Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Posted on

Latar Belakang Berdirinya ASEAN – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana kali ini kami akan membahas soal Latar Belakang Berdirinya ASEAN yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Dikarenakan kita hidup pada kawasan asia tenggara sebaiknya kita juga tau latar belakang dari berdirinya asean yang adalah salah satu dari organisasi yang terpenting di kawasan Asia Tenggara.

Didirikannya ASEAN memiliki tujuan di dalam bidang keamanan, ekonomi, serta kerjasama yang lainnya kepada anggota-anggotanya.

Dibawah ini saya akan menjelaskan pengertian, latar belakang berdirinya, tujuan, tokoh-tokohnya, serta arti dari lambangnya.Nah kalian penasarna yuk langsung aja simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian ASEAN

latar belakang berdirinya asean brainly

ASEAN merupakan organisasi geo-politik serta ekonomi dari negara-negara pada kawasan di Asia Tenggara. Didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 yang berdasarkan dari Deklarasi Bangkok dengan 5 Negara yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, serta Thailand.

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

berikut merupakan latar belakang berdirinya asean kecuali tujuan berdirinya asean

Berdirinya organisasi ASEAN yang dilatar belakangi dari beberapa persamaan yang dipunyai oleh negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

Persamaan-persamaan itu antara lain yakni sebagai berikut:

  1. Persamaan Letak Geografis.
  2. Persamaan Dasar Kebudayaan.
  3. Persamaan Suatu Nasib.
  4. Persamaan Kepentingan pada Berbagai Bidang.

Penjelasannya soal latar belakang yang diatas:

1. Persamaan Letak Geografis

Semua dari negara pada kawasan Asia Tenggara itu terletak pada 2 benua yakni Benua Asia serta Benua Australia. Serta berada pada 2 samudera yakni Samudra Hindia serta Samudra Pasifik.

2.Persamaan Dasar Kebudayaan

Pada kawasan Asia Tenggara, semua negara memiliki dasar kebudayaan, tata kehidupan, bahasa, serta pergaulan hampir juga serupa. Wajar saja, dikarenakan semua negara pada umumnya itu menjadi pewaris dari peradaban suatu rumpun Melayu yakni Austronesia.

3. Persamaan Nasib

Negara yang ada di Asia Tenggara sudah pernah dijajah bangsa Barat, kecuali negara Thailand. Karena hal inilah yang bisa memunculkan sebuah rasa “setia kawan” pada negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

4. Persamaan Kepentingan di Berbagai Bidang

Adanya suatu kepentingan pada berbagai bidang contohnya saja bidang ekonomi, keamanan, sosial budaya, politik yang menjadi dari latar belakang berdirinya organisasi ASEAN. Tempatnya menjadi suatu pintu gerbang perdagangan di dunia juga ada di Asia Tenggara, yakni Selat Mala serta Selat Sunda.

Tujuan ASEAN

apa sajakah latar belakang didirikannya organisasi asean tujuan asean

Pada Deklarasi Bangkok di tanggal 8 Agustus tahun 1967, lahirlah suatu tujuan ASEAN yakni sebagai berikut:

  • Mempercepat suatu pertumbuhan, kemajuan sosial serta pertumbuhan kebudayaan pada kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara sebuah perdamaian serta stabilitas yang menjunjung tinggi hukum serta hubungan Negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.
  • Meningkatkan semua kerja sama yang sangat aktif serta saling menolong didalam bidang sosial, ekonomi, budaya, teknologi serta administrasi.
  • Saling membagikan sebuah bantuan didalam bidang fasilitas untuk pelatihan serta penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik, serta administrasi.
  • Bekerja sama yang jauh lebih efektif agar menggapai daya berguna lebih besar pada bidang industri, pertanian, serta perkembangan perdagangan. Di dalamnya pula sudah termasuk sebuah pendalaman di dalam suatu hal dari perdagangan komoditi berskala internasional, perbaikan pengangkutan serta fasilitas komunikasi yang plus meningkatkan dari taraf hidup pada rakyatnya.
  • Meningkatkan untuk pendalaman soal masalah-masalah pada kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara sebuah kerja sama yang sangat erat serta bermanfaat untuk berbagai organisasi berskla internasional serta regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan agar menjalin sebuah kerja sama.

Tokoh-Tokoh Pendiri ASEAN

jelaskan latar belakang dan tujuan didirikannya oki dan asean

Sepertinya telah disinggung diatas bahwa sanya terdapat 5 negara yang mendirikan organisasi ASEAN. Nah kelima dari negara ini diwakili dengan menteri luar negeri serta masing-masing dari negaranya, yakni sebagai berikut:

  1. Adam Malik, wakil dari negara Indonesia.
  2. Tun Abdul Razak, wakil dari negara Malaysia.
  3. Sinnathamby Rajaratnam, wakil dari negara Singapura.
  4. Thanat Khoman, wakil dari negara Thailand.
  5. Narsisco Ramos, wakil dari negara Filipina.

Pada tanggal 8 Agustus 1967, 5 menteri luar negeri itu menandatangani sebuah kesepakatan yang juga dikenal Deklarasi Bangkok. Sejak dari saat itulah berdiri organisasi ASEAN serta pembukaan dari calon anggota yang baru.

Diluar dari kelima negara yang diatas, Brunei Darussalam yang menjadi negara pertama kali masuk menjadi bagian dari anggota ASEAN di tanggal 7 Januari tahun 1987 .

Lalu disusul oleh Vietnam pada tanggal 28 Juli tahun 1995 yang menjadi anggota ke-7. Kemudian Laos serta Myanmar menjadi bagian dari anggota ASEAN yang ke-8 serta yang kesembilan pada tanggal 23 Juli tahun 1997, disusul dengan Kamboja di tanggal 16 Desember tahun 1998.

Arti Lambang ASEAN

jelaskan latar belakang berdirinya pbb dan asean

Secara umumnya lambang dari ASEAN memiliki artian yakni sebagai berikut:

  • Melambangkan suatu solidaritas, maksudnya yakni keterikatan serta kesepakatan kerja sama agar kemakmuran rakyat pada Negara-Negara anggota Asean.
  • Melambangkan suatu kesetiaan ASEAN untuk perdamaian serta stabilitas kawasan secara khususnya, serta juga secara mendunia.

Arti dari Bagian-Bagian dari Lambang ASEAN:

  • Batang padi yang tegak dan jumlahnya sepuluh biji itu melambangkan jumlah dari anggota ASEAN. Yang awalnya itu berjumlah 5 negara.
  • Batang padi yang berwarna coklat, melambangkan sebuah kekuatan serta stabilitas ASEAN.
  • Lingkaran keliling serta tulisan ASEAN yang berwarna biru itu melambangkan sebuah persahabatan.
  • Warna dasar kuning itu melambangkan sebuah kemakmuran.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Latar Belakang Berdirinya ASEAN semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

Related posts: