Pengertian, Ciri, Unsur dan Jenis Hukum

Posted on

Pengertian, Ciri, Unsur dan Jenis Hukum – Halo sobat sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pelajaran PKN nih sobat tentang Pengertian, Ciri, Unsur dan Jenis Hukum mau tau lebih lengkap marilah simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian, Ciri, Unsur dan Jenis Hukum

Hukum menjadi sebuah keharusan untuk kehidupan bangsa serta negara, dikarenakan hukum menciptakan sebuah ketertiban serta keadilan didalam kehidupan bermasyarakat. Hukum akan mengatur sebagian tingkah laku manusia sehingganya dia tak berbuat sesuka atau sewenang-wenang dan tidak lah merugikan hak orang lain.

Pengertian hukum yang secara umum akan kami jelaskan beserta pula ciri-ciri hukum, unsur, dan juga beserta jenis hukum. Dengan adanya hukum kemungkinan kejahatan itu akan berkurang, selain itu juga hukum bisa mencegah kekuasaan yang otoriter yang dimana penguasa itu bersikap dengan sewenang-wenang.

Hukum pula bisa melindungi setiap hak warga negara, untuk itu juga negara haruslah dilandasi dengan sebuah hukum.

Pengertian Hukum

Ada bermacam-macam pendapat para ahli soal pengertian hukum, tapi disini kita akan membahas pengertian yang secara umum saja.

pengertian hukum

Hukum merupakan sistem yang sudah ditetapkan oleh semua lembaga berwenang yang berguna untuk membatasi semua tingkah laku setiap manusia, yang isinya perintah ataupun larangan untuk melaksanakan sesuatu.

Tugas hukum yakni untuk menjadi sebuah kepastian hukum didalam masyarakat. Masyarakat yang berhak mendapat sebuah pembelaan di depan hadapan hukum sehingga hukum dapat diartikan, peraturan tertulis serta peraturan yang tidak tertulis yang sudah mengatur semua tingkah laku kehidupan yang ada di masyarakat serta memberikan sanksi untuk siapapun yang sudah melanggar nya.

Ciri Ciri Hukum

Ciri-Ciri hukum yakni sebagai berikut:

  • Peraturan dimonitor dengan badan yang berwenang
  • Perintah serta larangan yang harus dipatuhi oleh setiap orang
  • Sanksi yang tegas kepada para pelanggar
  • Peraturan yang mengenai tentang perilaku manusia didalam masyarakat
  • Peraturan yang sifatnya memaksa
  • Berisi larangan atau perintah kepada sesuatu

Unsur Unsur Hukum

Dikarenakan terdapat bermacam-macam pengertian soal hukum dan belum ada satupun yang definisi hukum yang dapat diterima oleh semua orang maka dari itu setidaknya pengertian dari hukum haruslah mempunyai unsur-unsur berikut ini:

  • Hukum akan selalu mengatur tingkah laku dari manusia, berisi perintah serta larangan kepada sesuatu yang tujuannya tak merugikan sebuah kepentingan umum serta perilaku manusia yang tak bersinggungan.
  • Hukum haruslah memiliki sanksi tegas kepada setiap pelanggarnya.
  • Peraturan hukum itu ditetapkan oleh sebuah lembaga yang berwenang. Peraturan hukum itu tidak boleh asal dibuat oleh semua orang, melainkan ada lembaga yang memiliki kewenangan yang sifatnya mengikat dengan warga negaranya.
  • Hukum memiliki sifat memaksa. Hukum itu dibuat bukan hanya untuk dilanggar tapi juga harus ditaati.

Jenis Jenis Hukum di Indonesia

Jenis hukum yang secara umum itu terbagi menjadi 2, yakni Hukum Publik serta Hukum Privat.

Hukum Pidana merupakan hukum publik yang dapat berarti mengatur hubungan setiap individu dengan masyarakat serta dijalankan apabila masyarakatnya sangat lah membutuhkannya.

Pemerintah itu bertugas menjamin semua kepentingan masyarakat umum yang adalah ciri dari hukum publik yakni sebagai berikut.

Contoh Hukum Privat atau Hukum Sipil:

1. Hukum sipil didalam artian yang luas: Hukum dagang serta Hukum Perdata.
2. Hukum sipil didalam artian yang sempit: Hukum Perdata sajalah.

Contoh Hukum Publik:

1. Hukum Administrasi Negara

Hukum ini tugasnya mengatur soal cara menjalankan hak serta kewajiban atas kekuasaan alat-alat serta perlengkapan Negara.

2. Hukum Tata Negara

Hukum ini tugasnya mengatur bentuk serta susunan negara dan juga hubungan kekuasaan diantara alat perlengkapan milik negara satu dengan yang lain dan hubungan pemda atau pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

3. Hukum Internasional (Perdata serta Publik)

Hukum Perdata Internasional merupakan hukum yang tugasnya mengatur hubungan hukum diantara warga negara yang status kewarganegaraan itu berbeda yang ada didalam hubungan yang internasional.

4. Hukum Pidana

Hukum pidana tugasnya mengatur perbuatan yang sudah dilarang dan memberikan pidana untuk semua orang-orang yang sudah melanggar hukum. Selain itu juga hukum ini mengatur juga pada saat pengajuan perkara kepada pengadilan. Tapi Logemann serta Paul Schlten itu berpikir bahwa sanya hukum pidana tak termasuk dari hukum publik.

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: