Contoh Cerpen Persahabatan

Posted on

Contoh Cerpen Persahabatan – Pada kesempatan kali ini kami akan membawakan materi makalah mengenai Contoh Cerpen Persahabatan. Langsung saja simak contoh-contoh berikut ini.

Contoh Cerpen Persahabatan
Contoh Cerpen Persahabatan

Contoh Cerpen Persahabatan

Cerpen / cerita singkat ini merupakan bentuk prosa naratif fiktif. Cerpen biasanya akan membawakan cerita yang sifatnya padat dan langsung pada tujuannya berbeda dengan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novel & novella. Adapun contoh cerpen persahabatan sebagai berikut ;

Contoh Cerpen Persahabatan Sejati SMP

# Contoh Cerpen Persahabatan

Sahabat Sejati

Nama ku Ana, saat ini aku berada di kelas 3 Sekolah menengah atas atau SMA, setiap hari ku jalani bersama dengan sahabat-sahabatku Deni Diki, Ari, Kita berempat memang sudah sangat lama bersahabat bahkan sejak kami semua masih kecil.

Di suatu waktu kami menulis perjanjian persahabatan di selembar kertas yang kemudian kertas itu kami masukkan ke dalam botol, botol tersebut kami dikubur di bawah pohon beringin yang nantinya surat tadi akan kami buka setelah kami lulus.

Hari yang kami tunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu di mana hari yang kami semua dinyatakan lulus. Kami serentak langsung berlari ke bawah pohon beringin tempat kami mengubur botol yang di dalam botol itu ada kertas yang bertuliskan perjanjian persahabatan.

Kemudian aku mengambil dan membuka botol tersebut dan membaca tulisan yang dulu kami tulis. Kertas tersebut bertuliskan “Kami berjanji untuk selalu bersama, selamanya.

Keesokan hari, Deni berencana merayakan kelulusan kami. Malamnya kami berempat pergi ke sebuah tempat dan di situlah saat-saat yang tidak terlupa kan, karena Deni berencana untuk menyatakan perasan nya kepadaku. Singkatnya aku dan Deni berpacaran.

Begitu juga dengan Diki, dia berpacaran dengan ana. Malam itu sungguh malam istimewa untuk kami semua. Tak lama kami pun bergegas untuk pulang kerumah masing-masing.

Di tengah perjalanan, entah mengapa perasaan ku mulai tidak enak.

“Perasaanku kok tiba-tiba ngga enak ya?” Ucapku cemas.

“Udahlah Ni, santai aja, kita enggak bakalan kenapa-kenapa kok” jawab Deni dengan santai.

Tidak lama, hal yang dikhawatirkan Ani pun terjadi.

“Dikiiii awasss! di depan ada jurang!” Teriak Ani.

“Aaaaaaaaaa!!!” teriak keempat sahabat tersebut

Bruuukkk. Mobil yang kami kendarai kami berempat masuk ke dalam jurang. Tak lama aku tidak sadarkan diri.

Aku membuka mataku secara perlahan dan aku melihat ibu dan ayahku berada di sampingku.

“Ani.. kamu sudah sadar nak?” Tanya ibuku.

“Ibu.. Ani dimana? Dimana Ana, Diki, dan Deni?” tanyaku.

“Kamu sedang di rumah sakit nak, Diki, Deni dan Ana tidak tertolong di lokasi kecelakaan” Jawab ibu seraya meneteskan air mata

Aku terdiam mendengar peryataan ibu dan air mataku pun menetes, tangisku tak tertahan mendengar pernyataan ibu.

“Deni, kenapa ninggalin aku, padahal aku sayang sama kamu, aku cinta sama kamu, tapi kamu ninggalin,” batinku berkata.

3 hari berlalu, aku berkunjung ke makam mereka, harapanku selama ini kami bisa bersama sampai tua. Tetapi kenyataannya sekarang itu semua hanya angan-angan. Namun aku berjanji akan selalu mengenang mereka semua.

Contoh Cerpen Persahabatan Yang Indah

# Contoh Cerpen Persahabatan

Indahnya Masalah Dalam Persahabatan

Aku Sisil, aku beruntung punya sahabat yang selalu ada dalam keadaan apa pun untukku, kami melewati suka dan duka bersama. Suatu ketika aku dan salah satu sahabatku bertengkar, sebenarnya karena masalah yang sepele, semua itu baru kusadari, sahabatku sangat penting bagiku.

Ketika aku pergi ke mall bersama sahabatku, aku meminta tolong kepadanya untuk membawa belanjaan ku, dan dia pun membawakan nya dan ternyata belanjaan ku tertinggal. Saat itu juga aku kesal dan aku marahi dia dengan perkataan yang sangat kasar karena keegoisan ku.

“Pin, tolong bawain belajaan ku ya, soalnya ini berat banget” Kataku.

“Iya sini aku bawain belanjaan nya” Katanya.

“Kamu memang sahabatku yang paling baik Pin” Jawabku.

“Haha sudah tentu dong sesama sahabat memang harus saling membantu” Jawabnya.

“Kamu lapar ngga Sil?” Tanyanya

“Lumayan lapar si” Jawabku.

“Makan yuk! sekarang aku yang bayarin deh, aku juga lapar soalnya” Sambil menatapku dengan lemas.

“Hmm ya ayoo” Jawabku.

Singkatnya, kami sampai di warung seberang mall.

“Kamu mau pesan apa Sil?” Tanyanya.

“Aku sama kaya menu kamu deh” Jawabku.

“Hmm oke” Jawabnya.

Setelah selesai makan kami pun mulai menghampiri motor, yang kami parkirkan.

“Eh.. kok kaya ada yang ketinggalan nya, tapi apa ya?” Tanyanya heran.

“Hmm apa ya?” Aku juga ikut berpikir.

“Oh iya belanjaanku mana? tanyaku sedikit cemas.

“Oh iya aku lupa, ketinggalan di warung makan tadi” Jawabnya campur rasa bersalah

“Apa?! Ketinggalan?! Yang bener aja Pin, kita kan udah jauh dari warung makan tadi” Jawabku kesal.

“Duh, maaf banget ya Sil, aku benar-benar lupa Sil” Jawabnya

“Minta maaf? kamu pikir dengan kamu minta maaf bisa membuat barangku kembali? Enggak kan? mudah banget kamu minta maaf” Jawabku kesal, lalu tanpa basa basi aku pun pergi meninggalkannya sendiri.

Keesokan hari, dia datang sambil membawa belanjaanku dan dia juga kembali meminta maaf karena kejadian kemarin, karena sifat egoisku, aku menghiraukan permintaan maaf nya. Tak lama dia pun kembali pulang.

Setelah beberapa hari, aku sadar bahwa yang aku lakukan itu sebuah kesalahan, dan aku tersadar betapa egois nya aku pada waktu itu. Aku pun kerumahnya untuk meminta maaf.

Baca Juga : Contoh Cerpen Singkat

Cerpen Persahabatan Singkat Saat SD

# Contoh Cerpen Persahabatan

Perusak Persahabatan

Namaku Aisy, aku masih kelas 5 SD. Aku punya sahabat bernama Dewi, dulu kami satu kelas sekarang aku tidak sekelas lagi dengannya. Tetapi aku masih semangat sekolah.

Aku memiliki kakak bernama Ilham, kebetulan kakaku itu salah seorang guru di sekolahku. Hari ini aku berangkat ke sekolah bersama kakakku itu.

Singkatnya aku dan kakaku tiba di sekolah, aku langsung bergegas masuk ke dalam kelas karena aku sudah tidak sabar ingin pergi ke Dewi. Aku tiba di kelas 5 SD B yang merupakan kelasnya Dewi, dan dia sudah berada disana.

“Hai Dewi!” Aku menyapanya.

“Hai juga Ais!” Jawab Dewi dengan singkat.

“Dewi terlihat tidak seperti biasanya, ada apa ya..” Aku berkata dalam hati

Saat itu aku merasa sangat bosan karena Dewi bersikap cuek kepadaku, akhirnya aku masuk ke kelas ku karena memang bel sudah berbunyi.

Singkatnya, waktu istirahat pertama pun tiba. Sekarang waktu sholat dzuhur seperti biasa, aku bersama Dewi tetapi dia tetap bersikap cuek kepadaku sehingga aku lebih memilih menyendiri.

Selesai sholat dzuhur, terdengar bel pulang sekolah pun tiba. Biasanya kami semuda pulang jam 4. Tapi karena para guru hendak mengadakan rapat maka pulang lebih cepat. Aku pun langsung pulang kerumah

Sesampainya aku di rumah, aku langsung membuka dan mengecek handphonku. Saat aku buka Pesan, ada pesan dari Caca, teman sekelas Dewi.

Caca: “Ais, mulai sekarang dan sampai kapanpun, kamu engga usah dekat-dekat dengan Dewi lagi! karena dia sudah menjadi teman dekatku”

Aku: “Memang nya kenapa? ya sudah aku mengalah saja..”

Chattingan ku dengan Caca berakhir.

Aku berbaringan sembari merenung di atas kasur dan akupun berkata “Kenapa tiba-tiba seperti ini? Hiks.. Hiks..” tangisku..

Akhirnya, aku tidak dekat lagi dengan Dewi.

Sebutkan struktur cerpen?

1. Abstrak
2. Orientasi
3. Komplikasi
4. Evaluasi
5. Resolusi
6. Koda

Sebutkan unsur intristik cerpen?

1. Tema
2. Alur/ Plot
3. Latar/ Setting,
4. Tokoh,
5. Penokohan,
6. Sudut Pandang,
7. Gaya Bahasa,
8. Amanat/ Pesan,

Sebutkan ciri-ciri cerpen?

1. Jumlah katakurang dari 10.000 kata.
2. Bersifat fiktif/ fiksi.
3. Hanya ada satu alur saja (alur tunggal).
4. Tulisannya singkat
5. Diangkat dari kejadian sehari-hari.
6. Menggunakan kata-kata yang mudah di pahami
7.Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
8. Cerita pendek bisa membrikan kesan dan pesan mendalam

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Cerita Fabel. Semoga bermanfaat.