Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya – Pada kesempatan kali ini Edin08.com akan membahas mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Untuk itu langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat
Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Sebelum kita masuk pada pembahasan pokok kali ini, yaitu Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Kita terlebih dahulu harus mengetahui mengenai struktur-struktur yang terdapat pada teks eksplanasi. Lalu apa saja struktur teks eksplanasi? Struktur teks eksplanasi ada tiga yaitu:

  1. Pernyataan umum: Dimana pada bagian ini membahas / berisi pernyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan proses terjadinya ataupun proses keberadaan.
  2. Urutan Sebab Akibat: Pada bagian ini membahas mengenai detail penjelasan proses terjadinya dan disajikan secara urutan dari yang awal hingga akhir.
  3. Simpulan / Penutup (Interpretasi): Pada bagian ini membahas tentang kesimpulan mengenai topik di bahas.

Nah, itulah struktur-struktur dari teks eksplanasi, langsung saja simak contoh-contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat “Gempa Bumi”

#Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi goncangan atau getaran yang terjadi yang di sebabkan oleh adanya pergerakan pergeseran lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi.

Fenomena alam yang satu ini kerap terjadi di wilayah yang dekat dengan gunung berapi atau gunung aktif dan di daerah atau wilayah yang dikelilingi oleh lautan yang luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Gempa bumi terjadi disebabkan adanya pergesaran / gerakan lapisan pada bagian dasar bumi dan letusan gunung berapi yang \dahsyat. Selain itu, gempa bumi biasanya akan terjadi begitu cepat dan biasanya akan menimbulkan dampak yang sangat besar.

Getaran gempa bumi ini akan merambat ke segala arah sehingga bisa meratakan bangunan dan tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan faktor penyebab peristiwa ini, gempa bumi bisa digolongkkan menjadi 2 jenis, yaitu gempa tektonik dan vulkanik.

Gempa tektonik terjadi disebabkan oleh lapisan kerak bumi yang menjadi lunak sehingga dengan begitu mengalami pergeseran / pergerakan. Teori “Tektonik Plate” mengemukakan bahwa bumi kita ini terdiri dari beragam lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti salju. Lapisan ini bergerak dengan lambat sehingga terpecah-pecah dan kemudian bertabrakan satu dengan yang lain.

Itulah sebabnya mengapa gempa bumi bisa terjadi. Sedangkan, gempa bumi vulkanik terjadi disebabkan oleh adanya letusan gunung berapi aktif yang sangat besar. Meskipun gempa vulkanik ini jarang terjadi jika di bandingkan dengan gempa tektonik. Tapi dampaknya juga sangat luar biasa.

Interpretasi :

Gempa bisa terjadi dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal musim. Kendati demikian, fokus gempa biasanya akan terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti perbatasan plat Pacifik. Yang mana ttempat yang satu ini di kenal sebagai lingkaran api hal ini karena banyaknya gunung berapi di wilayah ini.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial 

#Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Sampah

Pernyataan umum:

Sampah adalah barang atau benda yang tidak lagi digunakan dan yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Sampah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai, Seperti sayur, daun kering dan sisa makanan. Sampah atau limbah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai secara hayati, seperti plastik, botol, kaleng dan sebagainya. Minimalisasi limbah anorganik dapat didaur ulang ke objek bernilai jual sangat tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat : 

Sampah adalah salah satu fenomena yang sering kita temui di dalam lingkungan masyarakat. Awalnya sampah menjadi hal biasa yang ada di sekitar kita, tetapi sebenarnya hal tersebut akan berdampak besar. Seperti menjadi sarang penyakit, penyebab banjir dan tanah longsor.

Sampah yang menumpuk menyebabkan bau tak sedap yang mencemari udara dan kemudian menyebabkan penyakit seperti muntahber dan DBD dan masih banyak lagi dampak buruk dari tumpukan sampah ini.

Selain itu, sampah juga dapat menyebabkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah, yang terus-menerus dibuang ke dalam sungai, mempersulit aliran air sungai dan lama-kelamaan air sungai pasti akan meluap.

Tentu saja, banjir membuat kita sulit untuk beraktivitas atau bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Interpretasi:

Ada banyak dampak yang bisa dirasakan jika kita selalu membuang sampah ini secara semabrangan. Untuk ini, sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraaan, marilah kita bersatu untuk melindungi lingkungan sekitar kita.

Dimulai dengan hal terkecil membuang sampah di tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman, dan limbah anorganik dapat diolah menjadi barang dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir

#Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Banjir

Pernyataan umum

Banjir adalah peristiwa bencana alam yang menyebabkan kerusakan fisik, moril dan juga materil. Ada dua jenis banjir, banjir bandang/ banjir besar dan banjir kecil.

Banjir bandang ditandai dengan banjir sejumlah besar air yang melanda daerah pemukiman dan menggenangi wilayah tersebut. Banjir ini menyebabkan banyak kerusakan, seperti kerusakan jalan, struktur bangunan, jembatan dan lain-lain.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat : 

Meskipun ini adalah bencana alam, banjir tidak hanya disebabkan oleh faktor alam tetapi juga oleh faktor manusia. Faktor-faktor alami yang menyebabkan banjir termasuk curah hujan yang tinggi, lokasi geografis suatu daerah, pasang naiknya air laut, dan lokasi daerah-daerah di cekungan yang menyebabkan air sulit mengalir.

Faktor manusia termasuk penebangan liar, membuang samaph di sembarang tempat terutama disungai, reboisasi, dll. Yang disebabkan oleh tangan manusia.

Efek dari banjir bandang pada kehidupan manusia sangat besar. Banyak barang berharga hilang terbawa oleh aliran air yang cepat. Fasilitas umum rusak parah, air bersih sulit didapat dan berbagai penyakit terjadi dalam waktu singkat.

Dampak yang merugikan lainnya adalah pembangunan kembali sarana dan prasarana, yang membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Kesimpulan

Banjir adalah bencana alam yang tidak bisa dihindari, tetapi bisa kita cegah. Cara termudah adalah selalu membuang sampah di tempatnya, sehingga saluran air tidak terhalang.

Penanaman kembali hutan gundul juga merupakan solusi, karena akar tanaman dapat menyerap air.

Baca Juga : Teks Eksplanasi Menarik 2019

Apa itu teks eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat
3. Interpretasi

Apa tujuan teks eksplanasi?

1. Menjelaskan peristiwa / fenomena yang terjadi
2. Menjelaskan secara urutan mengenai sebab dan akibat suatu peristiwa

Demikianlah pemabahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat.