Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus Beserta Strukturnya – Di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus beserta Strukturnya. Untuk itu simaklah pembasahan lengkapnya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus
Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Di mata pelajaran Bahasa Indonesia, dimana tentunya kita akan menjumpai yang pelajaran mengenai teks eksplanasi. Nah, sebelum kita mengetahui apa-apa saja struktur teks eksplanasi gunung meletus, kita akan mengenal dulu apa pengertian teks eksplanasi. Lalu apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses “mengapa & bagaimana” peristiwa alam, budaya, ilmu pengetahuan, sosial atau yang lainnya bisa terjadi.

Suatu peristiwa baik peristiwa alam, sosial atau yang lainnya yang terjadi di sekitar kita, yang tentunya ada kaitannya dengan sebab-akibat dan juga proses sehingga kejadian tersebut bisa terjadi.

Peristiwa yang terjadi di sekitar kita seperti di atas tadi mestinya jangan hanya kita amati atau pun hanya kita dirasakan saja, akan tetapi mesti kita jadikan sebagai pembelajaran mengapa kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi, bagaimana peristiwa bisa terjadi, dan apa dampak dari kejadian itu.

Dalam teks eksplanasi ada struktur, unsur atau bagian-bagian yang harus dipenuhi karena struktur-struktur tersebut menjadi syarat dalam pembuatan teks eksplanasi ini.

Adapun struktur teks eksplanasi tersebut seperti : pernyataan umum deretan penjelasan/sebab-akiba, dan Interpretasi namun untuk yang satu in tidak harus ada, karena bagian ini memuat opini dari penulis.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian dan juga struktur-struktur teks eksplanasi, kita langsung saja masuk ke pembahasan pokok, yaitu contoh teks eksplanasi tsunami beserta strukturnya. Simaklah contoh berikut ini.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Banjir

#Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Gunung Meletus

Pernyataan Umum:

Peristiwa alam ini terjadi karena disebabkan karena adanya endapan magma yang terdapat di dalam perut bumi yang kemudian disemburkan oleh gas dengan kekuatan yang sangat besar.

Selain bencana alam gunung meletus merupakan bencana alam yang mengerikan dan dapat menyebabkan banyak korban jiwa.

Urutan Sebab-Akibat :

Dikatakan bahwa nyaris seluruh gunung berapi berkaitan dengan daerah kegempaan yang biasanya aktif, hal ini disebabkan karena berhubungan langsung dengan batas-batas lempeng bumi.

Peristiwa alam gunung meletus ini diawali dengan adanya perubahan tekanan batas lempeng bumi yang kemudian menyebabkan perubahan suhu yang drastis.

Hal tersebut menyebabkan material batuan yang ada di disekitarnya meleleh, atau yang kita kenal dengan magma (cairan pijar). Magma tersebut akan mengintruksi material-material yang ada disekitarnya melintasi rekahan-rekahan menuju permukaan bumi.

Di kedalaman yang relatif, suhu yang tinggi bukan hanya akan melelehkan magma, lebih dari itu akan bisa melelehkan seluruh material yang terdapat di dalam perut bumi.

Seiringan dengan itu, biasanya akan muncul gas yang bercampur dengan magma. Magma yang keluar ketika gunung meletus terbentuk di kedalaman 60 bahkan bisa mencapai 160 KM di bawah permukaan bumi.

Kemudian gas yang bercampur dengan magma tadi ada di bawah tekanan batuan-batuan padat yang terdapat di sekitar kawah. Sehingga tekanan ini menyebabkan gas dan juga magma bergerak ke arah permukaan bumi dan kemudian meletus secara bersamaan.

Kesimpulan / Penutup (interpretasi) :

Sehingga gunung meletus sampai sekarang saat ini masih menjadi hal yang sangat menyeramkan bagi makhluk hidup baik manusia maupun hewan. Karena dahsyatnya dampak akibat meletus nya gunung berapi hingga mengakibatkan terbentuknya pulau bahkan danau, lebih dari itu bisa menutupi atmosfer bumi yang tentunya akan menimbulkan perubahan suhu yang ekstrim.

Untuk itu kita semua harus senantiasa memperhatikan skema peringatan gunung berapi yang biasnya akan di informasikan oleh BMKG. Sehingga dengan itu kita bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pengungsian jika terjadi erupsi gunung berapi.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Apa pengertian teks ekplanasi?

Teks eksplanasi merupakan sautu teks yang berisikan mengenai proses “mengapa & bagaimana” baik itu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Apa struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum (pembuka)
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat (isi)
3. Interpretasi (penutup)

Apa tujuan teks eksplanasi?

1. Menjelaskan peristiwa / fenomena yang terjadi
2. Menjelaskan secara urutan mengenai sebab dan akibat suatu peristiwa

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus Beserta Strukturnya. Baca juga Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat.

Related posts: