Diferensiasi Sosial

Posted on

Diferensiasi Sosial – Halo pembaca sekalian kembali lagi bersama kami di edin08.com yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Diferensiasi Sosial yuk simak selengkapnya dengan uraian dibawah ini.

Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial itu asalnya dari 2 kata istilah, yaitu diferensiasi yang di mana didalam Bahasa Inggris dapat disebut difference serta sosial.

Difference ataupun diferensiasi mempunyai arti berbeda ataupun perbedaan, sedangkan sosial itu dapat berarti hubungan yang berada pada masyarakat.

Sehingganya, kedua istilah ini dapat memberikan suatu pemahaman yang berbeda dimasyarakat.

Pengertian Diferensiasi Sosial

Secara Umum

Perbedaan yang didapat dari suatu proses diferensiasi sosial yakni perbedaan:

  • tidak lah berjenjang
  • tidak mempunyai kedudukan ataupun tingkatan, dan juga
  • tidak lebih unggul baik dari sebuah kelomopok dari kelompok lainnya.

Dan, dari pengertian diferensiasi sosial itu sendiri iyalah pengelompokan ataupun penggolongan masyarakat dengan cara horisontal yang dapat didasari dengan sebuah ciri-ciri yang tertentu.

Pengelompokan horisontal dapat dilatar belakangi oleh perbedaan suku bangsa, ras, klen serta agama yang biasanya disebut dengan kemajemukan sosial.

Sedangkan pengelompokan itu didasari dengan suatu perbedaan profesi dan juga jenis kelamin yang disebut juga heterogenitas sosial.

Semua warga dan masyarakatnya memiliki hak serta kewajiban yang adil dan rata.

Menurut Para Ahli

Dan pengertian diferensiasi sosial menurut sang para ahli, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Kotler serta Susanto, diferensiasi sosial yaitu suatu cara agar merangsang perbedaan yang berguna untuk membedakan penawaran dari kelompok sosial dari penawaran pesaingnya.
  • Soerjono Soekanto, diferensiasi sosial yakni ragam pekerjaan, kekuasaan dan juga prestise yang ada didalam sebuah kelompok dimasyarakat dan berberkaitan erat oleh proses interaksi.

Ciri-ciri Diferensiasi Sosial

Ciri-ciri diferensiasi sosial itu terbagi menjadi 3 macam, yakni sebagai berikut:

  • Ciri-ciri Fisik
  • Ciri-ciri Budaya
  • Ciri-ciri Sosial

Bentuk Diferensiasi Sosial

Berikut iyalah bentuk dari diferensiasi sosial yang terdapat di dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Diferensiasi Ras

Ras yakni sekelompok ataupun segelongan manusia yang sangat berbeda dengan kelompok manusia yang lainnya. Perbedaan itu bisa didasari dengan suatu ciri fisik bawaan dari ras itu.

Ciri fisik yakni dasar dari suatu pembagian ras dan meliputi ciri kualitas serta kuantitas.

Ciri kualitas itu sendiri yang meliputi: warna kulit, bentuk bibir, bentuk rmabut, dan juga bentuk dari lipatan mata.

Lalu untuk ciri dari kuantitas yakni meliputi: berat badan, bentuk badan, serta indeks kepala.

Contohnya yakni manusia purba, ataupun bentuk fisik dari suatu masyarakat Indonesia yang juga dikenal dengan nama multikutuarisme.

2. Diferensiasi Adat

Diferensiasi didalam definisi dari adat istiadat itu terbentuk dari akibat adanya sebuah kebutuhan dimasyarakat didalam hal suatu aturan, nilai dan juga norma yang berguna mengatur pola didalam perilaku bermasyarakat agar terhindar dari sebuah disintegrasi sosial.

3. Diferensiasi Pekerjaan

Keberagaman dari profesi ataupun pekerjaan itu disebut juga diferensiasi.

Profesi ataupun pekerjaan ini dapat berhubungan dengan suatu keahlian ataupun keterampilan yang khusus yang dipunyai orang seseorang inidividu.

Oleh sebab itulah, tak ada pekerjaan yang jauh Iebih baik ataupun lebih tinggi kedudukannya diantara satu pekerjaan dan pekerjaan yang lainnya.

Dikarenakan setiap orang itu menduduki suatu posisi yang ada di dalam sebuah pekerjaan yang sesuai potensi yang dipunyai individu itu.

4. Diferensiasi Umur

Diferensiasi sosial itu didasari oleh umur yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat beranggapan bahwa sanya semakin tua umur seseorang, maka semakin tinggi juga kedudukan sosial yang dia punya.

5. Diferensiasi Klan

Diferensiasi klan yakni suatu perbedaan yang didasarkan oleh keturunan, tapi yang perlu dipahamin didalam perbedaan ini. Iyalah setiap orang memiliki jalur ataupun nasib didalam kehidupannya.

Contohnya yakni: pandangan bahwa sanya individu yang asalnya dari keturunan keraton atau ningrat akan selalu menjamin kehidupan yang mulia.

6. Diferensiasi Suku

Selanjutnya terdapat diferensiasi suku yang tidak lain yaitu perbedaan diantara suku.

Suku yang satu dan suku yang lainnya sudah tentu memiliki persamaan serta pandangan yang juga sama di hubungan yang bernegara serta bermasyarakat.

Walaupun ada perbedaan pada adat yang akan dihasilkan.

Tapi perbedaan itu tidak akan memberikan sebuah sikap yang cukup berarti contohnya perpecahan pada tiap-tiap anggota di masyarakat yang menyadarinya.

7. Diferensiasi Agama

Diferensiasi agama itu terlahir disaat masyarakat didalam realitasnya itu terdiri dari suatu individu yang juga memeluk agama berbeda.

Dalam semua agama sudah tentu akan memberikan suatu arahan ataupun petunjuk kepada umatnya soal bagaimana tata cara dari hidup yang sangat baik.

Oleh kerena itulah, agama yang disini mempunyai sifat yang juga sejajar ataupun setara antara satu dengan yang lainnya.

8. Diferensiasi Gender

Diferensiasi gender yakni penggolongan sosial yang pada dasarnya itu perbedaan peran laki-laki dan juga perempuan.

Apabila kita melihat sisi gendernya, laki-laki ataupun perempuan, keduanya itu sama-sama memiliki kedudukan serta hak yang juga sama, baik itu pada segi politik, agama, dan juga segal hal yang selalu berhubungan sistem pada kehidupan didalam masyarakat.

Contohnya pada kehidupan bermasyarakat ini yakni didalam perpolitikan, dapat dikenal diantara perempuan dan juga laki-laki keduanya memiliki kedudukan itu sama.

9. Diferensiasi Budaya

Diferensiasi budaya yakni suatu perbedaan distruktur sosial budaya yang tak memberikan sebuah pandangan yang juah lebih baik diantara budaya satu dan budaya lainnya.

Didalam pandangan masyarakat, berguna menjaga suatu keseimbangan hidup dengan sosial, pandangan soal perbedaan budaya tak perlu untuk ditonjolkan dalam suatu perdebatan yang pada kiranya itu kurang bermanfaat dalam untuk melangsungkan hidup.

10. Diferensiasi Hukum

Kesimbangan yang terdapat di dalam suatu kehidupan dalam masyarakat, perlu adanya untuk memberikan suatu pemahaman bahwasannya dengan hukum masyarakat tidak mempunyai perbedaan.

Sebab semuanya memiliki kesataraan hukum yang rata dan adil.

Contoh Diferensiasi Sosial

Berikut yakni contoh diferensiasi sosial yang berada di masyarakat, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Pengelompokan pada masyarakat itu didasari dengan suatu perbedaan agama.
    Contohnya: agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan juga Kong hu chu.
  • Pengelompokan pada masyarakat Indonesia itu didasari dari perbedaan di ras.
    Contohnya: ras Mongoloid, Negroid, Kaukasoid, dan juga yang lainnya.
  • Pengelompokan masyarakat negara Indonesia itu didasari dari perbedaan suku.
    Contohnya: suku Madura, Jawa, Batak, Sunda, serta yang lainnya.
  • Pengelompokan dari masyarakat Indonesia itu didasari pada letak geografisnya.
    Contohnya pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, serta yang lainnya.
  • Pengelompokan di masyarakat pada bidang pekerjaan.
    Contohnya: pemegang saham, bos, karyawan, serta yang lainnya.

Selesai sudah pembahasan kali ini semoga dibuatnya artikel ini bisa membantu kalian dan terima kasih sudah membaca dan juga berkunjung.

Baca Juga Lainnya: