Dampak Gempa Bumi

Posted on

Dampak Gempa Bumi – Gempa bumi adalah bencana yang terjadi baru-baru ini di negara-negara dunia termasuk di Indonesia. Terjadinya bencana alam ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor manusia dan faktor yang terjadi secara alami (faktor alam).

Bencana ini tentunya akan memberikan berbagai dampak baik itu dampak positif maupun negatif. Nah, di kesempatan kali ini kami akan memberi penjelasan mengenai dampak positif dan negatif gempa bumi.

Untuk itu langsung saja kita simak bersama mengenai dampak positif dan negatif yang di timbulkan dai adanya bencana alam yang dalam hal ini adalah gempa bumi.

Dampak Gempa Bumi
Dampak Gempa Bumi

Dampak Gempa Bumi

Dampak Gempa Bumi
Dampak Gempa Bumi

Dampak Positif Gempa Bumi

Tidak hanya dampak negatifnya, gempa juga bisa memberikan dampak positif. Lalu apa saja dampak negatif dari gempa? Nah, langsung saja simak dampak positif gempa di bawah ini.

1. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Tidak bisa dipungkiri, bencana alam ini juga bisa membuat orang merasa tersentuh oleh dengan ada rasa kemanusiaannya. Karena kepeduliannya, orang akan membantu mereka yang terkena dampak bencana dengan menyumbangkan bahan makanan dan pakaian yang sesuai. Selain itu, ada juga yang memberikan bantuan dalam bentuk uang.

Tentunya ada sesuatu yang lebih mulia dan mendapatkan tabungan pahala karena telah melakukan hal yang baik membantu di daerah bencana sebagai sukarelawan.

Meskipun pekerjaan mereka agak berisiko, setidaknya para relawan ini mampu meringankan beban para korban bencana. Karena itu, bencana alam seperti ini dapat menambah empati kepada para korban bencana.

2. Sebagai Bahan Pembelajaran

Bagi para ahli gempa bumi, peristiwa itu dapat menambah pengetahuan mereka. Keberadaan gempa di berbagai tempat tentu menjadi bahan pembelajaran mereka. Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki banyak pulau dengan dataran berbeda di setiap wilayah.

Dari data ini, peneliti bencana akan mempelajari seberapa kuat tekanan seismik di setiap wilayah. Hasil masing-masing tempat tentu berbeda. Dari hasil yang berbeda ini, tentu saja, mereka akan menghasilkan data dan berbagai cara untuk bertahan hidup atau menyelamatkan diri.

Cara untuk menyelamatkan diri pasti akan diberikan kepada semua orang sehingga mereka dapat menyelamatkan diri saat gempa bumi.

3. Keseimbangan Alam Terjaga

Dari gempa yang terjadi di tempat yang berbeda, ini pasti akan memunculkan gunung-gunung dan dataran baru. Dari sana, keseimbangan alam akan terjaga dengan baik. Dataran yang terbentuk tersebut bisa memungkinkan manusia untuk hidup di dataran yang baru itu tadi.

Selain dataran, juga dimungkinkan untuk memperbarui nutrisi di bumi. Nutrisi yang diperbarui secara alami muncul dari dataran yang terbentuk hanya selama gempa bumi.

Jika gempa bumi tidak terjadi, bumi dan kehidupannya akan menghadapi kesulitan karena erosi nutrisi di bumi.

4. Kepadatan Penduduk Berkurang

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara yang mengalami peningkatan pertumbuhan penduduk. Hal ini dapat ditunjukkan dengan jumlah anak muda yang menikah meski pun waktu untuk menikah itu belum tepat. Selain itu, bahkan seseorang yang memiliki lebih dari satu istri meningkatkan pertumbuhan populasi di Indonesia.

Kepadatan populasi dapat menyebabkan kemacetan tanah dan polusi meningkat. Ketika bencana terjadi di tempat padat penduduk, populasi akan berkurang. Namun, hilangnya populasi dapat menyebabkan hilangnya anggota keluarga karena bencana.

5. Kewaspadaan Akan Bencana Semakin Meningkat

Seperti disebutkan di atas, dampak positif gempa bumi adalah dapat meningkatkan kemanusiaan. Selanjutnya, manusia juga akan lebih sadar akan bencana. Orang akan lebih siap menghadapi bencana di tempat tinggal mereka. Ini karena mereka siap jika terjadi bencana.

Dampak Negatif Gempa Bumi

Hal yang muncul dari setiap bencana di bumi ini adalah dampak negatif dari bencana tersebut. Dampak negatif yang akan terjadi tentu akan membuat Sang Pencipta memohon agar tidak ada lagi gempa bumi yang terjadi. Di bawah ini adalah dampak negatif gempa bumi.

1. Robohnya Bangunan Tinggi

Goncangan lempeng bumi pasti akan merobohkan sebuah bangunan yang telah berdiri di satu titik. Itu sebabnya ketika orang-orang di gedung tinggi lari karena bangunan yang sudah berdiri akan runtuh. Tentunya ini akan mengakibatkan kerugian yang semakin parah dengan runtuhnya bangunan.

Selain kerugian yang diderita, infrastruktur negara dan fasilitas publik juga hancur bersama dengan bangunan permanen. Selain itu, orang harus melarikan diri ke tempat yang aman jika terjadi bencana. Untuk alasan ini, ketika ada bencana, segera evakuasi diri ke tempat yang aman.

2. Jaringan Komunikasi Terganggu

Ketika kita mengevakuasi diri sendiri ketika ada bencana, tentu saja kita akan kesulitan dalam menghubungi orang. Ini karena jaringan komunikasi terputus ketika terjadi bencana. Dampak gempa akan menghalangi seseorang ketika mereka memberikan berita terbaru tentang seseorang di lokasi bencana.

Jaringan telepon, Internet, dan bahkan jaringan seluler juga akan terganggu karena bencana alam, khususnya gempa bumi. Tidak jarang, bahkan gempa bumi ini akan membuat menara telepon dan kabel jaringan akan rusak dan bahkan putus. Karena itu, ketika kalian ingin berkomunikasi, cari tempat yang aman untuk berkomunikasi.

3. Menimbulkan Banyak Pengangguran Dan Transportasi Terganggu

Karena rusaknya infrastruktur oleh bencana pasti akan menyebabkan peningkatan pengangguran di satu tempat. Tentu saja Indonesia sebagai negara dengan populasi padat tentu tidak ingin pengangguran tumbuh lebih dan lebih. Karena itu, pekerjaan harus terbuka dalam skala besar.

Selain meningkatkan pengangguran di lokasi bencana, transportasi juga akan terganggu. Jelas ini terjadi karena adanya goncangan lempeng terestrial dan akses transportasi menjadi rusak. Rute darat tidak hanya terganggu, tetapi juga transportasi air dan udara akan terganggu.

4. Memunculkan Bencana Tambahan

Dampak negatif gempa bumi pasti akan menyebabkan banyak bencana baru atau tambahan. Salah satunya adalah tanah longsor. Gempa yang terjadi di daerah dengan tanah tinggi tentu akan mengubah struktur tanah sehingga tanahnya rusak. Kerusakan tanah pada bumi pasti akan menyebabkan bencana lain.

Selain tanah longsor, gempa bumi yang terjadi di dataran akan menimbulkan terjadinya tsunami. Ini sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia, di mana dua pertiga dari pihak di Indonesia adalah lautan. Gempa bumi yang berskla besar yang terjadi di laut pasti akan menyebabkan tsunami. Bencana alam tentu saja telah menyebabkan kerugian besar.

5. Terjadinya Kebakaran

Kebakaran tentu merupakan fenomena yang akan terjadi jika terjadi bencana alam. Hubung singkat akan terjadi jika terjadi gempa bumi. Jadi tidak jarang sebuah rumah terbakar ketika terjadi gempa bumi. Bencana gempa bumi ini tentu akan menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Gempa bumi adalah bencana yang terjadi akibat gesekan lempeng bumi. Selanjutnya, bencana ini juga terjadi karena aktivitas manusia itu sendiri.

Dengan dampak positif dan negatif dari gempa, ini tentu bisa membuat orang siap jika terjadi bencana. Selain itu, agar manusia sadar akan dampak yang di timbulkan oleh adanya bencana alam ini, gempa bumi.

Itulah beberapa hal yang bisa kami berikan kepada sobat setia Edin08.com mengenai Dampak gempa bumi, yakni dampak negatif dan postif nya. Baca artikel kami yang lain di bawah ini guna menambah wawasan kita semua.

Artikel Lainnya :

Related posts: