Pengertian Seni Musik

Posted on

Pengertian Seni Musik – Sebagian besar penduduk Indonesia tentu pernah mendengarkan musik bahkan tidak sedikit orang mendengarkan musik untuk mengisi hari-harinya. Mendengarkan musik memiliki banyak keuntungan seperti menambah semangat dan bahkan hiburan.

Apalagi di Indonesia sendiri ada juga banyak orang yang menyukai seni musik. Meskipun banyak orang menyukai musik atau seni musik, orang Indonesia masih tidak mengerti banyak tentang pengertian seni musik. Untuk menemukan atau memahami apa itu seni musik, berikut adalah beberapa penjelasan tentang seni musik.

Pengertian Seni Musik
Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian musik adalah cabang seni di mana terdapat melodi, waktu, ritme, harmoni dan suara yang memainkan peran penting sebagai sarana menggambarkan perasaan pencipta.

Namun, para ahli yang juga bisa disebut sebagai seniman musik memiliki pemahaman mereka sendiri tentang seni musik. Berikut ini pemahaman tentang seni musik menurut para ahli

1. David Ewen

Menurut David Ewen, seni musik adalah ilmu yang menggabungkan ritme dan beberapa not. Bentuk instrumen dan suara dapat mencakup melodi dan harmoni. Ini adalah bentuk ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diekspresikan secara emosional.

2. Jamalus

Memahami seni musik menurut Jamalus adalah sesuatu yang dapat menghasilkan sebuah karya seni dalam bentuk suara. Dari suara dapat diubah menjadi lagu atau komposisi yang menunjukkan pikiran dan perasaan pencipta.

Hasil karya terjadi melalui elemen artistik seperti ritme, melodi, harmoni, komposisi lagu dan ekspresi secara keseluruhan.

3. Sylado

Menurut Sylado, musik adalah sesuatu yang terbentuk dari kumpulan ilusi dan suara nyanyian lagu. Untuk lebih jelasnya, Sylado menjelaskan bahwa musik dan nada yang memiliki jiwa dapat bergerak dan bahkan menggetarkan hati pendengar dan penciptanya.

4. Lexicographer

Seni musik menurut Lexicographer adalah ilmu dan seni yang dikombinasikan dengan elemen ritmis dan melodis. Selanjutnya, seni juga dipadukan dengan suara atau instrumen yang melibatkan harmoni dan melodi. Seni musik bertujuan untuk mengekspresikan segalanya, lebih khusus sesuatu yang memiliki sifat emosional.

5. Suhartjarja

Menurut sudut pandang Suhartjarja, pemahaman tentang seni musik adalah ekspresi dari rasa indah manusia dalam konsep pemikiran yang kompleks.

Pikiran ini adalah bentuk nada dan suara yang mengandung harmoni dan ritme. Lebih jauh, pemikiran-pemikiran ini memiliki bentuk ruang dan waktu yang diketahui manusia di lingkungannya sehingga mereka dapat dinikmati.

Unsur-Unsur Seni Musik

Seni musik mungkin tampak indah karena di dalamnya ada unsur musik yang digabungkan. Selain itu, kehadiran unsur-unsur musik ini membuat seni musik menyenangkan bagi pendengar dan pencipta mereka.

Kombinasi elemen musik yang diatur dengan cara ini dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Unsur-unsur yang dimasukkan ke dalam seni musik antara lain

1. Melodi

Arti melodi adalah kombinasi dari sejumlah nada atau suara, yang dipilih berdasarkan perbedaan antara tinggi dan rendah dan naik dan turun.

Melodi terdiri dari nada, durasi, dan nada. Pengertian nada adalah bahwa tone dapat dihasilkan oleh berbagai alat musik dengan warna suara yang berbeda.

Durasi adalah serangkaian not yang digabungkan menjadi melodi pada waktu tertentu. Menimbang bahwa nada adalah sesuatu yang mengatur catatan dan diberi simbol alfabet A-G. Perhatikan bahwa nada tersebut sering disebut sebagai nada atau warna suara.

2. Ritme (Irama)

Pengertian irama atau ritme adalah gerakan teratur karena aksen secara teratur. Ritme atau irama akan lebih indah karena kombinasi nilai yang berbeda di unit audio. Dapat dikatakan bahwa ritme adalah ritme dasar yang mengalir secara teratur mengikuti pergerakan berbagai melodi.

Untuk mendengarkan irama lagu, dengarkan lagu berulang kali. Pola irama musik adalah kekuatan pendorong perasaan yang terkait erat dengan gerakan fisik. Ritme ini sendiri dapat melekat pada pikiran seseorang jika ia dilatih secara teratur.

3. Birama

Pengertian Birama adalah elemen seni musik dalam bentuk ketukan atau osilasi yang dilakukan berulang-ulang dan dilakukan secara teratur pada waktu yang bersamaan. Barama sendiri biasanya ditulis dalam bentuk pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.

Pembilang yang terletak di atas bilah (/) menunjukkan jumlah bilah, sedangkan penyebut yang terletak di bawah bilah (/) menunjukkan nilai catatan dalam bilah.

Untuk bar yang memiliki penyebut yang genap namanya disebut bainar, sedangkan untuk bar yang memiliki penyebut yang ganjil namanya disebut ternama.

Dalam seni musik ada 2 jenis time bar, yaitu batasan usia dan persimpangan waktu. Untuk batasan umur yang sederhana, mereka adalah 2/4 dan 2/8 batang, sedangkan untuk balok umur multi level adalah 4/4, 8/4, 4/8 dan 8/8.

Untuk bilah sinyal tiga arah 3/4 dan 3/8 tiga arah yang sederhana sedangkan tandatangan tiga arah tiga arah adalah 6/4, 6/8, 9/4 dan 9/8.

4. Harmoni

Arti harmoni adalah sesuatu yang terkait dengan harmoni yang sehat. Harmoni mencakup peran, komposisi, dan hubungan kombinasi suara dalam bentuk umumnya. Selain itu, harmoni juga memiliki elemen, yaitu interval dan akord.

Intervalnya adalah pengaturan nada yang ketika dimainkan secara bersamaan akan terdengar sangat harmonis. Sementara akor akan mengiringi melodi lagu sebagai aktivitas dan nantinya lagu itu akan enak didengar.

5. Tempo

Arti tempo adalah sesuatu yang berhubungan dengan kecepatan musik atau lagu. Waktu juga dapat diartikan sebagai ukuran kecepatan bar dalam sebuah lagu. Jika pemutaran lagu semakin cepat, nilai tempo pada lagu juga semakin besar.

Waktu itu sendiri dibagi menjadi 4 jenis yaitu waktu lambat (lebar, lambat, lambat, berat), tempo sedang (andante – Andantino – allegro moderato – moderato), tempo perubahan (rit, rittad, accel, string), tempo cepat (allegro – presto – vivace – allegreto)

6. Tangga Nada

Unsur seni musik ini memiliki pemahaman yaitu urutan atau rangkaian nada yang tersusun secara bertahap dan antara nada dengan nada lainnya pada jarak tertentu.

Jarak nada ini sangat bervariasi, yaitu ada jarak 1/2, 1, 1 1/2 dan 2. Selanjutnya jarak ini akan menentukan variasi nada dan skala.

7. Timbre

Arti timbre adalah kualitas suara atau warna suara yang akan memberi kesan. Warna nada pada alat musik dipengaruhi oleh sumber suara dan bagaimana suara itu bergetar.

Perlu diingat bahwa timbre yang dihasilkan oleh instrumen angin akan berbeda dari timbre yang di hasilkan oleh instrumen senar. Meski pun kedua instrumen ini terdengar atau memainkan nada yang sama.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Seni Musik. Semoga dengan adanya artikel yang kami buat ini bisa menambah wawasan kita semua dalam memahami pengertian dan unsur unsur lainnya yang ada pada seni musik.

Artikel Terkait :

Related posts: