Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Banjir Beserta Strukturnya – Pada kesempatan kali ini Edin08.com akan membahas mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Banjir Beserta Strukturnya. Untuk itu langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir
Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir Beserta Strukturnya

Banjir adalah sebuah kejadian atau peristiwa alam yang sering kali terjadi di Negara kita, Indonesia. Kita tentunya sudah tahu, bahwa faktor terjadinya bencana ini lebih banyak disebabkan oleh ulah manusia, lalu bagaimana dengan proses terjadinya banjir?

Nah, sebelum kita masuk pada pembahasan pokok yaitu Contoh Teks Eksplanasi Banjir kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai struktur teks sksplanasi karena ini berhubungan dengan apa yang akan kita bahas saat ini, lalu apa saja struktur teks eksplanasi?

  1. Pernyataan umum: Memuat tentang penjelasan umum tentang suatu topik, kejadian atau peristiwa yang dibahas.
  2. Urutan Sebab Akibat: Memuat informasi tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa atau fenomena.
  3. Simpulan/Penutup (Interpretasi): Memuat atau berisi kesimpulan tentang topik yang sedang di bahas.

Nah, setelah kita mengetahui strukturnya langsung saja simak contoh lengkapnya berikut ini :

Contoh Teks Eksplanasi Banjir di Jakarta

#Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir di Jakarta

Pernyataan umum :

Banjir di Indonesia adalah masalah yang kompleks, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Masalah banjir perlu ditangani sesegera mungkin agar dampak banjir tidak merusak dan membahayakan serta merugikan masyarakat.

Namun sebenarnya kita tidak hanya dapat mendelegasikan tanggung jawab kepada pemerintah, tetapi kita juga harus ikut berperan dalam membantu pemerintah mengatasi masalah banjir ini.

Deretan penjelas :

Banjir di wilayah Jakarta disebabkan oleh sejumlah masalah, salah satunya adalah karena letak geografis Jakarta yang lebih rendah. Selain itu, kepadatan populasi sangat tinggi. Akibatnya, lahan kosong diubah menjadi perumahan, sehingga tidak ada lagi ruang untuk penyerapan air.

Banyak masyarakat juga membuang sampah ke sungai, menghalangi aliran sungai. Poin inilah yang menjadi penyebab utama banjir di Jakarta selama musim hujan.

Untuk mencegah dan menangani banjir di Jakarta, antara lain, langkah-langkah berikut dapat diambil: mengebor lubang penyerapan air, meningkatkan ruang hijau dengan menanam pohon, mengubah perilaku masyarakat sehingga mereka tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Interpretasi :

Organisasi masyarakat harus mengambil langkah pertama dan mengatur partisipasi masyarakat dalam pengendalian banjir. Penanggulangan banjir bisa dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pencegahan banjir dan pemulihan setelah banjir.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir Singkat 

#Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir

Pernyataan umum :

Banjir yang merupakan bencana alam ini dapat mempengaruhi kehidupan manusia dan menyebabkan kerusakan. Banjir adalah luapan air yang melanda dan membanjiri / menggenangi suatu daerah.

Peristiwa meluap nya air ini hingga masuk ke wilayah pemukiman warga akibat sungai tidak lagi mampu menampung jumlah air yang kian jumlahnya meningkat.

Deretan penjelas :

Penyebab banjir ada dua faktor, yang pertama didasarkan pada faktor alam dan yang kedua adalah faktor manusia.

Faktor-faktor alam ini dapat terjadi dalam bentuk curah hujan lebat, lokasi geografis suatu daerah. Sementara faktor manusia dapat terjadi dalam bentuk penggundulan hutan dan sampah yang dibuang dengan sembarangan (di sungai).

Sampah yang dibuang secara sembarangan menyebabkan aliran menjadi mampet dan terjadi luapan air yang besar, menyebabkan banjir.

Banjir dapat menyebabkan kerugian besar pada manusia. Kerugiannya berupa kerusakan barang / benda-benda, infrastruktur dan saran prasarana, sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Dan pada saat banjir melanda, masyarakat akan mudah terserang penyakit, tak jarang nyawa manusia pun melayang sia-sia akibat peristiwa banjir ini.

Interpretasi :

Karena itu, sebagai manusia, kita harus selalu melindungi alam untuk mencegah banjir. Mempertahankan lingkungan adalah tugas kita.

Kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia harus segera dihentikan. Hutan gundul harus segera ditanami kembali. Dan kita juga harus membiasakan membuang sampah di tempatnya.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi yang Menarik dan Lengkap 2019

Contoh Teks Eksplanasi Banjir Bandang Singkat

#Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir Bandang

Pernyataan umum :

Banjir Bandang adalah peristiwa banjir besar yang terjadi secara tiba-tiba dan menyapu benda-benda besar banjir yang satu ini juga disebut dengan banjir bah.

Banjir bandang menghancurkan berbagai fasilitas umum serta fasilitas dan merusak infrastruktur yang dilalui oleh banjir ini, bahkan rumah-rumah warga pun tak luput diterjang nya.

Deretan penjelas :

Penyebab utama dari banjir bandang ini adalah disebabakan oleh hujan di daerah pegunungan diamana biasanya menjadi hulu sungai.

Hujan yang terjadi disebabkan adanya proses orografis. Hujan orografis terjadi karena adanya angin yang mengandung uap air yang bergerak secara horizontal.

Dimana angin tersebut naik menuju pegunungan. Yang menyebabkan terjadinya hujan di sekitar pegunungan. Hujan yang terjadi menyebabkan banjir bandang di daerah-daerah yang berada di sepanjang aliran sungai.

Penyebab banjir bandang yang lainnya yaitu karena jebolnya waduk / bendungan. Hujan lebat yang terjadi dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan penambahan debit / jumlah air pada bendungan.

Jika jumlah air semakin besar maka dapat mengakibatkan tanggul tidak kuat menahan debit air yang tertampung sehingga membuat bendungan tersebut jebol.

Interpretasi :

Banjir bandang ini jangan dianggap sebagai satu persoalan yang tunggal, namun sesuatu yang diakibatkan oleh berbagai faktor yang secara terjadi berantai yang kemudian mengundang banjir. Pemerintah dan juga masyarakat harus bersatu dalam menanggulangi banjir agar dampak buruk bencana alam yang sangat merugikan ini bisa diminimalisasi.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi ialah teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Sebutkan jenis-jenis teks eksplanasi?

1. Eksplanasi Sequential
2. Eksplanasi Kausal
3. Eksplanasi Faktorial
4. Eksplanasi Teoritis

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat
3. Interpretasi

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi Banjir Beserta Strukturnya. Baca juga Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat.