Contoh Surat Tidak Resmi

Posted on

Banyak contoh surat tidak resmi yang bisa kita jumpai, meskipun biasanya ditujukan untuk urusan pribadi. Dalam penggunaan bahasa, dapat dikatakan bahwa surat tidak resmi tidak ada aturan maksudnya bebas dalam menggunakan bahasa alias tidak baku dan juga pada kalimatnya.

Tidak adanya aturan yang formal dalam penulisan surat resmi, jadi tidak heran seakan-akan dalam penulisannya “terserah orang yang menulis”. Nah, jika kalian masih masih kurang paham, maka kami akan memberikan beberapa contoh surat tidak resmi di bawah ini.

Langsung saja perhatikan contoh surat tidak resmi meliputi surat tidak resmi untuk teman, sahabat, dan keluarga berikut ini.

Contoh Surat Tidak Resmi
Contoh Surat Tidak Resmi

Contoh Surat Tidak Resmi Permintaan Maaf Kepada Teman

# Contoh 1

Bandar Lampung, 8 Mei 2019

Kepada
Nisa Sabyan
Di tempat

Dear Nisa Sabyan

Dengan surat ini, aku ingin meminta maaf mengenai kejadian kemarin di di depan sekolahan. Aku tidak ada maksud untuk membuat kamu ngambek kaya gini sama aku. Awalnya aku cuma ingin bercanda saja. Tapi maaf banget, candaan aku keterlaluan sampe-sampe kamu marah. Kamu mau kan maafin aku? maafin aku kan?

Kita kan sudah sangat lama berteman, dan kamu sudah aku anggap sahabat bahkan seperti keluarga aku sendiri, jadi sangat tidak mungkin kalau aku bermaksud untuk menyakiti kamu.

Jujur, aku menyesal telah melakukan hal itu kemarin dan membuatmu marah.  Aku tidak tahan jika harus ada dalam keadaan seperti ini. Aku ingin kita seperti dulu lagi.

Berangkat dan pulang ngampus bersama, curhat ini itu, kamu dan aku selalu bersama jika kita ada masalah, dan masih banyak lagi.

Sekali lagi, aku mohon maaf sama kamu. Aku jani tidak akan mengulangi hal – hal keterlaluan lagi yang membuatmu marah.

Salam Maaf,

Pina

Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Keluarga

# Contoh 2

Bandar Lampung, 25 April 2019

Kepada
Ayah dan Ibu
Di Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ayah dan Ibu apa kabar? semoga ayah dan iu selalu dalam keadaan sehat baik jasmani dan rohani, Aamiiin. Aku di sini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, Alhamdulillah.

Ayah dan ibu, libur semester besok aku belum bisa pulang ke Bandung. Aku ada tugas melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di desa yang ada di Jakarta selama 50 hari.

Tapi yang menjadi masalah bagiku saat ini adalah sisa uang sudah mulai menipis Yah. Kalau memang Ayah atau Ibu ada uang, aku minta dikirim oke, karena untuk bekal ke Jakarta dan masih banyak keperluan yang harus aku penuhi di sini.

Aku berjanji pada ayah dan ibu akan belajar dengan sungguh-sungguh biar aku bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa pulang tepat waktu. Aku sangat-sangat merindukan Ayah, Bunda, dan Adik-adik di rumah, sampaikan salam rinduku untuk Adik ya Yah, Bu.

Aku mohon doa restu dan restu dari Ayah dan Ibu agar diberikan kemudahan untukku dalam melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan.

Sekian dulu surat dari Anakmu, Ayah dan Ibu jangan lupa selalu jaga kesehatan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam hangat,

Septiani

Contoh Surat Tidak Resmi Singkat Untuk Sahabat

# Contoh 3

Bandar Lampung, 25 April 2018

Nisa Sabyan
Jln. Rawa, No. 30
Depok

Nisa yang cantik dan imut,

Apa kabar kamu Nis? semoga kamu baik-baik saja dan selalu sehat ya! Alhamdulillah aku di sini sehat dan baik baik saja Nis

Eh, Nis, aku punya rencana bulan depan mau ke Paman aku yang ada di Jakarta. Jadi kalo bisa aku mau mampir ke rumahmu. Bolehkan nanti aku main ke rumahmu Nis? Boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku kangen banget sama kamu Nis, awas aja kalo gak boleh.

Jangan marah lho, Nis, aku cuma bercanda kok hehe.

Nis, kamu masih ternak kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa banyak kodoknya? udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu pasti kaya kamu, haha.. becanda lagi Nis.

Nis, udah dulu ya surat dari aku. Jangan enggak di balas ya Nis. Aku tunggu balasannya!

Dari temanmu yang imut, mempesona,

Indah Pratiwi

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Contoh Surat Tidak Resmi. Baca juga artikel kami yang lain di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Related posts: