Kelompok Sosial

Posted on

Kelompok Sosial – Halo sobat pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Kelompok Sosial. Dari pada penasaran yuk langsung simak penjelasannya.

kelompok sosial

Sekolah pasti mengajarkan kita segala ilmu pengetahuan yang pasti membekali kehidupan kita untuk masa depan. Salah satu nya yakni ilmu sosial ataupun pengetahuan sosial. Pada mata pelajaran ini pastinya kita akan diajarkan memahami dalam segala hal yang bersangkutan dengan hal kelompok sosial. Materi ini adalah salah satu materi yang penting dikarenakan sangat berkaitan erat pada kehidupan sehari-hari.

PENGERTIAN KELOMPOK SOSIAL

Kita masing-masing merupakan makhluk individu. Tapi kita pula adalah makhluk sosial. Sebelum kita melanjutkan pembahasan yang mengenai kelompok sosial, kita juga perlu utnuk memahami pengertian makhluk sosial. Kita yakni sebagai makhluk sosial, kita harus selalu membutuhkan sebuah komunikasi dan juga hubungan pada individu-individu yang lainnya yang ada di sekitar kita.

Kebutuhan dari individu lain itu pasti menghasilkan interaksi dengan orang-orang lain. Interaksi-interaksi itu lalu membentuk sebuah kelompok sosial. Setiap kelompok sosial itu biasanya terbentuk dikarenkan individu-individu yang sudah tergabung pada yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama. Tujuan dan juga kepentingan yang sama itu lah yang mempererat sebuah hubungan individu pada satu kelompok.

Kelompok sosial iru yang berarti sekumpulan dari individu yang memiliki suatu pola perilaku sama dan juga saling berinteraksi ataupun saling berhubungan satu dengan lain. Dan demikian pada individu-individu itu pasti timbul sebuah hubungan yang erat dan juga perasaan yang sama. Hubungan itu dihasilkan pada setiap kelompok sosial itu biasanya itu bersifat timbal balik.

pengertian kelompok sosial

Dalam suatu kelompok sosial, dikarenakan semua anggota mempunyai sebuah kesamaan tujuan dan juga kepentingan, kesadaran dari anggota lain itu biasanya sangatlah tinggi. Mereka yang saat itu bergabung pada suatu kelompok sosial pasti akan melakukan sebuah aktivitas yang sama, perasaan dan juga interaksi yang sangat mirip. Hal ini terjadi disebabkan ingin membentuk suatu keseluruhan yang sangat teratur.

Maka, apakah kesimpulannya? Pertama, adalah suatu kumpulan terdiri antar individu. Kedua, semua individu pada satu kelompok pasti saling menolong, berinteraksi dan juga beraktivitas secara bersama-sama. Ketiga, mereka pasti membangun sebuah hubungan timbal balik dan juga mempererat persatuan dan juga ketergantungan mereka pada individu lain pada kelompok itu.

Setelah kalian itu memahami pengertian yang sesungguhnya, kalian akan melihat sebuah ciri-ciri kelompok itu. Tidak semua kelompok yang ada di dunia pasti dikategorikan sebagai suatu kelompok sosial disebabkan ada sebuah persyaratan yang perlu dipenuhi agar suatu kelompok itu dapat menjadi sebuah kelompok sosial.

Ciri untuk menjadi sebuah kelompok sosial

ciri ciri kelompok sosial

Setiap anggota haruslah berperan yang aktif pada berinteraksi dengan dari anggota lain pada kelompok.

1. Partisipasi aktif

Kesadaran dari individu bahwa mereka yakni bagian dari suatu kelompok sehingga dia pasti aktif untuk berpartisipasi pada kegiatan kelompok.

2. Kesamaan yang diperoleh oleh semua anggota

Sebuah kelompok itu adalah suatu kelompok yang apabila mempunyai suatu faktor khusus pada dalamnya. Misalnya, setiap dari individu mempunyai nasib serupa ataupun kesamaan dari tujuan hidup dan juga cita-cita. Kesamaan karakter fisik ataupun ideologi politik dan juga persamaan apapun yang mempererat ikatan diantar individu dalam kelompok.

3. Mempunyai struktur organisasi

Dalam suatu kelompok sosial, terdapat suatu struktur yang tersendiri. Hal ini memungkinkan untuk setiap anggota pasti mendapatkan suatu peranan, fungsi, bahkan kedudukan yang hierarki dan juga jelas.

4. Mempunyai kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama

Ciri yang selanjutnya dari yakni adanya sebuah aktivitas yang dilakukan secara bersama dan dilakukan oleh semua anggotanya. Dan terdapat interaksi dan juga pola perilaku yang aktif semua individu yang sudah tergabung.

5. Sudah terbentuk selama jangka waktu yang sudah ditentukan

Sebuah kelompok itu tidak bisa disebut sebagai sebuah kelompok apabila baru saja terbentuk pada beberapa hari. Hubungan diantar individu dengan kelompok haruslah sudah terjalin dan juga berlangsung dalam beberapa minggu, bulan, ataupun tahun.

6. Ikatan yang begitu erat diantara anggota

Pada kelompok sosial, apabila dari seorang individu itu sudah mengalami suatu kejadian dan berdampak, perilaku individu yang lain pada kelompok yang akan terpengaruh.

7. Mempunyai sebuah peraturan dan juga norma

Karena pada sebuah kelompok sosial itu mempunyai suatu tujuan sama, pasti tercipta sebuah norma-norma atau pun peraturan. Terbentuknya sebuah norma-norma ataupun peraturan yang sangat tegas pada setiap kelompok dan bukanlah tidak ada tujuan. Seluruh norma ataupun peraturan itu haruslah dipatuhi oleh setiap individu demi tercapainya sebuah tujuan secara bersama kelompok itu serta tujuan dari pribadi.

Macam-macam kelompok sosial

Kelompok sosial itu terbagi menjadi beberapa macam bentuk. Yang pertama yakni kelompok primer dan juga sekunder.

1. Kelompok primer

Kelompok primer yakni yang begitu sederhana dengan anggotanya itu saling mengenal satu dengan yang lain dan mempunyai sebuah kerjasama yang begitu erat. Contoh dari kelompok primer yakni kelompok sepermainan dan juga keluarga. Hubungan pada kelompok ini yang bersifat akrab dan juga informal.

2. Kelompoksekunder

Terdiri beberapa orang yang mempunyai hubungan dan juga sifatnya itu biasanya yang tak berdasarkan dari pengenalan pribadi. Kelompok ini biasanya bersifat tidak langgeng.

3. Kelompok formal

Kelompok formal mempunyai sebuah aturan yang begitu tegas dan memang diciptakan dengan para anggotanya yang bertujuan mewujudkan hubungan yang begitu harmonis di setiap anggota dari kelompok. Contohnya yakni organisasi masyarakat dan juga sebuah negara.

4. Kelompok informal

Kelompok informal adalah sebuah kelompok yang tidak memiliki organisasi dan juga struktur yang begitu pasti. Banyak sekali kelompok informal itu terwujud dikarenakan berbagai dari pertemuan yang pada saat itu didasari oleh sebuah kesamaan dan juga pengalaman dan pula kepentingan. Yang sudah termasuk pada kelompok informal yakni kelompok yang sudah terdiri dari teman dekat.

Demikian lah pembahasan kali ini semoga dengan dibuatnya artikel ini dapat membantu kalian dan terima kasih telah membaca dan berkunjung.

Baca Juga Lainnya: