Contoh Cerpen

Posted on

Contoh Cerpen – Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai Materi Makalah Contoh Cerpen / Cerita Pendek Persahabatan, Kehidupan Sehari-hari dan Cerpen Lucu. Untuk itu langsung saja simak pembahasan nya di bawah ini.

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Contoh Cerpen

Cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Di samping itu cerpen biasanya akan membawakan cerita yang sifatnya padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novel dan novella. Adapun contoh cerpen sebagai berikut ;

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

# Contoh Cerpen

Baik Luar Dalam

Di siang yang cerah, 2 orang gadis bernama Nisa dan Pina tengah mengerjakan tugas sekolah di rumah Pina. Mereka mengerjakan tuga terseut dengan serius sehingga suasana nampak hening.

Kemudian datang seorang wanita yang tidak lain adalah teman Pina dan Nisa. Namun, Pina seolah tidak mempedulikan kehadiran Ika temanya tersebut.

“Pin, itu di depan ada Ika nyariin kamu. Buruan temui dulu dia. Sudah sejak tadi dia nungguin kami di situ.” Ujar Nisa yang tengah mengerjakan tugas di rumah Pina.

“Bi, tolong bilang saja ke Ika yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi main gatau kemana, ya.” Pinta Pina kepada Bibi yang bekerja salah seorang pembantu di rumahnya.

“Iya Non Pina. Akan bibi sampaikan.”

“Pin, kenapa kamu seperti itu sama Ika. Dia sudah datang jauh-jauh mau kesini. Kenapa kamu usir? Gak enak kan, kasihan dia. “Ujar Nisa menasihati Pina”

“Dari luar dia memang tampak seperti orang baik, ramah dan manis. Tapi masa kamu hanya mengukur sifat seseorang dengan itu saja. Dia itu manis di luar saja di dalamnya pahit tahu.” Jawab Pina setengah sinis.

“Pahit gimana Pin?” Ujar Nisa kembali bertanya.

“Teman yang kami sangka baik itu sering membicarakan keburukan temanya sendiri. Pokoknya banyak yang tidak bisa aku jelaskan Nis. Coba lihat dirimu dia beda dengan kamu.

Kamu memang ceplas ceplos dan juga judes denganku. Tapi setidaknya kamu punya hati yang tulus Nis. Bukan sahabat yang dari luarnya tampak seperti orang baik namun dalamnya busuk.

Dalam berteman, aku tidak butuh dengan teman yang tampilan luarnya baik namun di dalamnya busuk.” Jelas Pina kepada Nisa.

Contoh Cerpen Kehidupan Sehari-Hari

# Contoh Cerpen

Tidak Konsisten

Suara alarm terdengar sangat keras sehingga tidur Doni pun menjadi terganggu. Sementara ia sebenarnya masih sangat ngantuk dan terlelap. Dengan menahan rasa kantuk yang sangat luar biasa, ia pun berusaha membuka kedua matanya.

“Ya Tuhan!” Doni sangat kaget melihat jam sudah menunjukkan pukul 07.00 pagi. Ia pun memaksa bangun kemudian langsung bergegas mandi dan merapikan dirinya lalu setelah itu berangkat pergi ke kantor.

Ketika Doni tiba di kantor, ternyata rapat yang harusnya ia hadiripun sudah hampir selesai karena jadwalnya memang dimajukan menyesuaikan jadwal bos yang akan pergi ke luar Negeri.

“Permisi Pak. Apakah saya boleh masuk? “Tanya Joni kepada bos yang tengah memimpin rapat.

“Iya silahkan duduk Don. Namun maaf untuk hari ini Budi yang menggantikan proyekmu.”

“Mengapa pak? Saya kan hanya telat sebentar”

“Bukan masalah telat sebentarnya Don. Perusahaan ini membutuhkan pekerja yang professional. Saya sudah lama mempercayakan proyek ini sama kamu. Tapi, nyatanya kamu tidak dapat bertindak konsisten dalam menangani proyek itu.

Meski kamu telat nya hanya sebentar, namun temanmu memiliki ide yang saya nilai sangat bagus untuk kelancaran proyek tersebut. Jadi sekali lagi saya mohon maaf, sudah bersyukur harusnya kamu tidak saya berhentikan bdari tim.” Jelas bos Doni dengan sangat tegas.

Seketika itu, Doni terdiam dengan wajah pucat. Selesai rapat ia pun pergi menuju ke meja kerjanya.

“Kenapa denganmu hari ini Don? Tidak biasanya kamu telat?” Tanya Pina teman sekantor Doni.

“Ini salahku Pin. Aku semalam nonton bola sampai larut. Sampai lupa bahwa hari ini ada rapat yang membahas proyek penting yang harusnya bisa membuatku untung.” Jelas Doni.

“Oh gitu Don. Makanya Don mulai saat ini utamakan pekerjaanmu, jangan hobi yang di kedepankan!” Sambung Pina yang memberikan nasihat kepada Doni.

“Iya Pin, aku benar-benar menyesal, terima kasih Pin, Sudah menasehatiku” Saut Doni penuh penyesalan.

Contoh Cerpen Lucu

# Contoh Cerpen

Scrub Gula Pasir

Pada siang hari, Sinta tengah berbincang dengan Dinda. Mereka berdua sangat asyik.

“Din, menurut pendapatmu, Ilham itu suka nya dengan tipe cewek yang seperti apa sih? Tanya Dinda kepasa Sinta.

“Apa ya..Setahuku kriteria Ilham nggak teralu muluk-muluk sih Sin. Dia suka cewek natural, apa adanya maksudku.”

“Jadi dia nggak suka cewek yang penampilannya menor atau pakai gincu dong?” Tanya Sinta penasaran.

“Ya kurang lebih seperti itu.”

“Terus, apa ya yang bisa membuat bibirku menjadi merah tanpa harus pakai lipstick?”

“Coba kamu pakai scrub gula pasir menjelang tidur, tidur malam tapi. Dangan itu bibir kamu bisa merah merona.”

“Oh ya?”

“Baik nanti malam aku mencobanya supaya berhasil mendapatkan cinta dari Ilham”.

“Satu minggu lagi di Sekolah kebetulan ada acara festival seni. Coba kamu gunakan scrub gula itu secara rutin di malam hari!” Sambung Dinda.

“Oh benar juga ya Din. Aku harus bisa tampil yang cantik di depan Ilham.”

Beberapa hari berlalu. Pada saat hari H, Sinta sesuai seperti yang diharapkan olehnya. Melihat Sinta, Dinda pun akhirnya kaget.

“Bibirmu kenapa Sin? Kenapa merah sekali? Kamu menggunakan berapa kilo gula? Itu sensual apa bonyok yang Sin?” Tanya Dinda heran sambil menahawan tawa.

“Tahu nggak kamu Din, ini karena gigitan semut setiap malam. Sampai bibir ku menjadi semerah ini. Benar-benar pengorbanan yang luar biasa kan.” Jawab Sinta.

“Oh tuhan, tapi kamu lebih terlihat lebih cantik kok Sin”

Sebutkan struktur cerpen?

1. Abstrak
2. Orientasi
3. Komplikasi
4. Evaluasi
5. Resolusi
6. Koda

Sebutkan ciri-ciri cerpen?

1. Jumlah katakurang dari 10.000 kata.
2. Bersifat fiktif/ fiksi.
3. Hanya ada satu alur saja (alur tunggal).
4. Tulisannya singkat
5. Diangkat dari kejadian sehari-hari.
6. Menggunakan kata-kata yang mudah di pahami
7.Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
8. Cerita pendek bisa membrikan kesan dan pesan mendalam

Sebutkan unsur intristik cerpen?


1. Tema
2. Alur/ Plot
3. Latar/ Setting,
4. Tokoh,
5. Penokohan,
6. Sudut Pandang,
7. Gaya Bahasa,
8. Amanat/ Pesan,

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Cerpen. Baca juga Cerita Fabel. Semoga bermanfaat.

Related posts: