Gambar Mewarnai Rumah

Posted on

Mewarnai Rumah – Mewarnai merupakan kebiasaan anak kecil, walaupun hasilnya tidak bagus dan juga tidak beraturan. Mewarnai bukan anak-anak saja yang pantas tapi orang dewasa pun masih begitu pantas.

Berikut ini akan kami bahas gambar gambar mewarnai rumah untuk anak tk, paud, dan sd baik gambar rumah yang telah diwarnai maupun yang belum diwarnai.

Biasanya anak-anak mewarnai gambar seperti mobil, rumah, karakter kartun, hewan dan masih banyak yang lainnya. Biasanya, mewarnai gambar rumah yang banyak digemari anak-anak.

Masih bingung untuk mengajarinya? Yuk langsung simak tips dan cara yang ada di bawah.

Langkah Yang Dilakukan Sebelum Mewarnai Gambar

mewarnai rumah

Sebelum kalian memulai untuk mewarnai ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut antara lain, yaitu:

1.  Fokus Pada Objek atau Gambar Aslinya

Perhatikan objek aslinya, kemudian buatlah objek tersebut menjadi gambar. Contohnya saja akan mewarnai rumah, maka fokuskan lah bukan hanya bentuk rumahnya saja, tapi fokuslah pada bagian yang lainnya. Seperti penghias ataupun penglengkapnya seperti pintu dengan penghiasnya seperti gagang pintu dan juga relief pada pintu dan diusahakan penghias itu mirip dengan objek nyatanya.

2.  Membuat Sketsa Gambar

Sebelum kalian mewarnai gambar rumah tersebut menggunakan pensil warna ataupun crayon, lebih baik kalian membuat sketsa nya terebih dahulu agar mempermudah kaian mewarnainya.

Kalian membuat sketsa bisa menggunakan pensil 2B atau HB atau bisa dengan merek lain. Yaitu dengan membuat garis atau goresan yang tipis

Sebagai awal yang guna sebagai dasar untuk gambar yang sesungguhnya. Janganlah kalian menekan pensilnya dengan keras, karena nantinya garis itu akan ditimpah dengan warna crayon ataupun pensil warna, apabila kalian menekan garis nya dengan keras itu akan menimbulkan lekukan atau bekas garis walaupun garis atau goresan itu sudah ditimpa dengan warna.

Cara Mewarnai Gambar Rumah

mewarnai rumah

Setelah sudah mengikuti langkah tersebut. Selanjutnya yaitu teknik atau cara sederhana untuk mewarnai gambar rumah dengan menggunakan crayon.

Sebenarnya dasar atau pun caranya hampir sama dengan kita mewarnai dengan memakai pensil warna, perbedaannya hanya lah pada teksturmya dan tools nya saja. Dan inilah cara sederhana mewarnai gambar rumah dengan menggunakan crayon.

1.  Blocking

Cara yang pertama yaitau blocking. Blocking merupakan teknik yang populer dalam hal mewarnai memakai crayon. Caranya yaitu dengan memblok pada bidang gambar dengan memakai warna tertentu lalu menyapu atau menggoreskannya secara halus.

Contohnya saja kalian ingin mewarnai sebuah atap, dan untuk mewarnainya kalian bisa memakai coklat muda untuk memblok atap tersebut.

2.  Gradasi

Setelah blocking selesai, langkah yang selanjutnya yaitu dengan menambahkan pada bagian yang sudah di block tadi dengan warna yang lain dan juga bertingkat.

contohnya saja, melapisi atau menambahkan warna atap tersebut dengan memakai coklat tua. Dan pada intinya yaitu membuat pintunya berefek gelap terang dan juga bagus.

Teknik ini biasa nya dilakukan dengan mendahulukannya warna yang cendrung gelap terlebih dahulu lalu mentrasisikannya ke warna yang cendrung lebih muda.

3.  Mixing/Pencampuran

Teknik ini biasa dilakukan demi menghasilkan warna yang lebih bagus lagi. Teknik percampuran atau mixing ada dua yang bisa kalian coba. Pertama yaitu teknik goresan circular dan yang kedua goresan linear. Goresan linear pada umumnya yaitu digunakan pada saat mewarnai gambar angkasa atau langit.

4.  Finishing

Langkah akhir pada tahap mewarnai rumah dengan krayon yaitu finishing. Yang dimana teknik ini digunakan sebagai penghalussan warna pada bagian yang masih kurang bagus atau kurang sempurna.

Pada bagian ini lah kalian bisa menambahkan pelengkap agar gambar kalian menjadi lebih sempurna.

5.  Scrabbing/Pengerokan

Tahap ini adalah tahap tambahan. Scrabbing merupakan mengerok warna pada bagian-bagian tertentu dari gambar tersebut dengan menggunakan scrabber sebagai penyempurnaan nya.

Sebenarnya pada tahap yang ke-4 mewarnai sudah dapat dikatakan selesai. Tetapi gambar-gambar tertentu perlu menggunakan tahap scrabbing atau penggerokan ini.

Contoh Gambar Mewarnai Rumah

Di bawah ini akan kami berikan contoh gambar yang belum diwarnai diantaranya rumah adat, sakit, mewah, dan lain lain.

1. Gambar Rumah Mewah

mewarnai rumah mewah

2. Gambar Mewarnai Rumah Adat

mewarnai rumah adat

3. Gambar Mewarnai Rumah Sakit

mewarnai rumah sakit

4. Gambar Rumah Lain-lain

mewarnai rumah lain
mewarnai rumah lain2
mewarnai rumah lain

Karya Mewarnai Gambar Rumah

hasil mewarnai gambar rumah mewah
hasil mewarnai gambar rumah adat
hasil mewarnai gambar rumah

Sepertinya, mewarnai adalah hal begitu mudah. Tapi banyak kalangan yang meremehkan bahwa gampang hal mewarnai itu. Nyatanya, banyak sekali teknik mewarnai agar kita bisa mendapatkan hasil gambar yang bagus dan juga menarik.

Contohnya saja mewarnai rumah, tidak hanya membuat sketsa dan kemudian diberi warna asal-asalan. Tapi teknik mewarnai juga harus diterapkan agar mendapatkan hasil karya yang menarik.

Dan itulah pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam hal mempelajari cara mewarnai.

Baca Juga :