Bunyi Hukum Newton

Posted on

Sebelum kami membahas detail soal bunyi hukum newton 1, 2, dan juga 3 ada baiknya kalian ketahui dahulu siapakah orang yang sudah menciptakan atau membuat hukum newton 1, 2, dan juga 3.

Orang itu yakni Isaac Newton, seseorang fisikawan, filsuf alam, ahli astronomi, alkimiawan, teolog, dan matematikawan dari negara Inggris yang sangat berpengaruh besar didalam dunia Fisika.

Bunyi Hukum Newton (1, 2, dan 3) Rumus dan Contoh

Berikut ini akan kami paparkan secara singkat namun padat tentang bunyi hukum newton mulai dari yang 1 , 2 , dan 3 sebagai berikut :

Hukum 1 Newton

Bunyi: “Apabila resultan gaya yang pada saat itu bekerja dibenda sama dengan 0, maka benda yang pada mulanya itu diam pasti akan diam. Benda yang pada mula-mula itu bergerak lurus secara beraturan pasti tetap lurus secara beraturan dengan menggunakan kecepatan tetap

Maksudnya dari hukum newton 1 yakni benda yang diam pasti tetap diam dan pasti tidak bergerak sampai adanya orang yang memberi gaya (dorongan ataupun tarikan) lalu membuatnya menjadi bergerak, dan pada saat benda itu bergerak pasti terus bergerak dan apabila mau diam pasti adanya gaya yang sangat mempegaruhinya untuk menjadi diam.

Rumus dari hukum newton 1 yaitu ∑F = 0 yaitu resultan gaya atau satuannya yakni Kg m/s2)

Contohnya:

  • Ketika pada saat mobil bergerak secara cepat lalu sengaja di rem secara mendadak pasti penumpangnya akan terdorong ke arah depan
  • Mobil dalam kondisi yang berhenti, lalu bergerak secara cepat ke arah depan maka penumpangnya pasti akan terdorong ke arah belakang
  • Koin yang diatas kertas dan diatas meja pasti tetap diam apabila kertas ditarik secara cepat

Hukum 2 Newton

Bunyinya: “Percepatan atau perubahan kecepatan pada suatu benda pasti akan sebanding dengan sebuah resultan gayanya yang pada saat itu bekerja kepada benda itu dan berbanding kebalik dengan massa nya benda.

Maksud hukum newton 2 yakni massa pada suatu benda sangatlah berpengaruh kepada gaya didalam sebuah sistem. Tambahan atau pun kurangan massa pasti akan menghasilkan sebuah perubahan. Rumusnya yakni

 ∑F = m.a

Keterangannya:

∑F yakni Resultan Gaya (kg m/s2)
m yakni Massa Benda (kg)
a yakni Percepatan (m/s2)

Hukum 3 Newton

Bunyinya yakni: “Setiap aksinya pasti akan menimbulkan sebuah reaksi, jika suatu benda itu memberikan sebuah gaya kepada benda yang lainnya maka benda yang pada saat itu terkena gaya pasti akan memberikan sebuah gaya yang besarnya itu sama seperti gaya pada saat diterima dari suatu benda yang pertama, tetapi arahnya selalu berlawanan“

Maksudnya yakni sebuah benda baru pasti berinteraksi apabila adanya yang memberikan sebuah gaya, bentuk interaksi itu dengan membalas gaya yang sudah diberikan kepada benda itu ke arah yang sebaliknya.

Gaya yang tidak pernah sekali untuk bekerja kepada satu benda lainnya, melainkan dia selalu bekerja kepada dua benda dan juga setiap gayanya selalu memiliki dua ujung, ujung yang satu kebenda yang satu, dan ujung yang dua ke pada benda kedua.

Rumus :

newton

Rumus dari hukum newton 3 kita bisa tuliskan sebagai hukum satuannya f aksi – hukum satuannya f reaksi, yang kami tandai di kotak yang berwarna kuning itu rumus dari gaya gesek, yang merah adalah gaya berat, dan yang biru rumus dari berat sejenis.

Contoh dari hukum newton 3 didalam kehidupan kita sehari-hari:

  • Bola basket yang sengaja dipantulkan ke arah tanah pasti akan memantul lagi
  • Seseorang duduk di kursi berat badan pasti mendorong kursi untuk ke bawah dan kursinya mendorong atau pun menahan badan ke arah atas.
  • Seorang yang memainkan sepatu roda lalu dia mendorong tubuhnya kearah dinding, maka dingin tersebut akan mendorong kembali sesuai dengan besar gaya dorong yang sudah dikeluarkan, sehingga dia menjauhi dinding.

Baca Juga Materi Lainnya :