Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya – Pada kesempatan kali ini Edin08.com akan membahas mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya. Untuk simak saja langsung pembahasan nya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami
Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami
Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami adalah bencana alam yang cukup besar, bencana ini pernah di beberapa provinsi yang ada di Indonesia yaitu di provinsi Aceh. Dimana bencana yang besar ini sering kerap di jadikan sebuah judul untuk contoh teks eksplanasi tsunami.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia, diamana tentunya kita akan menjumpai yang namanya teks eksplanasi. Nah, sebelum kita mengetahui mengenai apa struktur teks eksplanasi tsunami, kita akan mengenal dulu apa itu teks eksplanasi. Lalu apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Suatu peristiwa baik peristiwa alam atau sosial yang terjadi di sekitar kita, yang tentunya ada kaitannya dengan sebab dan akibat dan juga proses.

Kejadian / peristiwa yang terjadi di sekitar kita mestinya jangan hanya kita amati atau pun hanya kita dirasakan saja, akan tetapi harus kita jadikan sebagai pembelajaran mengapa kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi dan juga mengenai bagaimana bisa terjadi peristiwa / kejadian seperti tersebut.

Dalam teks eksplanasi ada struktur, unsur atau bagian yang harus dipenuhi karena menjadi syarat dalam pembuatan teks eksplanasi ini.

Adapun struktur teks eksplanasi tersebut seperti : pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan/sebab-akibat (isi), dan Interpretasi / penutup namun untuk Interpretasi tidak harus ada, karena bagian ini memuat opini penulis.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian dan juga struktur-struktur teks eksplanasi, kita langsung saja masuk ke pembahasan pokok, yaitu contoh teks eksplanasi tsunami beserta strukturnya. Simaklah contoh berikut ini.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Banjir

#Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami

Pernyataan Umum

Tsunami merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang, terdiri dari dua suku kata yaitu “tsu” &“nami”, yang masing-masing artinya ialah “pelabuhan” dan “gelombang”.

Sedangkan, menurut beberapa ahli mereka mendefinisikan tsunami sebagai “gelombang pasang” atau gelombang laut dampak gempa (seismic sea waves).

Tsunami merupakan gelombang laut yang besar yang datang dengan cepat dan datang secara tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk disebabkan adanya gempa atau gunung merapi yang meletus di dasar / lautbawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan berbagai kerusakan ketika menerjang daratan pantai.

Daerah penjelasan (isi)

Pembentukan tsunami bisa terjadi apabila dasar laut permukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa. Dimana patahan tersebut menyebabkan terganggunya keseimbangan air laut.

Patahan yang besar akan menimbulkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi getaran yang terjadi di permukaan bumi / gempa, air laut surut.

Setelah surut, air laut akan kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar yang disebut dengan tsunami. Selain itu, pembentukan tsunami juga diakibatkan oleh letusan gunung merapi yang terjadi di dasar lautan.

Letusan itu tadi menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitar nya. Semakin besar gelombang tsunami, makin akan semakin besar pula kerusakan yang terjadi ketika menghantam pantai.

Kecepatan gelombang tsunami tentunya akan lebih besar dari gelombang normal seperti biasanya, yakni melaju hingga 700 Km/Jam, atau hampir sama dengan laju pesawat terbang.

Kecepatan tersebut akan turun ketika gelombang tsunami memasuki lautan yang dangkal, namun tinggi gelombang justru akan semakin bertambah.

Tinggi gelombang tsunami biasanya akan mencapai ketinggian 50 – 100 meter yang kemudian menyebar ke segala arah disekitarnya. Selain itu, ketinggian gelombang tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk pantai serta kedalamannya.

Gempa bumi yang terjadi di dasar lautan berpotensi menyebabkan timbulnya bencana alam tsunami yang tentunya akan mengancam makhluk hidup.

Simpulan/Penutup (Interpretasi)

Tsunami memang menjadi bencana yang menimbulkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar saat tsunami tersebut ketika menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret benda atau yang lainnya yang dilaluinya.

Maka dari itu, kita harus selalu waspada dan berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak harus terlalu khawatir karena tidak semua bencana tsunami ini membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua gempa atau letusan gunung merapi berdampak pada terjadinya tsunami.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Budaya

F.A.Q

Apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat
3. Interpretasi

Sebutkan jenis-jenis teks eksplanasi?

1. Eksplanasi Sequential
2. Eksplanasi Kausal
3. Eksplanasi Faktorial
4. Eksplanasi Teoritis

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Tsunami Beserta Strukturnya. Baca juga Contoh Teks Eksplanasi Budaya. Semoga bermanfaat.

Related posts: