Pengertian Seni Budaya

Posted on

Pengertian Seni Budaya – Kehidupan manusia tidak lepas dari nama seni dan budaya. Sejak zaman kuno, seni dan budaya ini telah ada sedemikian rupa sehingga seni dan budaya ini dipersatukan dalam komunitas atau masyarakat.

Pengertian seni budaya dapat diartikan dari berbagai sisi, khususnya dari segi pendapat ahli dan secara umum. Sehingga nantinya kita dapat memahami atau mengetahui apa seni dan budaya itu.

Di bawah ini akan kami sajikan pengertian seni budaya menurut para ahli dan secara umum beserta fungsi dan contoh seni budaya. Untuk itu langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Seni Budaya
Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, seni berarti suatu bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak menyimpang dari kenyataan. Selain itu, seni juga diartikan sebagai suatu untuk meniru alam.

Istilah seni juga bisa diartikan sebagai keindahan yang bisa menggeser perasaan seseorang untuk melihatnya. Berikut ini adalah pengertian seni budaya menurut para ahli:

  • Hillary Bel

Berdasarkan pendapat Hillary Bel, seni ialah istilah yang digunakan dalam semua karya yang dapat menggerakkan hati orang yang melihatnya. Seni juga merupakan cara untuk menemukan siapa pencipta seni itu.

  • Sudarmiji

Sudarmiji mendefinisikan seni yakni sebuah manifestasi batin dan pengalaman estetika terhadap beberapa media. Media dalam bentuk garis, tekstur, area, warna, volume dan gelap terang.

  • Andreas Eppink

Andreas Eppink berpendapat bahwa budaya adalah pernyataan artistik dan intelektual sebagai ciri khas masyarakat.

  • C. Kliucckhohn

Budaya menurut C. Kliucckhohn berarti sistem peralatan dan teknologi, pengetahuan, mata pencaharian, seni, organisasi sosial, bahasa, upacara keagamaan atau religi.

  • Edward Burnett Tylor

Menurut Edward Burnett Tylor, budaya artinya ansambel kompleks yang berisi berbagai aspek yang berkenaan dengan masyarakat.

Pengertian Seni Budaya Secara Umum

Adapun istilah secara umum, seni didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan. Seni juga mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sana yang dalam bahasa Sansekerta berarti persembahan, ibadah dan layanan yang berkaitan dengan upacara keagamaan.

Sedangkan pengertian budaya adalah cara hidup yang berkembang bersama dalam sekelompok orang dari generasi ke generasi. Budaya ini terdiri dari berbagai elemen sulit yang mencakup berbagai aspek yang dekat dengan masyarakat.

Dalam bahasa Sanskerta, budaya / buddhaya berarti pertanyaan yang berkaitan dengan akal manusia. Buddhayah adalah bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.

Dengan demikian, ketika disatukan, gagasan seni budaya adalah semua yang dibuat manusia tentang cara hidup yang berkembang dalam suatu kelompok. Yang memiliki unsur keindahan dari generasi ke generasi.

Fungsi Seni Budaya

Setelah mengetahui beberapa definisi seni dan budaya, penting juga untuk mengetahui fungsi seni dan budaya. Sehingga nantinya orang bisa menghargai seni budaya dengan cara yang benar. Fungsi seni dan budaya dapat dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetika.

Yang dimaksud dengan fungsi praktis adalah fungsi karya seni yang terhubung dengan kepuasan kebutuhan manusia secara fungsional. Seperti kursi dan meja yang dibuat oleh orang-orang Jepara. Selain menyenangkan mata, seni budaya ini juga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Selain itu, ada juga fungsi estetika. Fungsi estetika ini adalah fungsi seni yang dikaitkan dengan kepuasan kebutuhan manusia dalam hal dekorasi. Misalnya lukisan, patung dan lain-lain. Terkadang karya seni budaya ini juga digunakan untuk ritual keagamaan.

Contoh Seni Budaya

Keberadaan seni dan budaya atau seni budaya ini dari generasi ke generasi benar-benar tidak ada habisnya. Seni dan budaya itu sendiri juga memiliki banyak contoh yang sering ditemukan di masyarakat. Berikut ini adalah contoh seni dan budaya:

1. Seni Tari

Salah satu seni budaya yang masih berkembang di masyarakat saat ini adalah tarian atau seni tari. Tentu saja, beberapa penonton sering menyaksikan pertunjukan tarian, dan ada juga yang meragakan seni tari ini.

Seni tari ini dilakukan untuk mengekspresikan gerakan yang memiliki tujuan untuk berbagai kebutuhan, seperti dakwah, ritual, penyambutan tamu dan lain-lain. Dari zaman kuno hingga sekarang, seni tari ini memiliki banyak variasi mulai dari tarian tradisional hingga tarian modern.

2. Seni Rupa

Seni adalah contoh seni yang dibuat dengan media yang dapat ditangkap dari pandangan dan dapat dirasakan dengan sentuhan. Penciptaan karya seni menguraikan konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna dan sebagainya dengan referensi estetika.

Bentuk seni dibagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan. Seni ini dapat dicontohkan dalam lukisan, patung, fotografi, film dan lainnya. Sedangkan seni terapan bisa dicontohkan seperti pada fungsi seni dan budaya yang disebutkan di atas.

3. Seni Musik

Seni musik adalah contoh seni budaya yang memang sulit dan mungkin tidak akan bisa dipisahkan dari masyarakat. Arti musik adalah cabang seni yang berfokus pada penggunaan melodi, ritme, waktu, harmoni dan instrumen lainnya. Seni musik berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan penciptanya dan dapat meningkat dan berubah seiring waktu.

Berbagai jenis musik seni dapat dibagi menjadi musik klasik, musik tradisional dan musik populer. Pemirsa saat ini sering mendengarkan musik populer karena musik populer mudah didengarkan dan dapat didengar oleh siapa pun.

4. Seni Teater

Berdasarkan pemahamannya, seni teater adalah seni performatif yang dipamerkan di atas panggung. Secara penuh, seni teater adalah seni yang menunjukkan gerakan manusia yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting para pemain.

Bahkan seni teater sering ditemukan di masyarakat, sehingga banyak orang melakukan pertunjukan teater di Indonesia. Namun, seni ini kurang diminati masyarakat luas. Sehingga hanya sebagian orang yang melihat seni teater.

5. Seni Kriya

Seni kerajinan dapat diartikan sebagai seni yang dibuat menggunakan tangan dan memperhatikan berbagai aspek seni dan fungsi. Perkembangan zaman, seni kerajinan itu sendiri identik dengan kerajinan seni. Perahu ini sudah ada sejak zaman kuno.

Contoh dari seni pengerjaan itu sendiri adalah seni kayu, kain, logam, keramik, batu, kulit dan lainnya. Batik juga merupakan contoh pengerjaan asli Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Seni Tari. Kalian bisa mempelajari mengenai Seni-Seni yang lainnya yang telah kami buat. Silakan untuk di kunjungi dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Related posts: