Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya – Pada kesempatan kali ini Edin08.com akan membahas mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya, Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan
Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya

Sebelum kita masuk pada pembahasan pokok kali ini, yaitu Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya. Kita terlebih dahulu harus membahas mengenai struktur-struktur teks eksplanasi. Lalu apa saja struktur teks eksplanasi? Teks eksplanasi tersusun 3 struktur, sebagai berikut :

  1. Pernyataan umum: Bagian ini membahas / berisi pernyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan proses terjadinya ataupun proses keberadaannya.
  2. Urutan Sebab Akibat: Bagian ini membahas mengenai detail penjelasan proses terjadinya dan disajikan secara urutan dari yang awal hingga akhir.
  3. Simpulan / Penutup (Interpretasi): Bagian ini membahas kesimpulan mengenai topik di bahas.

Nah, itulah struktur-struktur dari teks eksplanasi, langsung saja simak Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya di bawah ini.

#Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Pernyataan Umum (pembuka) :

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami perubahan yang terbilang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama digunakan diubah atau pun diganti dengan kurikulum 2013. Meski pun tidak semua sekolah yang ada di Indonesia ini menggunakan kurikulum 2013 tersebut.

Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat (isi) :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kesempatan menerangkan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan di sekolah-sekolah yang terakreditasi A atau dengan hanya untuk sekolah berstandar Internasional, yang dikenla juga dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).

Syarat keterjangkauan distribusi buku dalam hal ini menjadi syarat terhadap sekolah-sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus terhadap pembangunan sikap, pengetahuan, karakter,dan keterampilan para siswa-siswi yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah (scientific approach)

Selain beberapa hal tadi, kurikulum 2013 juga memfokuskan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur dari apa yang telah diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang berperan sebagai pengelola alam sekitarnya.

Khususnya lebih fokus terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan mengamati, menalar, menanya dan mencoba, membuat atau mencipta.

Wakil Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Musliar Kasim beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktik dibanding hafalan. Sebab selama ini, peserta didik terlalu dibebani dengan hafalan, yang dirasa akan membuat para siswa-siswi menjadi tidak kreatif.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah bertujuan menghasilkan anak bangsa Indonesia yang kreatif, afektif, dan produktif. Dalam kurikulum 2013, peserta didik dibentuk untuk bisa dan mampu memiliki pengetahuan, keterampilan, maupun sikap sebagai manusia berpendidikan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta, menjelaskan kurikulum 2013 ini bertujuan membentuk karakter generasi yang memiliki kualitas sebagai anak bangsa, cinta bangsa dan tanah air Indonesia.

Selain beberapa hal di atas tadi, kurikulum 2013 juga menitikberatkan terhadap peran aktif siswa dalam proses belajar dan mengajar, sehingga dengan demikian itu generasi mendatang tetap akan memiliki jati diri bangsa Indonesia memiliki kualitas yang baik.

Interpretasi (penutup) :

Namun, ternyata banyak dari masyarakat yang menolak perubahan kurikulum ini. Perubahan kurikulum tersebut dianggap mendadak dan terkesan di paksakan.

Bahkan, ada pula yang beranggapan kurikulum ini kurang sesuai karena menggabungkan 2 mata pelajaran yang substansi pokoknya berbeda.

Meskipun mata pelajaran yang diajarkan dibuat menjadi lebih sederhana, namun tingkat pemahaman peserta didik akan semakin berkurang yang mana hal tersebut dikarenakan mata pelajaran yang dipelajari tidak secara utuh, sehingga tidak menutup kemungkinan peserta didik menjadi bingung.

Kendati demikian, harus kita akui bahwa di setiap perubahan memiliki sisi positif dan negatif, meskipun tidak semua orang suka dengan adanya perubahan tersebut.

Seperti tujuan dari pemerintah, kita juga berharap dengan berlakunya kurikulum 2013 ini, mampu menciptakan generasi – generasi yang lebih kreatif, inovatif, maju,produktif, dan juga berkualitas.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan suatu teks yang berisikan mengenai proses “mengapa & bagaimana” baik itu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Apa tujuan teks eksplanasi?

1. Menjelaskan peristiwa / fenomena yang terjadi
2. Menjelaskan secara urutan mengenai sebab dan akibat suatu peristiwa

Apa struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum (pembuka)
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat (isi)
3. Interpretasi (penutup)

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya. Baca juga Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat.

Related posts: