Dampak Perubahan Sosial

Posted on

Dampak perubahan sosial – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat, jelas ada berbagai jenis norma dan kebiasaan yang telah berubah menjadi budaya dalam kehidupan sosial.

Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan perlahan mulai berubah. Dampak perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia tentu mengarah pada berbagai perubahan positif dan perubahan yang berdampak negatif pada perilaku masyarakat.

Dampak Perubahan Sosial
Dampak Perubahan Sosial

Contoh Perubahan Sosial

Dampak perubahan sosial sudah sangat terasa dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, ini bisa dilihat dari banyaknya gejala yang terjadi di masyarakat, berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

1. Perubahan Sosial Kehidupan Masyarakat (Meningkatnya Teknologi)

Teknologi dan informasi yang berkembang adalah yang membawa perubahan paling signifikan dalam kehidupan masyarakat. Di bawah ini adalah perubahan yang dihasilkan oleh peningkatan teknologi untuk kehidupan masyarakat.

  • Era digital memudahkan orang untuk mendapatkan informasi.
  • Dengan peningkatan teknologi, informasi dari seluruh dunia mudah diakses oleh semua orang tanpa kecuali. Mulai dari orang tua, orang dewasa, dari remaja hingga anak-anak, juga dimungkinkan untuk dengan mudah mendapatkan berbagai jenis informasi melalui internet.
  • Dunia digital memudahkan kehidupan manusia.

2. Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi Didalam Masyarakat

Semakin luas jangkauan masyarakat dalam memperoleh informasi dan memperluas hubungan, maka ada juga perubahan yang terjadi dan mempengaruhi karakter dan budaya masyarakat itu sendiri, berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial.

  1. Cara berkomunikasi saat ini telah mengalami banyak perubahan, di mana orang lebih suka berkomunikasi melalui media sosial daripada bertemu langsung.
  2. Gaya hidup saat ini cenderung bersifat hedon atau suka menunjukkan atau memamerkan apa yang ia miliki baik dalam kehidupan nyata dan di dunia maya.
  3. Cara berpakaian yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat saat ini lebih cenderung kebarat-baratan.

Perubahan Sosial Berdasarkan Bentuknya

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat mengambil berbagai bentuk. Dilihat dari bentuknya, perubahan sosial terdiri dari empat (4) tipe. Di bawah ini adalah bentuk-bentuk perubahan sosial.

1. Berdasarkan Prosesnya

Untuk setiap perubahan jelas ada proses di dalamnya. Jika dilihat dari prosesnya, perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Evolusi – Evolusi adalah perubahan yang terjadi perlahan dan lambat di masyarakat. Pada awalnya, perubahan evolusioner terjadi dalam bentuk perubahan kecil tanpa paksaan atau tekanan. Tetapi perubahan ini terjadi secara alami dan seringkali tanpa disadari bahwa perubahan telah terbentuk.

Karena pada intinya, manusia akan beradaptasi dengan insting alami mereka untuk dapat memposisikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka. Contoh: perubahan yang terjadi dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern.

b. Revolusi – Revolusi adalah perubahan dalam kehidupan manusia yang terjadi dengan cepat dan bersifat paksaan dalam proses perubahan ini. Perubahan ini lebih lanjut tentang perubahan aturan dasar atau aturan dasar dalam kehidupan masyarakat.

Bentuk perubahan revolusioner dapat diatur dengan cara yang terencana dan umumnya membutuhkan pemimpin dalam kelompok. Contoh: revolusi dalam prosedur mengemudi di ibu kota Jakarta, yang mengharuskan pengendara dengan model ganjil dan genap untuk mengubah tanggal agar dapat melintasi jalan protokol tertentu.

2. Berdasarkan Penyebabnya

Perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, penyebab perubahan ini diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

a. Perubahan yang tidak diinginkan. Perubahan yang tidak diinginkan adalah perubahan yang terjadi secara tidak sengaja dan di luar kendali manusia.

Untuk perubahan ini, bisa berdampak yang menyebabkan masalah menjadi penghambat bagi masyarakat untuk menjalani kehidupannya.

Contoh: terjadinya bencana alam di Aceh yang menyebabkan kehancuran sebagian besar wilayah Aceh, sehingga masyarakat Aceh perlu menata kembali dan membangun kembali wilayah dan kehidupan masyarakat.

b. Perubahan yang diinginkan – Perubahan yang diinginkan terjadi karena penyebab yang diinginkan adalah perubahan yang terjadi secara sadar dan terencana.

Karena perubahan ini umumnya dibentuk dan diatur secara terencana oleh mereka yang menginginkan perubahan. Contoh: Program BPJS yang diselenggarakan oleh pemerintah.

3. Berdasarkan Pengaruhnya

Dampak perubahan sosial yang terjadi tentu akan berdampak pada kehidupan masyarakat, di sini perubahan sosial berdasarkan pengaruhnya.

a. Perubahan yang membawa efek kecil – Perubahan yang membawa pengaruh kecil adalah perubahan yang memiliki dampak kecil dan tidak menghasilkan efek yang dapat menyebabkan perubahan besar yang menyebabkan keributan dan membuat suasana tidak terkendali dalam masyarakatan. Contoh: Perubahan warna sekaligus bentuk rumah.

b. Perubahan membawa dampak besar – Perubahan-perubahan yang membawa dampak besar memiliki dampak dan pengaruh besar pada kehidupan masyarakat, yang dimaksud adalah perubahan yang dapat menyebabkan perubahan regulasi dan unsur penting yang telah ditanamkan dalam kehidupan manusia.

Contoh Dampak Perubahan Sosial

Banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan orang-orang pasti akan berdampak pada perubahan pola hidup dan karakter masyarakat itu sendiri.

Baik dampak positif dan negatif, berikut adalah beberapa deskripsi dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari perubahan sosial.

1. Dampak Positif

Perubahan sosial tentu juga memiliki dampak yang menguntungkan pada kehidupan masyarakat, jika masyarakat dapat menanggapi perubahan sosial secara memadai dan tidak ada konflik. Berikut ini adalah contoh perubahan positif yang disebabkan oleh dampak perubahan sosial:

  1. Penciptaan mentalitas dan pola pikir yang semakin terbuka – Menciptakan pola pikir yang semakin terbuka akan membawa hal-hal positif, karena akan menghasilkan perspektif yang luas bagi masyarakat dalam mengatasi masalah.
  2. Peningkatan taraf pendidikan – Adanya perubahan sosial ini akan meningkatkan tingkat pendidikan di masyarakat yang akan terjadi seiring dengan semakin besarnya persaingan yang terjadi di dalam masyarakat.
  3. Toleransi yang lebih meningkat – Toleransi terhadap kebebasan beragama dan mentalitas yang semakin terbuka juga akan meningkat.
  4. Tingkatkan kesadaran dan kepedulian – Perubahan sosial akan berdampak besar pada kesadaran dan kepedulian terhadap hak asasi manusia.

2. Dampak Negatif

Dampak negatif paling signifikan dari perubahan sosial adalah pergeseran moral yang terjadi di masyarakat. Di mana banyak orang saat ini tidak lagi memegang nilai-nilai dan norma-norma dalam menjalani kehidupan mereka, begitu banyak anak muda yang tidak lagi mengenal budaya asli bangsanya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh efek negatif dari perubahan sosial:

  1. Ketimpangan / kesenjangan sosial – Kesenjangan sosial saat ini sangat terlihat di masyarakat, di mana semakin banyak orang berlomba untuk menunjukkan kemewahan. Namun di balik semua ini banyak orang yang tidak dapat memiliki kehidupan yang bermartabat.
  2. Kehilangan identitas bangsa – Pada saat ini kita juga merasakan hilangnya identitas bangsa, di mana ada banyak anak yang tidak lagi menggunakan bahasa Indonesia dan mengenakan pakaian yang cenderung terbuka / kebarat-baratan.
  3. Meningkatnya tindakan kriminalitas – Peningkatan kriminalitas / kejahatan tidak dapat dihindari, mengingat tuntutan gaya hidup saat ini.
  4. Bersifat individualis – Individualisme sudah sangat terlihat dalam kehidupan orang-orang, di mana sifat gotong royong dan rasa peduli terhadap orang lain telah berkurang secara drastis.
  5. Perilaku yang semakin konsumtif – Hal ini juga mengarah pada perubahan negatif. Akses mudah dalam pembelian suatu objek atau barang dan peningkatan daya beli masyarakat, secara tidak langsung mendorong orang untuk memiliki gaya hidup yang mahal.

Itulah materi mengenai Dampak Perubahan Sosial yang bisa kita pelajari bersama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Lainnya :

Related posts: