Sukarno:

Bahwa pancasila merupakan isi jiwa dari Bangsa Indonesia dengan turun-temurun dari sekian abad yang lamanya itu terpendam bisu dengan kebudayaan Barat.

Dengan demikianlah, pancasila bukan saja falsafah negara, melainkan juga lebih luas yaitu falsafah Negara Indonesia.

Menurut Muhammad Yamin

Pancasila itu asal katanya dari Panca yang berarti Lima serta Sila yang berarti Sendi, Atas, Dasar ataupun peraturan dari tingkah laku yang penting dan baik.

Berarti pancasila adalah 5 dasar yang mengandung sebuah pedoman ataupun aturan yang mengenai dari tingkah laku baik serta penting.

Menurut Notonegoro:

Pancasila adalah dasar falsafah dari Bangsa Indonesia, bisa disimpulkan bahwa sanya Pancasila adalah dasar falsafah serta ideologi negara yang diharapkan bisa menjadi sebuah pandangan hidup dari Bangsa Indonesia sebagai sebuah dasar pemersatu, lambang persatuan serta kesatuan serta pertahanan Negara serta Negara Indonesia.

Tujuan Pancasila

Tujuan dari pancasila yakni sebagai berikut:

  • Menghendaki Bangsa agar religius dan taat pada Tuhan YME
  • Menjadi suatu Bangsa yang sangat adil dengan cara sosial ekonomi
  • Menjadi suatu Bangsa yang dapat menghargai HAM
  • Menghendaki menjadi Bangsa demokratis
  • Menghendaki menjadi suatu Bangsa nasionalis serta mencintai tanah air bangsa sendiri

Fungsi Pancasila

makna pancasila

1. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Fungsi pancasila yakni sebagai sebuah kepribadian dari Bangsa Indonesia yakni sebagai suatu hal yang bisa memberi corak dan khas untuk Bangsa serta menjadi sebuah pembeda dari Bangsa Indonesia dan Bangsa lain.

Diwujudkan dengan tingkah laku serta sikap mental, sehingganya ciri khas yang diimaksudkan dengan sebuah kepribadian.

2. Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Fungsi pancasila yang sebagai sebuah falsafah hidup dari bangsa yakni sebagai pemersatu untuk Bangsa Indonesia. DIkarenkan Pancasila dianggap memiliki nilai yang sangat bijaksana, adil, serta benar yang sesuai dengan yang diharapkan dapat menjadi pemersatu bagi Bangsa.

3. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Setiap Bangsa memiliki jiwanya masing-masing yang bisa disebut Volkgeish, yang artinya Jiwa suatu Bangsa ataupun Jiwa Rakyat.

Pancasila sebagai dari jiwa Negara Indonesia yang fungsinya agar Indonesia bisa hidup didalam jiwa Pancasila. Bangsa Indonesia itu lahir saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

4. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia.

Disaat Bangsa Indonesia itu melakukan Proklamasi ditanggal 17 Agustus 1945, Bangsa ini belum mempunyai UUD Negara secaa tertulis, untuk itu PPKI di tanggal 18 Agustus 1945 itu mengesahkan pembukaan serta batang tubuh dari Undang Undang Dasar 1945 yang adalah berdasarkan dari pancasila.

5. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Fungsi pancasila yang sebagai sumber dari semua sumber hukum yakni yang mengatur semua hukum yang pada saat ini berlaku pada Negara Indonesia. Semuanya hukum harus taat serta menjadikan Pancasila itu sebagai dari sumbernya.

Artinya semua hukum yang pada saat ini berlaku tidak bisa bertentangan dari Pancasila. Jadi semua sila-sila yang berada di Pancasila merupakan nilai dasar, yang sedangkan hukum merupakan nilai instrumental ataupun penjabaran dari sila-sila pancasila.

6. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila itu berfungsi sebagai sebuah dasar agar mengatur pemerintahan dari Negara, segala sesuatu dikehidupan negara Indonesia, contohnya rakyat, pemerintah, serta wilayah.

Pancasila bisa dipakai sebagai sebuah dasar yang mengatur penyelenggaraan Negara serta kehidupan Negara yang sesuai dengan Undnag Undang Dasar 1945.

7. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Fungsi pancasila yang sebagai sebuah pandangan hidup ataupun cara pandang merupakan Bangsa Indonesia yang harus berpedoman, yang menjadikan pancasila yakni sebagai petunjuk dari kehidupan kita sehari-hari.

8. Pancasila Menjadi Falsafah Hidup Bangsa

Fungsi pancasila yang sebagai sebuah falsafah dari hidup bangsa yakni sebagai pemersatu dari Bangsa Indonesia, pancasila yang mengandung nilai-nilai suatu kepribadian yang dapat dipercayai yang paling benar, bijaksana, adil serta cocok untuk Indonesia agar mempersatukan rakyat.

9. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa pancasila sudah jelas termuat di dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945, sehingganya pancasila adalah tujuan serta cita-cita dari Bangsa Indonesia, cita-cita inilah yang menjadikan tujuan dari Bangsa, menciptakan suatu masyarakat yang adil serta makmur.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Pengertian Tujuan Fungsi Pancasila semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

Related posts: