Alat Musik Bali

Posted on

Alat Musik Bali – Kekayaan budaya Indonesia memang telah diakui di dunia. Salah satunya adalah mengenai alat musik tradisionalnya yang berasal dari daerah Bali.

Edin08.com akan membahas materi pendidikan dengan tema Alat Musik Bali. Dimana penjelasan akan dibahas berdasarkan pengertian, perkembangan dan alat-alat musik

Pengertian

Pulau Bali ini identik dengan pantai, udaya mistis dan nuansa Hindu serta memiliki bermacam-macam alat-alat musik tradisional yang langka. Tidak jarang banyak turis lokal atau mancanegara sengaja datang ke Bali hanya untuk berburu alat musik tradisional ini. Sebagian besar dari mereka membeli alat untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk informasi yang lebih lengkap bisa lihat penjelasan di bawah ini

Perkembangan Alat-Alat Musik Di Bali

Seni musik adalah bagian integral dari kehidupan warga Denpasar, khususnya umat Hindu di Bali. Musik telah dianggap sebagai tradisi karena diturunkan dari generasi ke generasi dan sifatnya juga fungsional dan terkait dengan filosofi dan perspektif kehidupan masyarakat Bali.

Diperkirakan bahwa bentuk-bentuk musik tradisional yang hidup dan berkembang di kota Denpasar muncul dari zaman Bali kuno, khususnya dari abad ke-8 hingga abad ke-14. Sementara musik kelas menengah muncul dan berkembang selama Bali bagian tengah. periode dari abad ke lima belas ke abad kesembilan belas.

Dan akhirnya musik dari grup baru yang lahir di era Bali baru adalah dari abad ke-20 hingga saat ini. Bentuk-bentuk alat musik di Bali tersebar di empat kabupaten di Bali, yaitu kabupaten Denpasar Barat, kabupaten Denpasar Timur, kabupaten Denpasar Selatan, dan kabupaten Denpasar Utara.

Alat-Alat Musik Bali

Alat-alat untuk musik ini sebenarnya mempunyai beberapa kemiripan pada alat tradisional musik lainnya di Indonesia. Misalnya alat musik gamelan, banyak daerah lain yang juga memiliki alat musik perkusi ini. Namun, ada kekhasan dalam teknik bermain dengan komposisi. Berikut alat-alat musik tradisional Bali:

Seruling

Alat ini terdiri bahan yang berbentuk bambu dengan enam lobang diman digunakan sebagai mengatur bunyi nada. Umumnya untuk daerah lainnya memiliki instrumen seruling tradisional dan tidak menunjukkan banyak perbedaan dibandingkan dengan instrumen seruling Bali.

Alat Musik Seluring
Alat Musik Seluring

Cara memainkan seruling adalah dengan meniup, yang ketika ditiup bisa dilakukan saat bernapas menggunakan hidung dan secara bersamaan melepaskannya melalui mulut dengan udara yang tersimpan di pipi. Cukup mudah untuk tidak bermain.

Gerantang

Alat musik ini ialah alat tradisional dari wilayah Denpansar. Ini terdiri dari bilah atau lobang bambu horizontal dan dimainkan menggunakan dua buah sebagai gambang, yang merupakan alat musik tradisional dari Jawa atau Gerantang. Alat ini biasa digunakan dalam kegiatan gamelan dari telentang atau angklung. Beberapa orang mengklaim bahwa Gerantang adalah kata lain untuk alat musik Rindik.

Alat Musik Gerantang
Alat Musik Gerantang

Selanjutnya, alat ini sering digunakan untuk mengiringi Cupak Gerantang, yang merupakan salah satu kesenian Bali yang menceritakan dua bersaudara, di mana jamak adalah karakter yang mencerminkan karakter yang buruk sedangkan gerantang adalah karakter yang mencerminkan sifat yang berlawanan, yang baik ciri.

Gong

Gong adalah alat musik Bali yang digunakan dari abad 13 dan 14. Di mana dalam representasi alat musik ini mereka ditemukan di kuil-kuil Kerajaan Hindu. Ada kaitan antara sejarah dan kemunculan alat musik gong di Bali.

Alat Musik Bali
Gong

Alat musik Bali Gong terbuat dari logam yang dimainkan oleh pukulan tepat di tengah yang memiliki tonjolan. Selain itu, alat musik ini juga memiliki variasi yang berbeda dalam hal bentuk dan suara yang dihasilkan oleh alat musik gong ini.

Gamelan

Instrumen gamelan Bali adalah salah satu instrumen gamelan tradisional Denpasar, Bali. Gamelan Bali memiliki perbedaan dengan instrumen gamelan dari beberapa daerah lain. Gamela biasanya digunakan sebagai iringan untuk pameran artistik di Bali dan dalam beberapa acara sakral.

Alat Musik Bali
Gamelan

Perkembangan zaman yang telah modern, tetapi Gamelan Bali tidak dapat dipisahkan dari kehidupan Bali. Sesuai fungsinya, untuk Gamelan ini sering digunakan fungsinya untuk mengiringi salah satu upacara baik itu keagamaan atau hiburan.

Rindik

Alat musik Rindik adalah salah satu alat musik dalam bambu dengan nada Selendro yang dimainkan oleh tembakan. Atau dengan kata lain, Rindik adalah angklung orang Bali. Instrumen ini dapat dimainkan dari 2 hingga 5 orang, yang masing-masing memiliki peran. Ada beberapa orang yang mengalahkan Rindik dan beberapa fungsi di seruling atau di Gulu Gong.

Alat Musik Bali
Rindik

Awalnya alat ini digunakan sebagai sarana untuk menghibur petani di sawah. Namun, seiring waktu, rindik telah digunakan sebagai iringan untuk hiburan “Joged Bumbung” yang populer. Hingga saat ini, rindik juga dapat digunakan sebagai pelengkap pernikahan / resepsi dan juga untuk menyambut tamu.

Ceng-Ceng

Ceng-ceng berdasarkan informasi, alat Ceng-ceng tersebut merupakan bagian yang penting untuk rangkaian instrumen gamelan Bali. Ngengat berasal melalui enam potong logam di bagian bawah dan dua logam di atas.

Alat Musik Bali
Ceng-Ceng

Bentuk alat musik ini seperti kura-kura, yang berdasarkan budaya, kura-kura itu mengandung nilai-nilai magis yang kuat. Memainkan alat musik tradisional ini tidak terlalu sulit, cukup dengan memukul bagian tembaga bundar di atasnya dengan bagian bundar di bagian bawah.

Pereret

Jenis alat musik terompet ini terbuat dari kayu yang bentuknya sedemikian rupa sehingga berubah menjadi terompet. Kisahnya dikenal sebagai masyarakat yang penuh kasih karena sering digunakan sebagai perawan untuk menarik perhatian wanita.

Alat Musik Bali
Pereret

Instrumen yang digunakan untuk mengiringi seni Sewo Gati masih dipertahankan. Sejauh ini, banyak alat musik Pereret telah dibuat di daerah Jembrana. Cara bermainnya cukup mudah, tinggal ditiup angin saja, maka saat itulah suara yang mempesona akan muncul.

Genggong

Alat musik Genggong adalah alat musik Bali di mana salah satu instrumen bergetar cukup unik. Suara yang disebabkan oleh alat musik ini unik bagi pendengarnya. Juga, keunikan lain dalam Genggong ini adalah bagaimana memainkannya menggunakan rongga mulut orang untuk memainkan alat ini sebagai resonator.

Alat Musik Bali
Genggong

Genggong dimainkan dengan mengisap (yanggem) di bagian yang disebut “palayah”. Jari kiri memegang ujung alat kiri sementara tangan kanan menggenggam batang bambu kecil yang melekat pada tali dan ujung alat di kanan. Kegunaan alat ini sebenarnya hanya digunakan sebagai sarana hiburan, seperti pernikahan atau pesta lainnya.

Inilah alat-alat musik tradisional dari daerah ini yang dapat admin terangkan dalam materi ini, semoga dengan materi ini dapat memberikan manfaat dan pengetauan bagi sahabat semua, untuk mengenal alat musik tradisional yang berasal dari ini.

F.A.Q

Sebutkan alat musik tradisional bali yang anda ketahui?

Alat musik bali dintaranya Genggong, Pereret, Ceng-Ceng, Rindik, Gamelan, Gong, Gerantang dan Seruling

Itulah beberapa alat musik bali tradisional yang masih banyak digunakan dikalangan masyarakat beserta gambar, ciri ciri, dan penjelasannya. semoga bermanfaat…

Baca Juga Link Dibawah Ini :

Related posts: