Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Posted on

Contoh Eksplanasi Gempa Bumi Beserta Strukturnya – Kali ini kami akan membahas Materi Makalah Contoh Eksplanasi Gempa Bumi Beserta Strukturnya. Untuk itu langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi
Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Contoh Eksplanasi Gempa Bumi Beserta Strukturnya

Sebelum kita masuk ke pembahasan pokok yaitu Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi, kita harus mengetahui apa-apa saja struktur dan pengertian teks eksplanasi. Berikut penjelasanya ;

Teks eksplanasi adalah teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses “mengapa dan bagaimana” peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya atau yang lainnya bisa terjadi.

Suatu peristiwa baik peristiwa alam, sosial atau yang telah disebutkan di atas tadi / yang terjadi di sekitar kita, yang tentunya ada sebab-akibat dan juga proses sehingga kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi.

Peristiwa yang terjadi di sekitar kita seperti di atas tadi mestinya jangan kita amati atau hanya kita dirasakan saja, seharusnya dengan adanya kejadian-kejadian tersebut kita jadikan sebagai pembelajaran mengapa kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi, bagaimana peristiwa bisa terjadi, dan apa dampak dari peristiwa itu.

Dalam teks eksplanasi ada bagian-bagian atau struktur yang harus dipenuhi karena struktur-struktur tersebut menjadi salah satu syarat dalam pembuatan teks eksplanasi ini.

Adapun struktur teks eksplanasi tersebut seperti : pernyataan umum, deretan penjelasan / sebab-akibat, dan Interpretasi namun untuk yang satu ini tidak harus di baut, karena bagian ini memuat opini dari penulis. Tapi lebih di buat sebagai opini ataupun pendapat dari penulis mengenai yang di bahas olehnya.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian dan juga struktur-struktur teks eksplanasi, langsung saja kita masuk ke pembahasan pokok, yaitu contoh teks eksplanasi gempa bumi beserta strukturnya. Simaklah contoh berikut ini.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

#Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi yang berupa goncangan atau getaran yang terjadi yang di sebabkan oleh adanya pergerakan atau pergeseran lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi.

Peristiwa alam yang satu ini lebih sering terjadi di wilayah yang dekat dengan gunung berapi yang aktif dan di daerah atau wilayah yang dikelilingi oleh lautan yang luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Gempa bumi terjadi disebabkan karena pergesaran / gerakan lapisan pada bagian dasar bumi dan letusan gunung berapi. Gempa bumi akan terjadi begitu cepat dan biasanya akan menimbulkan dampak yang sangat besar.

Getaran gempa bumi ini akan merambat ke segala arah sehingga bisa meratakan bangunan dan tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan faktor penyebab peristiwa ini, gempa bumi bisa digolongkkan menjadi 2 jenis, yaitu gempa tektonik dan vulkanik.

Gempa tektonik terjadi disebabkan oleh lapisan kerak bumi yang menjadi lunak sehingga dengan begitu mengalami pergeseran / pergerakan. Teori “Tektonik Plate” mengungkapkan bahwa bumi kita ini terdiri dari banyaknya lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti salju. Lapisan ini bergerak dengan lambat sehingga terpecah-pecah dan kemudian bertabrakan satu dengan yang lain.

Itulah sebabnya mengapa gempa bumi bisa terjadi. Sedangkan, gempa bumi vulkanik terjadi disebabkan oleh adanya letusan gunung berapi aktif yang sangat besar. Meskipun gempa vulkanik ini lebih jarang di banding dengan gempa tektonik. Namun dampaknya tak kalah menyeramkan.

Interpretasi :

Gempa bumi atau goncangan ini bisa terjadi dimana dan kapan saja tanpa mengenal waktu dan musim. Kendati demikian, fokus gempa biasanya akan terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti perbatasan plat Pacifik.

Faktanya, tempat yang satu ini di kenal sebagai lingkaran api hal ini karena banyaknya gunung berapi di wilayah ini.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi?

1. Strukturnya terdiri dari beberapa penyataan umum, adanya urutan sebab dan akibat, dan juga interpretasi.
2. Informasi yang dimuat tersebut didasari dengan fakta (faktual).
3. Faktual tersebut berisikan informasi yang sifatnya ilmiah ataupun keilmuan, contoh misalnya seperti sains.

Sebutkan jenis-jenis teks eksplanasi?

1. Eksplanasi Sequential
2. Eksplanasi Faktorial
3. Eksplanasi Kasual
4. Eksplanasi Teoritis

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum (pembuka)
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat (Isi)
3. Interpretasi (Penutup / kesimpulan)

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Beserta Strukturnya. Baca juga Contoh Teks Eksplanasi Banjir. Semoga bermanfaat.

Related posts: