Contoh Cerpen Remaja

Posted on

Contoh Cerpen Remaja – Cerpen adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa naratif fiktif. Isinya menceritakan kisah suatu tokoh serta segala konflik beserta penyelesaiannya, ditulis secara ringkas namun padat.

Isi cerpen lebih fokus atau berpusat terhadap satu tokoh dan kondisi atau pun situasi tertentu yang mana ada puncak masalah yang disebut dengan klimaks serta penyelesaiannya.

Di dalam cerpen / cerita pendek biasanya terdapat kurang dari 10.000 kata, sehingga akan cenderung singkat dan padat namun ada pula yang panjang. Nah, berikut ini adalah Contoh Cerpen Remaja, langsung saja simak contoh contoh cerpen di bawah ini.

Contoh Cerpen Remaja
Contoh Cerpen Remaja

Contoh Cerpen Persahabatan Remaja

# Contoh Cerpen Remaja

Problema Persahabatan

Aku Shella, aku beruntung sekali memiliki sahabat yang selalu ada dalam keadaan apa pun untukku, kami selama ini selalau melewati suka dan duka bersama.

Suatu ketika aku dan sahabatku terjadi pertengkaran, sebenarnya karena masalah yang sepele, semua itu baru ku sadari, sahabat adalah salah satu yang penting dalam hidupku.

Ketika aku pergi ke mall terbesar di kotaku bersama sahabatku, aku membeli banyak perlengkapan ku sehari-hari dan aku meminta tolong kepadanya untuk membawa belanjaan ku, dan dia pun membawakan nya dan ternyata belanjaan ku tertinggal. Saat itu juga aku kesal dan tunujuana kekesalan ku, aku marahi dia dengan perkataan yang sangat kasar karena ke egoisan ku.

“Rahma, tolong bawain belajaan ku, soalnya ini berat banget” Kataku.

“Iya sini aku bawain belanjaan nya” Jawabnya.

“Kamu memang sahabatku yang paling baik Ma” Jawabku sambil memegang pipinya.

“Haha sudah tentu dong sesama sahabat harus saling membantu” Jawabnya.

“Kamu lapar ngga Shel?” Tanyanya

“Lapar Ma” Jawabku.

“Makan yuk! aku traktir deh, aku juga lapar soalnya” Sambil menatapku dengan lemas.

“Hmm yaudah kuy lah” Jawabku.

Singkatnya, kami sampai di warung yada berada di seberang mall.

“Kamu mau pesan apa Shel?” Tanyanya.

“Samain aja deh sama pesenan kami” Jawabku.

“Hmm siap bu Negara” Jawabnya sambil sedikit becanda

Setelah selesai makan kami pun langsung menghampiri motor, yang kami parkirkan.

Tiba-tiba sahabatku berhenti, dan berkata “Eh.. kok kaya ada yang ketinggalan nya, tapi apa ya?”

“Hmm apa ya?” Aku juga berpikir.

“Oh iya belanjaan ku mana? tanyaku sedikit cemas.

“Oh iya aku lupa shel, belanjaan kami ketinggalan di warung makan tadi” Jawabnya campur rasa bersalah

“Apa?! Ketinggalan?! Yang bener aja Rahma, kita ini udah jauh dari warung makan tadi” Jawabku sambil memasang wajah sinis karena kesal.

“Duh, maaf banget ya Shel, aku benar-benar lupa Shel” Jawabnya

“Minta maaf? kamu pikir dengan meminta maaf bisa membuat barangku kembali? Enggak kan Rahma?! mudah banget kamu minta maaf” Jawabku kesal, lalu aku pergi meninggalkannya sendiri.

Keesokan hari, sahabatku itu tadi datang sambil membawa plastik besar yang ternyata belanjaan yang kemarin aku beli di mall dan dia juga kembali meminta maaf karena kejadian kemarin, karena sifat egois ku, aku menghiraukannya begitu. Tak lama dia pun kembali pulang kerumah.

Selang beberapa hari, aku sadar bahwa yang aku lakukan itu salah, dan aku tersadar betapa egois nya aku. Aku pun langsung kerumahnya untuk meminta maaf. Persahabatan itu penting dari pada mengikuti egoisme yang merusak persahabatan.

Baca Juga : Contoh Cerpen Pendidikan

Contoh Cerpen Percintaan Islami Remaja

# Contoh Cerpen Remaja

Ta’aruf

Angga namanya, ia temanku dari kecil. Temanku ini sangat cerdas dan pintar dalam ilmu Agama sehingga aku pun menyukai nya. Tak pernah terbayangkan olehku bagaimana jika suatu hari nanti bukan Angga yang menjadi Imam atau suamiku.

Namun sayangnya, hubungan pertemanan ku dengan Angga sempat terputus disebabkan jarak aku dengannya kini jauh. Angga melanjutkan kuliah di luar kota dan aku masih di sini, di Bandung.

Karena kuliah, Angga jadi jarang pulang ke rumah. Bahkan menurut cerita tetangga yang kudengar Angga sudah betah tinggal di sana.

Liburan semester pun tiba, tanpa sengaja aku bertemu dengan Angga saat aku berjalan hendak warung. Dia tetap tampan seperti dulu hatiku masih bergetar dibuatnya.

Aku tersenyum padanya, namun Angga seperti ragu-ragu membalas senyum ku. Dia hanya mengangkat tangannya menyapa ku sesaat. Mungkin dia sudah punya pacar, makanya dia seperti itu padaku. Gumamku dalam hati.

Beberapa bulan dari kejadian itu, aku mendapat informasi bahwa setelah wisuda Angga akan melamar seorang wanita yang selama ini Ta’aruf dengannya. Siapa wanita itu, aku belum tahu.

Kemungkinan wanita itu adalah teman kuliahnya. Hatiku pun seketika serasa remuk dan hancur mendengarnya. Aku sudah sejak lama menaruh perasaan padanya, tapi dari hari ini perasaan ku benar benar harus dihentikan karena Angga tak lama lahi akan menjadi suami orang. Selama berhari-hari aku hanya mengurung diri di dalam kamar.

Hingga suatu hari Ibu memanggil ku, tak lama Ibu mengetok pintu kamar ku dan meminta ku untuk merapihkan diri dan meminta ku keluar kamar karena ada seseorang yang ingin bertemu denganku.

Aku menuruti perintah ibu, karena memang aku bisa dikatakan anak yang nurut dengan ibu. Saat keluar dari kamar, sontak aku karena di ruang tamuku ada seorang laki-laki yang tak lain di adalah Angga bersama kedua orang tuanya.

Benar informasi yang kedengar selama ini bahwa Angga akan melamar seseorang wanita, dan ternyata wanita itu adalah diri ku sendiri.

Alhamdulillah. Maha kuasa Allah dalam menyatukan hati hamba-Nya. Ketika aku tidak mengiranya, Allah SWT memberikan apa yang aku mau. Tak lama dari kejadian itu kami pun menikah dan kini aku pun menjadi istri sah dari laki-laki idaman ku sendiri.

Baca Juga : Contoh Cerpen Cinta

Contoh Cerpen Remaja Lucu

# Contoh Cerpen Remaja

Bibir Merah Merona

Pada siang hari, Gita tengah berbincang dengan Putri. Obrolan mereka berdua sangat asyik.

Tiba tiba Ika bertanya kepada Nisa “Nis, menurut kamu, Angga itu suka dengan cewek yang seperti apa sih?

“Apa ya.. setahuku aku sih kriteria Angga nggak teralu yang gimana-gimana maksudnya gak teralu muluk-muluk. Dia suka cewek yang natural, maksudnya yang apa adanya aja”

“berarti dia gak suka cewek yang pakai lipstik tebel dong?” Tanya Ika penasaran.

“Ya begitulah Ka.” Jawab Nisa.

“Terus, aku harus gimana ya Nis, biar bibirku menjadi merah merona tanpa harus pakai Lipstik? Kamu kan tau sendiri bibir aku agak hitam kalau gak make lipstik”. Tambahnya.

“Kalau untuk bibir, coba kamu pakai scrub gula pasir sebelum tidur, tidur malam tapi. Dengan itu mudah-mugahan bibir kamu bisa merah merona.”

“Serius Nis? yaudah nanti malam aku langsung mencobanya biar bisa berhasil mendapatkan cintanya Angga”.

“Satu minggu lagi di Sekolah ada acara. Coba kamu gunakan scrub gula itu rutin di malam hari!” Sambung Nisa.

“Oh benar juga ya Nis. Aku harus tampil yang cantik di depan Angga.”

Beberapa hari berlalu. Tepat di hari H, penampilan Nisa sesuai seperti yang diharapkan menurutnya. Melihat Ika, Nisa pun kaget keheranan.

“Bibirmu kenapa Ka? Kenapa merahnya kaya gitu? Kamu menggunakan berapa kilo gula Ka? Itu sensual apa bonyok ya Ka?” Tanya Nisa heran sambil menahawan tawa.

“Tahu nggak kamu Nis, bibirku jadi kayak gini karena gigitan semut. Sampai sampai bibirku semerah ini. Seperti kata pepatah Dimana ada gula di situ semut” Tambah Ika sambil becanda.

Sungguh pengorbanan yang luar biasa.” Tapi itu mah bonyok Ka. Tambahnya sambil tertawa terbahak-bahak karena sudah tak tahan melihat bibir merah merona alis bonyok.

Baca Juga : Contoh Cerpen Motivasi

Apa pengertian cerpen?

Cerpen adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa naratif fiktif. Isinya menceritakan kisah suatu tokoh serta segala konflik beserta penyelesaiannya, ditulis secara ringkas namun padat.

Sebutkan struktur cerpen?

1. Abstrak
2. Orientasi
3. Komplikasi
4. Evaluasi
5. Resolusi
6. Koda

Sebutkan ciri-ciri cerpen?

1. Jumlah katakurang dari 10.000 kata.
2. Bersifat fiktif/ fiksi.
3. Hanya ada satu alur saja (alur tunggal).
4. Tulisannya singkat
5. Kejadian sehari-hari.
6. Kata-katanya mudah di pahami
7.Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
8. Cerita pendek bisa membrikan kesan dan pesan mendalam

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Bahasa Indonesia Contoh Cerpen Remaja. Baca juga Contoh Cerpen Anak Sekolah. Semoga bermanfaat.

Related posts: